Cara Melihat Informasi CPU, Memory dan Metrik Lainnya Melalui Taskbar

Apakah kamu ingin mengetahui informasi tentang grafis dari CPU, Memory dan metrik lainnya? Tapi jika kamu melihatnya dengan cara manual pasti tidak akan praktis, apalagi jika kamu ingin memantaunya secara terus menerus. Nah, jika kamu ingin cara yang lebih praktis, maka pembahasan PG kali ini mungkin akan membantu.

Perfgraph adalah aplikasi unik yang akan menampilkan informasi tentang grafis CPU, Memory dan metrik lainnya pada taskbar desktop. Aplikasi ini akan berjalan dalam Explorer.exe process yang bisa memantau sejumlah hal seperti utilitas CPU sampai 8 core, penggunaan memory, network performance serta CPU, HDD dan Chipset temperatures. Perfgraph juga akan memantau kecepatan kipas dan pengukuran hardware lainnya.

Melihat Informasi CPU, Memory dan Metrik Lainnya Pada Taskbar

Untuk menggunakan Perfgraph download terlebih dahulu aplikasinya pada link berikut ini :

http://codefromthe70s.org/perfgraph3.aspx

Setelah proses download selesai kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama lakukan installasi, kemudian akan muncul pesan pemberitahuan di sebelah kanan layar dan klik yes.
  2. Lalu Perfgraph akan muncul pada taskbar, tapi jika Parfgraph tidak muncul maka klik  kanan pada taskbar, pilih Toolbar dan check pada Perfgraph.
  3. Klik kanan pada taskbar dan hapus tanda centang pada Lock taskbar jika ingin melakukan pengaturan.
  4. Untuk menambah informasi grafis pada taskbar, klik kanan pada taskbar dan pilih New Perfgraph Instance.
  5. Kamu juga bisa melakukan pengaturan pada salah satu grafisnya dengan cara klik kanan pada grafis tersebut dan pilih Perfgraph Configuration. Kemudian check pada show label untuk memberikan label pada masing-masing grafis tersebut.
  6.  Setelah kamu melakukan pengaturan dan dirasa letaknya sudah benar, maka klik kanan dan check pada Lock the taskbar untuk menguncinya pada taskbar.

Aplikasi ini bisa berjalan pada sistem operasi Windows XP sampai 7 dalam 32 bit maupun 64 bit. Sekarang kamu tidak perlu lagi melihat informasi grafis secara manual, karena Perfgraph akan menampilkan informasi tersebut pada taskbar. Selamat mencoba :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini