Browsing Lebih Aman dengan HTTPS Everywhere

Saat kamu mengunjungi website, sebenarnya kamu sedang berkomunikasi dengan web server website tersebut. Ada pertukaran data yang kamu lakukan dengan web server. Dan tentu saja ada celah bagi pihak ketiga untuk “membaca” pertukaran data yang kamu lakukan. Serangan ini biasa disebut “Man in the Middle Attack” atau MITM. Bagaimana cara untuk menghindarinya?

Browsing Lebih Aman dengan HTTPS Everywhere

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah protokol yang mampu melindungi kamu dari serangan “Man in the Middle Attack”. Protokol ini mengenkripsi setiap pertukaran data yang terjadi sehingga tidak ada pihak lain yang bisa memotong dan membaca informasi tersebut.

Browsing Lebih Aman dengan HTTPS Everywhere

Sayangnya, tidak semua situs yang support HTTPS menjadikan HTTPS sebagai protokol defaultnya. Banyak yang masih membiarkan HTTP sebagai protokol default, padahal sebenarnya situs tersebut memiliki dukungan HTTPS.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan HTTPS Everywhere. Ini adalah add on Firefox dan Ekstensi Chrome yang bisa menjadikan HTTPS menjadi protokol utama dari setiap situs yang mendukung HTTPS.

Sudah ada lebih dari 2000 website populer yang kini didukung oleh HTTPS Everywhere. Ketika kamu mengunjungi website tersebut, maka secara otomatis kamu akan terhubung melalui protokol HTTPS.

Contohnya ketika membuka Wikipedia, protokol yang digunakan secara default adalah HTTP.

Browsing Lebih Aman dengan HTTPS Everywhere

Dengan menginstall HTTPS Everywhere, protokol Wikipedia akan otomatis menjadi HTTPS.

Browsing Lebih Aman dengan HTTPS Everywhere

Ini juga berlaku bagi semua situs yang mendukung HTTPS tetapi tidak secara default menggunakannya. Dengan begitu kamu bisa browsing dengan lebih aman dan nyaman, tanpa khawatir ada mata-mata yang mencuri pertukaran data kamu dengan web server.

Download HTTPS Everywhere secara gratis disini:

https://www.eff.org/https-everywhere


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Maaf tapi bukannya situs tidak menggunakan HTTPS sebagai protokol default tetapi itu bayar mas, harus ada sertifikatnya atau nanti dikira website penipu