Cara Mudah Mengetahui Informasi Tetang Codec Menggunakan MediaInfo Lite

File audio atau video kamu mengalami masalah? Mungkin kamu bingung, mengapa file video dengan format AVI bisa diputar tetapi format video yang lainnya tidak bisa? Hmmm..mungkin saja masalahnya terletak pada codec yang tidak berfungsi saat melakukan playback. Jadi yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi codec file audio atau video tersebut. Nah, Kali ini PG akan membahas aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi codec, yaitu MediaInfo Lite.

MediaInfo Lite adalah aplikasi untuk menampilkan informasi secara terperinci dan mengidentifikasi codec dari file video atau audio.

Untuk dapat menggunakan MediaInfo Lite, cukup kamu download dan Install software tersebut. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai menggunakannya. Pertama, buka programnya dan browse file video atau audio secara manual pada interfacenya. Dan yang kedua, kamu cari dulu file video mana yang akan kamu identifikasi pada hard drive, kemudian klik kanan dan pilih MediaInfo.

Cara Mudah Mengetahui Informasi Tetang Codec Menggunakan MediaInfo Lite

Pilih saja cara mana yang menurut kamu paling mudah. Setelah itu akan muncul window baru yang menampilkan informasi rincian tentang file media tersebut. Program ini memiliki dua bagian yaitu audio dan video. Informasi yang disajikan juga lumayan lengkap seperti nama, format, ukuran file, durasi dll. Dan info yang paling penting adalah ID Codec, ini berguna untuk membantu kamu mengidentifikasi file.

Format file yang didukung untuk video yaitu MKV, OGM, AVI, DivX, WMV dll. Sementara untuk audio format yang didukung yaitu OGG, MP3, WAV, AIFF dan masih banyak lainnya. MediaInfo Lite berjalan pada OS Windows XP, Vista dan 7.

Download secara gratis MediaInfo Lite di link berikut ini:

http://mediainfo.sourceforge.net/en/Download

Sekarang kamu tak perlu bingung lagi karena masalah codec, kamu bisa menggunakan aplikasi gratis ini untuk membantu menemukan codec tepat yang harus kamu download.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • hendra

    gan caranya dapet domain kayak punya agan dimana? gratis gak? caranya gimana?

  • Oseaka Kaili

    Nice info…… tapi ada yg masih blum jelas, setelah codec teridentifikasi, bgm cara mengaplikasikan kedalam video player ? thanx b4 :)