Cara Mudah Melihat Informasi Metadata dari Sebuah Gambar

Beberapa tahun belakangan ini, Fotografi sudah menjadi hal yang sangat populer dan hampir semua orang dengan keterampilan yang berbeda-beda mengambil minat di bidang yang satu ini. Nah, buat kamu yang benar-benar berminat dalam bidang Fotografi, mungkin akan memikirkan sebuah photo viewer (penampil gambar) yang tepat dengan dukungan informasi metadata yang lengkap.

Jika kamu sedang mencari sebuah photo viewer yang ringan, lengkap dan kaya fitur, maka Picture Information Extator adalah pilihan yang paling tepat. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah melihat semua gambar beserta informasi metadata dari gambar tersebut. Tertarik ingin mencoba? Download terlebih dahulu aplikasinya melalui link berikut ini :

http://www.picmeta.com/products/picture-information-extractor.htm

Setelah terdownload, langsung saja install dan buka aplikasinya. Kemudian pilih folder gambar yang akan kamu tampilkan melalui panel yang ada dibagian kiri layar dan pilih salah satu gambaranya. Lalu kamu akan langsung melihat semua informasi metadata lengkap seperti, camera make dan model, date dan time stamp, aperture size, orientation, serta resolution di bagian bawah layar atau kamu juga bisa melihatnya pada bagian kanan layar yang dibagi menjadi beberapa tab diantaranya, EXIF, IPTC, XMP dan My Tags.

Cara Mudah Melihat dan Mengedit Informasi Metadata dari Sebuah Gambar

 

Untuk melihat gambar secara jelas tinggal klik saja pada thumbnail gambar yang ada dibagian pojok kiri layar. Banyak format file yang didukung oleh PIE, diantaranya JPEG, TIF, RAW, ARW, SR2, MEF, MRW, PEF, RW2, RWL, NEF, ERF dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Melihat dan Mengedit Informasi Metadata dari Sebuah Gambar

 

Sebenarnya, PIE ini juga menawarkan fitur untuk memodifikasi data EXIF dan IPTC, menambah atau menghapus tag, tanggal dan time stamps, melakukan rotasi lossless gambar dan menggunakan beberapa alat praktis yang berguna. Tetapi sayangnya di versi gratis fitur ini tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Versi gratis dari PIE tidak bisa digunakan untuk menyimpan perubahan metadata yang kamu buat.

Cara Mudah Melihat dan Mengedit Informasi Metadata dari Sebuah Gambar

 

PIE juga mendukung fitur geotagger yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan geotag pada sebuah gambar dengan cara mengisikan koorditat GPS manual atau memasukkan nama kota dan PIE akan secara otomatis mendeteksi lokasi tersebut.

Cara Mudah Melihat dan Mengedit Informasi Metadata dari Sebuah Gambar

Mudah dan sangat menarik bukan? Jadi buat kamu yang suka Fotografi dan sedang mencari photo viewer yang menarik, ringan dan kaya fitur maka Picture Information Extator adalah pilihan aplikasi paling tepat. PIE bisa bekerja dengan baik pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini