Cara Membuat Kalender Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Kamu ingin membuat kalender sendiri dengan mudah dan cepat? Kalau kamu membuat kalender sendiri pasti akan sangat berkesan, apalagi jika ada foto kamu dengan orang-orang yang kamu sayangi. Namun kamu merasa kesulitan untuk membuat itu semua? Mungkin kamu bermasalah dengan desain dan cara mencetaknya? Masalah terbesar biasanya terletak pada desain dan ukuran dari kertas yang akan kamu cetak sebagai kalender, yang lain mungkin software yang akan kamu gunakan.

Namun PG menemukan sebuah aplikasi yang sangat mudah dan cepat untuk bisa membuat kalender sendiri. Calme adalah aplikasi gratis yang dengan cepat dan mudah untuk membuat kalender sendiri, kamu tinggal menentukan gambar dan bulan saja untuk dapat membuat kalender. Namun perlu kamu perhatikan, untuk dapat menggunakan Calme diperlukan Java 6. Berminat untuk menggunakan Calme?

Download Calme

http://calme.mecoding.com/

Download Java 6

http://www.java.com/en/download/manual.jsp

Ada 2 jenis kalender yang bisa kamu pilih disini, Planner dan Picture. Jika kamu seorang yang suka merencanakan sesuatu dan menuliskannya di kalender maka gunakan jenis Planner. Kalau kamu suka yang bergambar, kamu bisa menggunakan Picture.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Setelah memilih desain yang akan kamu gunakan, kini saatnya kamu mengatur desain tersebut. Di tab Calender ada Date dan Holidays, Date akan menentukan kalender yang akan kamu buat. Sedangkan Holidays akan menentukan hari libut, sayangnya negara Indonesia tidak ada.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Tab Format adalah tempat pemilihan dari ukuran kalender dan juga printer yang digunakan.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Tab Margin digunakan untuk mengatur batas tepi kalender dari kertas.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Tab Image Editor untuk memasukkan gambar yang kamu inginkan ke kalender. Kamu bisa menggunakan drag n drop atau membukanya dengan Open Image. Untuk mengatur ukuran dan letak dari gambarnya, kamu bisa menggunakan panel yang ada di samping Open Image.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Tab Border untuk mengatur border dari pinggiran gambar.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Tab Font dapat mengatur tipe text dan bentuk dari text.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Jika ingin mencetaknya, kamu harus melihat terlebih dahulu di tab Print Preview. Kalau sudah merasa pas, pilih tipe printer dan klik Print.

Cara Membuat Kalender Sendiri Dengan Calme

 

Mudah bukan dan cepat untuk bisa membuat kalender sendiri?? Sekarang kamu pasti akan selalu melihat kalender karena hasil buatan kamu sendiri.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • firdha

    gak bisa pakai foto yang berbeda” ya?

  • sandy

    ASLI KEREN!!! tp bisa ga klo format extentionnya diubah dr CME ke jpg, misalnya? soalnya aku pengen simpan kalender hasil karyaku di desktop kmptrku :( kasih tau donk…caranya.. pleaseeeeee???

  • Shiddiq Muhammad

    boleh nih ..

  • Kalpataru A.I

    Makasih kk ^^