Cara Menyimpan dan Mengedit Halaman Web ke Cloud Storage dengan Cepat

Apakah kamu seringkali merasakan kebutuhan untuk menyimpan halaman web ketika tengah berselancar di dunia maya dan tidak sempat membaca artikel yang menarik atau untuk menyimpan informasi penting? Atau mungkin kamu ingin mereferensikan artikel tertentu untuk temanmu yang sedang memerlukannya?

Kasus tersebut bisa dipecahkan dengan menginstall ekstensi: Save Content to Box, Google Drive & Dropbox, sebuah ekstensi dari Google Chrome yang memungkinkan kamu untuk mengedit dan menyimpan halaman web sebagai file PDF atau teks ke dalam akun Box, Google Docs atau Dropbox kamu secara langsung dari chrome.

Tak perlu lagi melakukan kopi paste, dan seperti halnya bookmark, kamu akan memiliki kopi konten itu sendiri, disimpan dalam bentuk sebagaimana yang kamu lihat. Ini tidak hanya akan memberikan kamu kebebasan untuk menyimpan halaman web ke layanan ini, akan tetapi juga membantu kamu membersihkan (menghapus konten yang tidak diinginkan) dalam halaman web tersebut sebelum menyimpannya. Kamu mungkin juga bisa memanfaatkan platform media sosial untuk berbagi konten artikel tersebut lewat Facebook, Twitter, Google+ dan LinkedIn secara langsung dari ekstensi tersebut juga.

Ekstensi ini dapat diinstall dari Chrome Web Store berikut:

https://chrome.google.com/webstore/detail/iplagehfoafmmjppeijnpkohihcllici

 

Cara Menyimpan dan Mengedit Halaman Web ke Cloud Storage dengan Cepat

Ekstensi ini ketika diinstall akan meminta izin untuk mengakses data anda di seluruh website, tab, dan browsing history. Instalasi yang berhasil akan diindikasikan dengan ikon bergambar awan di Omnibar.

Cara Menyimpan dan Mengedit Halaman Web ke Cloud Storage dengan Cepat

Penggunaannya sangat sederhana dan intuitif. Aktifkan ekstensi tersebut dengan cara meng-klik ikon awan dan ekstensi ini akan mengeluarkan iFrame di bagian atas halaman yang tengah kamu buka, dengan opsi untuk menyimpan atau mencetak halaman web tersebut.

Secara otomatis, ekstensi ini akan menghapus header, footer, dan semua elemen yang tidak perlu, hanya meninggalkan teks dan gambar dari halaman manapun. Kamu juga bisa menghapus semua gambar dari dokumen web sebelum menyimpannya ke tempat lain.

Cara Menyimpan dan Mengedit Halaman Web ke Cloud Storage dengan Cepat

Ekstensi ini memiliki rentang opsi yang banyak untuk mengoptimasi konten dengan alat-alat editing untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Fasilitas editing ini memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran font (change font size), menghapus gambar dan teks yang tidak diinginkan (remove unwanted images and text) atau menambahkan catatan (add a note) ke konten kamu sebelum disimpan. Salah melakukan perubahan? Jangan kuatir, ekstensi ini memiliki opsi untuk undo dan menampilkan ulang konten yang anda hapus secara tak sengaja.

Ekstensi ini juga memberikan opsi untuk mengubah halaman ke PDF sebelum menyimpannya, atau menyimpannya sebagai file teks. Jika kamu ingin dokumen kamu berisi gambar, maka PDF adalah cara yang paling bagus untuk menyimpannya. Sembari kamu menyimpannya ke komputer, akan menguntungkan untuk menyimpannya secara langsung ke layanan cloud seperti Dropbox, Box dan Google Drive, untuk mendapatkan akses ke dokumen ini kapan saja, dari perangkat apa saja, kamu juga dapat mengatur opsi pencetakan (Print & Google Cloud Print). Kamu juga bisa mengirimkan dokumen ini secara langsung lewat email.

Bukan itu saja, Clean Save juga memiliki banyak opsi yang memungkinkan kamu berbagi artikel dengan teman dan rekan kerja kamu. Kamu bisa berbagi link halaman web tertentu lewat Twitter, Facebook, LinkedIn dan Google+.

Secara keseluruhan, ekstensi ini sangat membantu untuk menyimpan konten online ke format pilihan kamu, secara langsung ke layanan Cloud. Ekstensi ini sangat cocok untuk profesional, mahasiswa, dan pendidik, atau siapa saja yang ingin mengumpulkan informasi terkait dengan proyek atau bidang yang diminati. Dari pengalaman saya memakai ekstensi ini, kelemahannya adalah terkadang ekstensi ini agak macet ketika diminta menyimpan, sehingga harus diulangi lagi. Apalagi bila menggunakan paket internet mobile dari modem yang kestabilan sinyalnya kurang mendukung.

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan kepada teman-teman lain yang menggemari Google Chrome sehingga mereka dapat memanfaatkan ekstensi ini!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini