Boray Power: Hemat Energi Berdasarkan Aktif Tidaknya Sistem

Tahun 2012 kemarin, PG sempat mengikuti acara yang diadakan sebuah organisasi Nirlaba yang didukung oleh WWF. Kampanye tersebut dimaksudkan untuk mendukung Earth Hour. Wujud konkritnya adalah mengajak agar semua orang bersedia pada jam 9 pagi di tanggal yang telah ditentukan, semua orang mematikan listrik selama satu jam. Gerakan yang nampaknya sederhana itu besar sekali dampaknya. Karena diikuti oleh ribuan orang di dunia, maka dengan mematikan listrik selama satu jam berarti akan menghemat energi dalam jumlah besar, sekaligus secara filosofis (dan biologis memang) memberikan kesempatan kepada bumi untuk ‘bernafas’.

Memang energi tak terbarui di dunia ini sedang mengalami krisis yang belum begitu kentara. Namun dikhawatirkan lama kelamaan persediaan energi akan habis sehingga nantinya manusia akan kesulitan untuk sekedar mendapatkan listrik bagi penerangan. Dari situ PG sadar pentingnya melakukan penghematan terhadap energi, terutama energi listrik yang kita gunakan sekarang ini. Kalau ada upaya sekecil apapun yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik, ada baiknya kita lakukan, termasuk misalnya menginstall sebuah software kecil pada komputer untuk menghemat konsumsi listrik di rumah kamu.

Boray Power: Hemat Energi Berdasarkan Aktif Tidaknya Sistem

Boray POWer, software yang disinggung PG di atas adalah aplikasi yang dapat mengubah perencanaan sistem energi dengan merespon idle time dari komputer (menyala tapi tidak melakukan pekerjaan apa-apa), dimana kemudian software ini akan menurunkan konsumsi listrik. seperti yang kita tahu, perubahan konsumsi listrik kadang tergantung oleh seberapa banyak barang yang dipergunakan, dan lain sebagainya. Menginstall software ini berarti memberikan kamu kesempatan untuk sedikit mengurangi daya terpakai pada PC atau laptop kamu.

Interface Boray Power sangat sederhana. Kamu tinggal mengatur ‘seberapa hemat’ konsumsi listrik kamu inginkan. Tapi tentu saja makin hemat listrik makin susah kinerja. Oleh karena itu, lebih baik kamu gunakan berdasarkan standar yang ada.

Boray Power: Hemat Energi Berdasarkan Aktif Tidaknya Sistem

 

Kamu juga bisa memilih perencanaan untuk penghematan konsumsi listrik. Tipe apakah yang kamu inginkan.

Boray Power: Hemat Energi Berdasarkan Aktif Tidaknya Sistem

Kamu bisa mendapatkan software ini di:

http://user.tninet.se/~jad615g/boraypower/

Meskipun terlihat sederhana, BorayPower memiliki kemampuan untuk menghemat listrik yang kamu gunakan. Caranya, ‘menidurkan’ program-program yang tidak terpakai atau berjalan sehingga alur distribusi listrik semakin kecil

Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba juga Energy Saver Eco atau Granola. Cara apapun yang akmu gunakan untuk menghemat energi, PG selalu mendukungmu! Demi masa depan bumi yang lebih baik!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini