Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

Sebuah ritual kegiatan Backup pada data-data penting di komputer sesekali sebaiknya dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Seiring dengan majunya perkembangan perangkat lunak dewasa ini, ada banyak sekali pilihan alternatif bagi kamu untuk melakukan Backup data-data milikmu. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat lunak yang akan PG bahas kali ini.

Adalah FBackup, sebuah tool serbaguna yang dapat memudahkan kamu dalam melakukan proses Backup, karena selain mudah dioperasikan, tool ini juga menawarkan kecepatan dan berbagai macam fitur lainnya yang tentu saja semakin memudahkan kamu dalam melakukan penyimpanan data cadangan milikmu.

Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

FBackup untuk saat ini disediakan secara gratis untuk kebutuhan personal, dan sudah bisa kamu gunakan pada Sistem Operasi Windows Xp, Vista, Windows 7 dan pada Sistem Operasi Windows teranyar sekalipun seperti Windows 8. Silahkan kamu unduh terlebih dahulur FBackup yang berukuran sekitar 17MB melalui tautan berikut.

Homepage : http://www.fbackup.com

Download Page : http://www.fbackup.com/free-download.php

Quick Download : http://www.fbackup.com/quick-download.php

Untuk menggunakan atau membuat Backup lewat FBackup tidaklah terlalu sulit, karena FBackup pada dasarnya sudah dibuat dan memiliki user interface yang mudah difahami.

Untuk memulai silahkan kamu install terlebih dahulu FBackup setelah kamu unduh. Dan pada jendela utama dari FBackup pada saat program pertama kali dibuka, kamu akan di hadapkan pada jendela untuk membuat Backup atau restore (mengembalikan) file backup.

Silakan kamu pilih “Backup” apabila kamu ingin membuat backup atau cadangan dari data penting milikmu, dan pilih kembali opsi “New” untuk membuat lembar kerja Backup baru.

Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

 

Selanjutnya silahkan kamu isi nama file Backup milikmu, serta tentukan apakah kamu ingin menyimpannya di local drive komputer milikmu, atau melalui network (jaringan). Untuk kali ini PG memilih untuk menyimpannya di drive L.

Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

 

Dan setelah semua selesai kamu isi, silahkan klik “Next” dan kamu akan diperintahkan untuk memilih data apa atau dari folder manakah data yang ingin kamu Backup tersebut, sebagai contoh PG memilih ingin membackup semua data pada folder mypictures.

Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

 

Untuk melihat pilihan lain, silahkan kamu klik menu “Advaced mode” pada bagian kiri bawah, pada menu advance tesebut kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan, termasuk memberikan password pada file hasil Backup, atau mengatur backup secara terjadwal dengan menggunakan pilihan scheduler yang ada pada FBackup.

Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

 

Setelah semua selesai kamu atur, langsung saja kamu klik tombol “Next” dan tunggu hingga selesai. Setelah proses selesai kamu bisa langsung akses pada drive dimana kamu menyimpan hasil Backup milikmu tadi, biasanya file hasil Backup secara default terbungkus dalam file format ZIP.

Cara Cepat dan Mudah Backup Data Dikomputer dengan FBackup

 

Mudah bukan caranya membuat backup data milikmu, apabila masih ada kesulitan, ada baiknya kamu melihat dahulu sebuah video petunjuk penggunaan dari FBackup dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini