Cara Mencicipi Firefox OS Melalui Browser Firefox

Seperti yang sudah PG ulas beberapa bulan lalu bahwa Mozilla merilis sebuah OS yang digunakan untuk Mobile bernama Boot To Gecko. Boot To Gecko juga disebut-sebut bakal menjadi saingan bagi Android dan juga iOS. Tampilan dari Boot To Gecko sebenarnya mirip dengan Android namun tampak lebih halus dan elegan. Karena OS ini baru saja muncul, tentu kamu tak akan dapat menemukannya di smartphone manapun. Namun kamu bisa sedikit mencicipinya dengan membaca artikel PG yang Firefox OS nightly build.

Ada satu cara lagi yang bisa kamu gunakan untuk bisa mencicipi Boot To Gecko selain menggunakan Firefox OS nightly build. Cukup dengan menggunakan Firefox ditambah dengan add-on kamu sudah bisa melihat Boot To Gecko.

Add-on ini adalah r2d2b2g, cukup install add-on ini maka kamu bisa menikmati sedikit tampilan dari Boot To Gecko.

 

Download add-on r2d2b2g

http://people.mozilla.com/~myk/r2d2b2g/

 

Perlu kamu ketahui bahwa ini hanyalah sebuah prototype dari Boot To Gecko, jadi mungkin ada banyak bug yang akan kamu terima nantinya. r2d2b2g dapat berjalan lancar pada Mac, Linux, namun tidak untuk Windows. Di Windows r2d2b2g mengalami crash ketika pertama kali membukanya, namun mungkin r2d2b2g akan segera diupdate (itu juga yang PG harapkan :p).

NB: Mungkin dalam proses download add-on tidak ada proses yang muncul, tapi itu sebuah proses background jadi tunggu saja sampai window installasi r2d2b2g muncul.

Setelah kamu mendownload dan menginstall r2d2b2g akan muncul cara penggunaan r2d2b2g.

Cara Mencicipi Firefox OS Melalui Browser Firefox

 

Kemudian klik Tool -> B2G Desktop, akan muncul window yang sedang menjalankan Boot To Gecko.

 

Cara Mencicipi Firefox OS Melalui Browser Firefox

 

Cara Mencicipi Firefox OS Melalui Browser Firefox

 

Karena PG menggunakan Windows jadi tidak bisa melihat sepenuhnya fitur dari add-on tersebut. Namun PG sudah cukup puas bisa melihat Start Screen dari B2G. Bagaimana dengan pendapatmu dengan OS Firefox ini? Bisakah mengalahkan Android dan iOS?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini