Cara Menyalin Teks dari Gambar Menggunakan GT Text

Menambahkan beberapa teks ke dalam sebuah gambar agar menjadi lebih menarik memang sudah biasa dilakukan. Namun bagaimana jika sebaliknya, mengambil teks dari sebuah gambar. Emang bisa ya? Yap..Kamu bisa melakukannya kok.

Jika sebelumnya PG telah memberikan cara mengubah gambar menjadi teks dengan Google Goggles dan Capture2Text. Kali PG menemukan satu lagi alternatif lainnya, yaitu dengan GT Text.

GT Text adalah sebuah software gratis yang memungkinkan kamu untuk bisa meng-ekstrak teks dari gambar dan kemudian menyalinnya ke clipboard. Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang menyukai kegiatan mengcopy dari pada menulis ulang setiap teks yang ada di dalam gambar. Pengen tahu cara menggunakannya? Berikut PG akan memberikan caranya.

Untuk bisa menggunakan GT Text, donwload terlebih dahulu di:

http://code.google.com/p/gttext/

Setelah selesai mendownload dan melakukan penginstallan, jalankan software GT Text. Saat jendela terbuka, akan muncul file explorer untuk memilih gambar yang kamu inginkan. GT Text mendukung gambar berformat BMP, JPEG, GIF, TIFF, dan PNG. Jika sudah menemukan gambar, klik Open.

Cara Menyalin Teks dari Gambar Menggunakan GT Text

 

Gambar yang kamu pilih tadi akan muncul di dalam GT Text. Sekarang pilih dan klik tool “Text Area” seperti gambar dibawah ini.

Cara Menyalin Teks dari Gambar Menggunakan GT Text

 

Tool tersebut gunannya untuk menyeleksi bagian tertentu saja. Drag pada gambar yang terdapat teks, kemudian lepaskan kursor, sehingga akan membentuk garis persegi.

Cara Menyalin Teks dari Gambar Menggunakan GT Text

 

Setelah kamu melepaskan mouse atau menyeleksi, akan muncul kotak dialog yang memuat teks dari kegiatan penyeleksian tadi “Inilah 14 Penemuan-Penemuan Pertama Didunia”. Kemudian klik Continue.

Cara Menyalin Teks dari Gambar Menggunakan GT Text

 

Dan yang terkahir, kamu bisa langsung mem-paste kan teks tersebut ke dalam Notepad atau text editor lainnya.

Cara Menyalin Teks dari Gambar Menggunakan GT Text

Fitur lain yang bisa kamu gunakan adalah pengambilan teks secara keseluruhan yang ada di dalam menu Tools kemudian Copy Text From dan Full Images, atau bisa dengan shortcut CTRL + F. Namun tidak kesemua teks dapat terdeteksi oleh GT Text. Jika hal itu terjadi, mungkin kamu harus mencobanya kembali dengan gambar yang lebih jelas.

Dengan menggunakan software GT Text untuk Windows, sekarang kamu bisa lebih mudah menyalin teks dari sebuah gambar yang kamu sukai, tanpa harus menyalin dengan mengetik ulang teks tersebut Jadi bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat ya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini