Bingung menghadapi satuan Unit Pengukuran yang Tak Familiar? AutoConvert Jawabnya!

Google Chrome terus menerus berinovasi dengan berbagai ekstensi yang menarik untuk dilekatkan pada browser ini. Kali ini khusus untuk anda yang menggemari sains atau gemar membaca artikel ilmiah. Seringkali kita menghadapi satuan yang tidak familiar bagi kita seperti inchi, yard, acre, Fahrenheit, dan sebagainya yang terasa agak asing dalam sistem pengukuran di Indonesia. Kali ini, Google Chrome membantu dengan mengeluarkan sebuah ekstensi cerdas yang dapat membantu kita mengubah unit pengukuran yang tidak familiar bagi kita tersebut ke dalam satuan yang lebih kita kenal.

Tentu saja hal ini bermanfaat bagi kita :)

Dengan fasilitas Google Chrome ini, kita dapat secara akurat menentukan ukuran yang dimuat pada sebuah artikel yang kita buka menggunakan Browser Google Chrome tersebut, sehingga kita dapat memahami materi artikel tersebut lebih baik.

Baiklah, tanpa panjang lebar, saya persilahkan anda mendownload ekstensi ini di tautan berikut:

https://chrome.google.com/webstore/detail/pbghjbbdfkjffaalmcfgelakmeckapnd/

Bingung menghadapi satuan Unit Pengukuran yang Tak Familiar?

Setelah proses installasi ekstensi ini selesai, maka anda akan dibawa ke halaman setting dari AutoConvert, dimana anda dapat melakukan pengaturan mengenai tindakan yang akan anda lakukan bila menjumpai satuan ukur yang tidak familiar bagi anda di sebuah artikel.

Bingung menghadapi satuan Unit Pengukuran yang Tak Familiar?

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana memanfaatkan ekstensi ini? Mudah saja. Coba anda buka sebuah artikel terkait pengukuran yang satuan ukurnya tidak familiar bagi anda. Contohnya pada artikel tentang satuan ukur Acre berikut ini:

Bingung menghadapi satuan Unit Pengukuran yang Tak Familiar?

Sebagaimana anda lihat pada gambar tersebut, nampak beberapa frase dan kata yang menggunakan satuan ukur yang tidak familiar seperti acre, yard, dan feet di-highlight warna kuning (warna highlight ini dapat anda setting sendiri). Nah, anda tinggal mendekatkan kursor anda ke satuan tersebut, maka akan muncul alternatif satuan ukur yang lebih familiar, bahkan secara langsung memperhitungkan nilai ukuran dalam artikel tersebut (perhatikan bagian yang saya beri lingkaran merah).

Bingung menghadapi satuan Unit Pengukuran yang Tak Familiar?

Dari gambar tersebut, dapat diketahui bahwa 640 acre yang disebutkan dalam artikel adalah sama dengan 2 sq kms (square kilometers = kilometer persegi). Praktis sekali bukan? Apalagi bila anda harus memperhitungkan banyak angka dalam satuan yang tidak familiar bagi anda.

Jangan lupa dukung PusatGratis dengan memberikan like, tweet, atau plus one pada artikel ini. Mohon tunjukkan artikel ini pada teman anda yang tergila-gila pada matematika dan sains. Saya yakin artikel tentang ekstensi ini akan sangat membantunya!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini