Cara Mudah Mengedit File Windows HOST dengan BlueLife Hosts Editor

Cara Mudah Mengedit File Windows HOST dengan BlueLife Hosts Editor

Apakah kamu membutuhkan software untuk dapat memblock situs atau website dengan mudah dan cepat? Atau kamu ingin menjaili teman kamu dengan mengganti alamat situs satu ke alamat situs lain? Misalkan saja teman kamu ingin membuka Facebook, tiba-tiba yang muncul adalah Google. Kamu bisa melakukan ini dengan mengedit file Windows HOST. File Windows HOST berguna untuk melakukan mapping antara nama domain dari sebuah web dan IP address, jadi semua domain diatur dengan alamat IP bukan berdasarkan server DNS atau ISP yang kamu gunakan.

Ketika kamu membuka sebuah web atau situs, sebenarnya komputer membukanya berdasarkan alamat IP maka dari itu untuk memudahkan manusia, dibuatlah nama domain untuk situs tersebut yang dikenal dengan teknik Domain Name Resolution (DNR). Yang membantu kita membuka situs dengan nama domain tanpa mengingat alamat IP mereka. Semua komputer menggunakan Domain Name System (DNS) yang secara otomatis dapat membaca alamat IP menjadi nama domain di internet, tetapi dapat diakali dengan file HOST.

Sebenarnya kamu bisa mengedit file Windows HOST secara manual, tetapi ribet. Jadi kali ini PG akan memberikan software untuk mempermudah kamu dalam mengedit File Windows HOST, dengan BlueLife Hosts Editor.

Tampilan dari aplikasi ini sangatlah simpel, ketika kamu membukanya ada berbagai daftar alamat IP dan nama domain dari file Windows HOST yang kamu miliki. Kamu dapat mengklik kanan pada salah satu alamat IP dan akan muncul menu Block, Resolve, enable, disable, delete, dsb.

 

Untuk menambahkan nama domain situs yang akan diblock, cukup ketikkan di kolom dan klik icon plus. Secara otomatis ketika kamu membuka nama domain yang telah kamu daftarkan tadi, akan mengarah ke alamat IP lokal.

Cara Mudah Mengedit File Windows HOST dengan BlueLife Hosts Editor

 

Sedangkan untuk mengembalikan nama domain tersebut ke IP sebenarnya, kamu cukup klik kanan dan pilih Resolve.

Cara Mudah Mengedit File Windows HOST dengan BlueLife Hosts Editor

 

Jika kamu ingin melihat file asli dari Windows HOST, kamu bisa mengklik menu view as table or text di icon sebelah kanan.

Cara Mudah Mengedit File Windows HOST dengan BlueLife Hosts Editor

 

Setelah kamu mengubah nama domain atau alamat IP jangan lupa klik icon Save.

 

Download BlueLife Hosts Editor

 

Dengan begini kamu tidak perlu membuka file Windows HOST secara manual, cukup gunakan software BlueLife Hosts Editor maka kamu sudah dapat menambah atau mengedit alamat IP dari sebuah domain.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Dedy

    saya sudah coba, untuk memblokir situs facebook. tapi ketika mau d save kok ga bisa ya?