Cara Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Google Chrome tak henti berinovasi dalam hal display. Setelah memudahkan penggunanya mengakses aplikasi Google serta website yang paling sering dikunjungi, kali ini Google menangkap kecenderungan para pengguna untuk melakukan personalisasi terhadap browser kesayangannya. Yang dimaksud dengan personalisasi adalah mengutak-atik tampilan browser agar sesuai dengan apa yang diminatinya. Apakah kamu juga demikian?

Maka untuk mendukung ‘hobi’ pengguna ini, Google kemudian menerbitkan ekstensi resmi agar kamu bisa membuat tema sendiri untuk Google Chrome kamu.

Tutorial Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Resminya, tema ini akan muncul ketika kamu membuka tab baru dan belum memasukkan alamat situs tertentu. Biasanya pada Chrome, ketika tab baru terbuka, maka kamu akan disambut oleh opsi dari Chrome akan aplikasi serta website yang sering kamu kunjungi. Tujuannya memang agar kamu semakin mudah dalam mengakses situs-situs yang sering kamu kunjungi. Nah, dengan menambahkan ekstensi chrome ini, kamu bisa menambahkan gambar-gambar latar (background) yang seru dan sesuai dengan preferensi kamu.

Ingin mencoba? Pertama-tama, kamu perlu menginstall Chrome Extension:

https://chrome.google.com/webstore/detail/oehpjpccmlcalbenfhnacjeocbjdonic

Kamu akan diarahkan ke Google Chrome Store. Klik “Add to Chrome” untuk memasangkan ekstensi ini. Kamu akan disambut interface yang tujuannya agar kamu bisa mengimpor gambar favorit kamu ke Chrome. Pilih gambar yang kamu sukai dari hard drive kamu baik dengan cara browse atau drag n drop gambar tersebut, atau kamu juga bisa memanfaatkan gambar dari website tertentu dengan menyertakan tautan.

Tutorial Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Maka gambar pilihanmu akan ditampilkan sebagai background. Kamu masih bisa mengolah gambar tersebut, apakah pemasangannya sudah pas atau kamu ingin melakukan beberapa perubahan lagi.

Tutorial Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Berikutnya kamu bisa mengatur warna untuk tab yang tidak aktif serta tab yang aktif. Ini memungkinkan kamu memilih warna-warna favorit kamu yang akan segera tampil bersamaan dengan kamu membuka browser Google Chrome kamu.

Tutorial Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Bila pengaturan kamu rasa sudah cukup, klik pada “Install My Theme”. Jangan lupa memberinya nama, karena ini akan memudahkan kamu ketika ingin berganti-ganti tema bila bosan.

Tutorial Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Ta-da! Setelah melengkapi prosedur di atas, maka browser kamu akan tampil sebagaimana preferensi kamu. Kamu bisa menyimpannya di Chrome untuk suatu saat digunakan kembali bila kamu ingin berganti-ganti.

Tutorial Membuat Sendiri Tema untuk Google Chrome

Nah, dengan memberikan background pilihan kamu sendiri untuk Google Chrome, PG berharap kamu tidak akan cepat bosan atas tampilan browser Google Chrome yang itu-itu saja. Terkait dengan Google Chrome ini, memang Google sepertinya akan terus menerus melakukan inovasi untuk mempertahankan posisinya sebagai browser yang paling banyak digunakan di dunia.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini