Cara Membuat Sendiri “Adobe Creative Suite” Secara Gratis

Bagi kamu yang sering bergelut dengan dunia desain, pasti sudah tidak asing lagi dengan Adobe Creative Suite. Adobe Creative Suite adalah paket software desain profesional yang terdiri dari Photoshop, InDesign, Illustrator, Flash, Dreamweaver, dll. Tidak ada yang meragukan kemampuan software buatan Adobe tersebut, tetapi satu hal yang sering menjadi masalah..yup..harga!

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Harga Adobe Creative Suite sangatlah mahal. Adobe Creative Suite Master Collection dijual dengan harga $2599 USD atau lebih dari Rp. 25 juta! Bagi kamu yang belum mampu untuk membeli software dengan harga selangit tersebut, hari ini PG akan memberikan tips untuk membuat sendiri “Adobe Creative Suite” secara gratis.

Disini PG akan memberikan berbagai software alternatif yang ada di setiap paket Adobe Creative Suite. Software alternatif ini kebanyakan merupakan software open source yang bisa kamu gunakan secara gratis. Penasaran?

GIMP: Software Terbaik Alternatif Adobe Photoshop

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Photoshop berfungsi sebagai foto editor dan foto manipulator. Berbicara tentang alternatif Photoshop, kita tidak bisa lepas dari GIMP. GIMP adalah software terbaik alternatif Photoshop saat ini. Dengan fitur, kemampuan, dan user interface yang tidak jauh berbeda dengan Photoshop, GIMP menjadi pilihan alternatif Photoshop yang paling populer. Terlebih lagi, GIMP merupakan software Open Source yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Download GIMP disini:

http://www.gimp.org/

Selain GIMP, kamu juga bisa menggunakan Pixlr Editor sebagai alternatif Photoshop. Pixlr Editor adalah aplikasi online yang memiliki fungsi dasar mirip dengan Photoshop.

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Kunjungi Pixlr Editor disini:

http://pixlr.com/editor/

 

Inkscape: Software Terbaik Alternatif Adobe Illustrator

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Illustrator berfungsi sebagai vector graphic editor. Kamu bisa menggambar berbagai gambar vector yang bisa dibesarkan atau dikecilkan tanpa merusak kualitas gambar. Untuk menggantikan Adobe Illustrator, kamu bisa menggunakan software Open Source yaitu Inkscape. Walaupun tidak sekompleks Adobe Illustrator, tetapi dengan Inkscape kamu bisa melakukan hampir semua hal yang bisa dilakukan di Illustrator.

Download Inkscape disini:

http://inkscape.org/

Jika kamu pengguna Linux, Xara Xtreme juga merupakan software vector graphic editor yang layak untuk kamu coba.

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Download Xara Xtreme disini:

http://www.xaraxtreme.org/

 

Scribus: Software Terbaik Alternatif Adobe InDesign

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Adobe InDesign sudah lama menjadi software standar yang digunakan oleh media publishing untuk membuat layout majalah, buku, dll. Namun bukan berarti kita tidak bisa membuat layout keren tanpa InDesign. Jika kamu ingin membuat layout majalah, buku, poster, flyer, dll..Scribus bisa menjadi software terbaik alternatif InDesign.

Scribus memang tidak secantik InDesign dalam hal User Interface dan penataan fiturnya, tetapi Scribus bisa menjadi senjata ampuh dalam membuat layout majalah yang keren dan menarik.

Download Scribus disini:

http://www.scribus.net/canvas/Scribus

PG juga sudah pernah membagikan ebook panduan Scribus yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

 

VideoLAN Movie Creator: Software Terbaik Alternatif Adobe Premiere

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Adobe Premiere memungkinkan kamu untuk mengedit dan membuat film/video. Dengan berbagai efek dan fitur editornya, kamu bisa dengan mudah membuat film profesional. Cukup sulit bagi PG untuk bisa menemukan software alternatif yang “sebanding” dengan Adobe Premiere ini. Tetapi VideoLAN Movie Creator bisa kamu gunakan sebagai software alternatif Adobe Premiere. Walaupun fiturnya masih jauh belum “sebanding” dengan Adobe Premiere, kamu bisa melakukan berbagai editing video, menambahkan efek, dll dengan software ini. Software ini masih dalam versi alpha..masih jauh dari sempurna. Tetapi jika kamu ingin membuat video/film sederhana, VideoLAN Movie Creator bisa menjadi alternatif Adobe Premiere yang tepat.

Download VideoLAN Movie Creator disini:

http://trac.videolan.org/vlmc/

Jika kamu pengguna Linux, Kdenlive merupakan software alternatif Adobe Premiere yang sangat brilian.

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Download Kdenlive disini:

http://www.kdenlive.org/

 

KompoZer: Software Terbaik Alternatif Adobe Dreamweaver

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Dreamweaver adalah software web editor dengan konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get). Dengan konsep ini, kamu bisa membuat website secara visual. Sebagai alternatif gratis dari Dreamweaver, kamu bisa menggunakan KompoZer. KompoZer merupakan software web editor gratis buatan Mozilla yang juga menggunakan konsep WYSIWYG. Dengan KompoZer kamu bisa membuat website secara visual, sama seperti saat kamu menggunakan Dreamweaver.

Download KompoZer disini:

http://www.kompozer.net/

 

Wax: Software Terbaik Alternatif Adobe After Effects

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

After Effects digunakan untuk memberikan efek pada video. Misalnya saja menambahkan efek asap dan api pada adegan ledakan bom di film, dll. Agak sulit memang mencari alternatif After Effects yang sebanding, tetapi Wax cukup mumpuni untuk melakukannya.

Walaupun Wax merupakan software yang terbilang “lawas”, tetapi fitur dan fungsinya masih cukup mampu digunakan sebagai video composer, menambah special efek pada video, dll. Apalagi Wax juga memiliki banyak pilihan plugin yang bisa kamu gunakan.

Download Wax disini:

http://www.debugmode.com/wax/

 

Synfig, Stencyl, dan FlashDevelop: Software Terbaik Alternatif Adobe Flash

Flash seringkali digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat film 2 dimensi, animasi 2 dimensi, membuat game, banner animasi, dll. Karena begitu kompleks-nya Adobe Flash ini, hingga sangat sulit untuk menemukan software alternatif yang sepadan. Tetapi sulit ditemukan bukan berarti tidak ada.

PG menemukan beberapa software yang bisa kamu gunakan sebagai software alternatif Adobe Flash sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin menggunakan Flash untuk membuat animasi 2D, banner animasi, film 2D, dan semacamnya, kamu bisa menggunakan Synfig Studio.

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Download Synfig Studio

http://www.synfig.org/cms/

Jika kamu ingin menggunakan Flash untuk programming ActionScript, kamu bisa menggunakan FlashDevelop. FlashDevelop merupakan software jempolan bagi kamu yang tertarik dalam programming ActionScript. FlashDevelop mendukung ActionScript 2 dan ActionScript 3.

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Download FlashDevelop disini:

http://www.flashdevelop.org/

Jika kamu ingin menggunakan Flash untuk membuat game, kamu bisa menggunakan Stencyl. Selain bisa digunakan untuk membuat game flash, Stencyl juga bisa digunakan untuk membuat game iOS.

Cara Membuat Sendiri "Adobe Creative Suite" Secara Gratis

Download Stencyl disini:

http://stencyl.com/

 

Software Terbaik Alternatif Adobe Acrobat

Adobe Acrobat adalah software all-in-one yang bisa digunakan untuk membuat, mengedit, dan membaca file PDF. Sayangnya hampir tidak ada software gratis yang bisa melakukan semua fitur tersebut secara komplit.

Untuk membaca file PDF, kamu bisa menggunakan Foxit Reader yang gratis dan powerful. Selain membaca PDF, Foxit Reader juga bisa untuk mengisi form PDF, menambahkan signature, dll.

Download Foxit Reader disini:

http://www.foxitsoftware.com/Secure_PDF_Reader/

Untuk bisa mengedit file PDF secara gratis, kamu bisa melakukan beberapa langkah:

1. Mengubah file PDF ke Word

PG sudah sering membagikan software PDF to Word converter. Trik terbaru yang PG bagikan akhir-akhir ini adalah cara mengubah PDF ke Word melalui Facebook. Kamu bisa menggunakan trik tersebut. Kamu juga bisa menggunakan software First PDF untuk melakukannya.

2. Mengedit file PDF yang sudah jadi Word

Kamu bisa mengeditnya di Microsoft Office Word atau juga melalui LibreOffice Writer.

3. Mengconvert File Word ke PDF

Setelah proses editing selesai, kamu bisa langsung mengubahnya lagi menjadi file PDF. Jika kamu pengguna LibreOffice Writer, kamu bisa langsung mengekspornya menjadi PDF melalui menu File -> Export as PDF.

Jika kamu pengguna Microsoft Word 2007, kamu bisa mengekspor file tersebut menjadi PDF secara langsung dengan menggunakan trik yang sudah PG bagikan sebelumnya.

 

Audacity: Software Terbaik Alternatif Adobe Audition

Adobe Audition merupakan software rekaman (recording) dan audio editor yang seringkali digunakan untuk editing, mixing, serta menambahkan efek pada audio. Salah satu software cross platform yang memiliki fungsi serupa dan bisa menjadi software alternatif Adobe Audition adalah Audacity. Audacity memang memiliki tampilan yang jauh lebih sederhana daripada Adobe Audition, tetapi dengan fungsi yang serupa..kamu juga bisa melakukan berbagai hal yang biasa kamu lakukan di Adobe Audition melalui Audacity.

Download Audacity disini:

http://audacity.sourceforge.net/

Jika kamu adalah pengguna Linux, Ardour, Qtractor dan LMMS (Linux MultiMedia Studio) juga merupakan software alternatif Adobe Audition yang sangat powerful dan memiliki fitur yang kompleks.

Download Ardour disini:

http://ardour.org/

Download Qtractor disini:

http://qtractor.sourceforge.net/qtractor-index.html

Download LMMS disini:

http://lmms.sourceforge.net/

 

Itu dia semua cara sekaligus berbagai software alternatif untuk membuat sendiri “Adobe Creative Suite” secara gratis. Dengan mengaplikasikan tips diatas, kamu bisa mengurangi ketergantungan terhadap software buatan Adobe yang memiliki harga selangit tersebut. Semoga bermanfaat :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini