Cara Membuat Foto Menjadi Mosaik dengan Foto-Mosaik-Edda

Bagi saya, mosaik adalah seni tersendiri. Bagaimana kita dapat menciptakan suatu gambar baru dari berbagai potongan bahan yang ada. Untuk anda yang merupakan penggemar mosaik dan ingin mengaplikasikan hobi tersebut ke PC atau laptop anda, cobalah Foto-Mosaik-Edda. Aplikasi berbasis Windows ini dirancang untuk memungkinkan anda membuat mosaik foto dan gambar yang menakjubkan. Dengan fitur yang amat kaya dan setting mendetail menjadikan anda bisa membuat sebuah karya seni dengan PC atau laptop anda!

Penasaran? Download lebih dulu Foto-Mosaik-Edda di:

http://www.fmedda.com/en/home

Setelah download, tentu saja anda perlu melakukan prosedur instalasi lebih dulu sembari mengikuti pembahasan aplikasi Foto-Mosaik-Edda berikut ini.

Cara Membuat Foto Menjadi Mozaik dengan Foto-Mosaik-Edda

Foto-Mosaik-Edda memiliki interface yang elegan. Pembuatan mosaik ini sendiri berdasarkan wizard, sehingga akan memudahkan anda menciptakan database gambar untuk membentuk foto anda. Sebelum mulai, hal pertama yang anda butuhkan adalah membuat database gambar. Di tampilan layar aplikasi, klik Create/edit database untuk memulai.

Kemudian, pilih sumber darimana anda ingin mengambil database gambar, misalnya, hard disk atau Flickr. Jika anda menggunakan gambar dari hard disk, maka pilihlah From my hard drive (recommended) dan klik Next.

Berikutnya, pilih direktori gambar anda dengan mengklik Add pictures to database. Disarankan untuk memilih direktori gambar dengan banyak gambar untuk hasil mosaik terbaik, dan juga tandai Include subfolders untuk mengekstrak seluruh gambar dari sub-direktori anda. Anda juga bisa memfungsikan Include hidden and system files dan Synchronize found pictures with database. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menspesifikkan kualitas foto dari sangat rendah ke sangat tinggi. Anda cukup men-drag slider resolusi ke posisi yang anda harapkan dan klik Run untuk memulai proses.

Bila anda sudah selesai membuat database gambar, klik Create mosaic picture pada home screen window. Anda dapat menciptakan gambar mosaik dengan gaya klasik Classic style, yang menyertakan penataan gambar pada grid matrix yang seimbang. Anda tinggal klik Next untuk melanjutkan. Software ini memiliki dua style tambahan, yaitu Parquet dan Chaos, yang mana hanya tersedia untuk versi profesional (berbayar).

Cara Membuat Foto Menjadi Mozaik dengan Foto-Mosaik-Edda

Berikutnya masukkan input gambar yang ingin anda jadi mosaik, juga direktori output untuk hasil karya anda. Disini anda juga dapat memilih format untuk hasil akhir mosaik yang terdiri atas Single image file dan Multiple image files – yang mana pilihan kedua adalah terdiri atas sejumlah cuilan gambar. Ketika menggunakan gambar yang amat banyak, anda dapat menspesifikkan jumlah pixel untuk bagian-bagian mosaik anda (part size).

Bila anda telah memilih gambar sebagai target hasil akhir, maka anda tinggal memilih database yang digunakan untuk mosaik tersebut. Tandai database yang berada di daftar dan klik Next untuk melanjutkan.

Output gambar tersebut nanti akan tergantung pada setting yang anda pilih pada bagian Mosaic Options, dimana anda perlu untuk men-set Paper size dari gambar tersebut dalam Megapixel. Kemudian anda dapat memasukkan ukuran PPI (pixel per inch). Nilai 150 PPI sudah lebih dari cukup untuk membuat mosaik yang bagus. Anda juga bisa memilih orientasi gambar dari Landscape, Portrait dan Quadratic lalu klik Next. Langkah selanjutnya adalah memilih angka pengulangan tile maksimum. Anda perlu mencoba beberapa kali sebelum mendapatkan hasil terbaik. Tapi bila anda punya banyak sekali gambar (ribuan mungkin) di database anda, maka software ini tidak perlu melakukan pengulangan. Terakhir, anda tinggal mengatur tingkat transparansi (transparency) dari file gambar asli untuk efek mosaik.

Cara Membuat Foto Menjadi Mozaik dengan Foto-Mosaik-Edda

Pada saat saya mencobanya, aplikasi ini menghasilkan gambar mosaik yang memuaskan. Tapi kita harus mencoba berulangkali untuk mendapatkan hasil gambar yang benar-benar bagus.

 

Kelebihan Aplikasi

  • Seperangkat settings dan opsi untuk meningkatkan hasil mosaik.
  • Mode pembuatan mosaik berbasis Wizard.
  • Dukungan Flickr yang terintegrasi.
  • Berbagai varian bentuk poster
  • Semua format gambar seperti JPG, GIF, BMP, PNG dan TIFF bisa disertakan

 

Kekurangan

  • Menciptakan mosaik yang sempurna makan waktu
  • Versi standar gratisan hanya menggunakan Classic Style.
  • Meskipun sudah dicoba berulangkali, mosaik masih jauh dari sempurna.

 

Kesimpulannya, Foto-Mosaik-Edda merupakan aplikasi yang bagus. Tapi perlu ketekunan untuk menciptakan hasil yang sempurna.

Ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa seni dan ingin membuat karya mosaik dari berbagai gambar yang anda miliki untuk kemudian dipamerkan kepada teman-teman di jejaring sosial atau Forum anda. Bila anda kreatif, anda bisa memberikan hadiah kepada orang terkasih anda dengan menyusun gambar hati dari kumpulan gambar anda berdua (cukup menarik bukan?)

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan juga kepada teman-teman anda agar semua bisa mencoba menciptakan karya seni yang unik dan menarik dengan cara praktis.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • eko

    makasi ilmunya gan.. semoga tambah sukses, lancar, aman, barokah.amin

    • deby

      agan klo qta pke andreamosaic koq g bsa kebaca tile imagenyaa??
      mohon bantuannya :)