Cara Membaca Artikel di Wikipedia Secara Offline dengan Menggunakan Kiwix

Kini setiap orang bisa menemukan hampir semua hal yang ada di dunia ini melalui Wikipedia. Jadi sudah bukan rahasia lagi bahwa Wikipedia berperan sangat penting sebagai ensiklopedia dunia terlengkap berbasis online yang tersedia hampir untuk semua bahasa yang ada di dunia.

Untuk itu tentu saja bagi siapapun yang ingin menggunakan layanan Wikipedia mereka harus mengaksesnya secara online menggunakan koneksi internet dan browser. Namun bagi kamu yang ingin tetap mengakses Wikipedia tetapi tidak selalu dapat terhubung ke internet, kamu bisa mencoba alternative bagaimana cara menikmati artikel-artikel yang ada di Wikipedia secara offline atau tanpa menggunakan koneksi Internet.

Cara Membaca Artikel di Wikipedia Secara Offline dengan Menggunakan Kiwix

Kiwix, adalah sebuah perangkat lunak atau yang lebih tepatnya sebagai reader dari format file yang bernama ZIM yang memungkinkan kamu untuk membaca dan menikmati konten website khususnya Wikipedia secara offline. Dengan begitu kamu tidak perlu harus online untuk dapat membaca atau mencari artikel yang ada di Wikipedia.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan membaca isi dari proyek atau konten Wikipedia yang disimpan dalam format file ZIM, yaitu sebuah format yang akan membuka file dengan kompresi tinggi dan sudah dilengkapi pula dengan tambahan meta-data.

Kiwix Features:

  • Khusus untuk membaca file format ZIM
  • Bookmarks & Notes
  • Ekspor file sebagai PDF dan HTML
  • Tersedia hampir untuk 80 macam Bahasa
  • Saran dalam kotak pencarian
  • Tab navigasi
  • Integrasi dengan konten untuk di unduh

 

Untuk mengunduh Kiwix, silahkan langsung melalui tautan dibawah berikut ini.

Homepage (bahasa Indonesia) : http://www.kiwix.org/index.php/Main_Page/id

Download Kiwix : http://sourceforge.net/projects/kiwix/files/0.9_rc1/kiwix-0.9-rc1-win.zip/download

Cara Membaca Artikel di Wikipedia Secara Offline dengan Menggunakan Kiwix

Setelah mengunduh Kiwix yang berfungsi sebagai reader, kini kamu tinggal mengunduh isi website dari Wikipedia, bisa langsung melalui software Kiwix atau juga dengan mengunduh file ZIM Wikipedia melalui website Kiwix di atas atau langsung melalui tautan berikut ini untuk Wikipedia dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

Wikipedia Bahasa Inggris : http://download.kiwix.org/zim/0.9/wikipedia_en_wp1_0.8_45000+_12_2010.zim

Wikipedia Bahasa Indonesia : http://download.kiwix.org/zim/0.9/wikipedia_id_all_04_2012.zim

Jika interface dari Kiwix yang kamu miliki masih menggunakan bahasa Afrikaans, silahkan kamu ganti dengan mengakses menu Wys > Taal dan silahkan pilih bahasa yang kamu inginkan.

Cara Membaca Artikel di Wikipedia Secara Offline dengan Menggunakan Kiwix

Mungkin salah satu kendala disini adalah besarnya dari ukuran konten Wikipedia tersebut, untuk yang berbahasa Indonesia saja berukuran kira-kira 2GB, sesuai dengan konten dari Wikipedia dalam bahasa Indonesia yang hampir mencakup semua yang diketahui oleh Wikipedia saat ini. Dan menurut PG ukuran 2GB tersebut cukup sesuai dengan manfaat seperti halnya kamu memiliki buku pintar sebuah ensiklopedia terlengkap yang bisa kamu akses kapan saja dan dimana saja tanpa harus terhubung ke internet.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Kalpataru A.I

    Gila… Yang Indonesia 2 GB

    • Yup, ^_^ sesuai judulnya “secara offline”, artinya kita tdk perlu terhubung ke internet utuk mengakses database, dan solusinya kita harus punya datanya secara mentah. :)