Berganti DNS Dengan Cepat Menggunakan ChrisPC DNS Switch

Berganti DNS Dengan Cepat Menggunakan ChrisPC DNS Switch

Jika berbicara mengenai bagaimana cara kerja internet untuk orang yang non-geek, jawabannya tidak sesimpel yang mereka pikirkan. Ada banyak proses dan teknologi yang digunakan. Salah satu sistem yang digunakan internet ada yang bernama DNS atau Domain Name System. Proses DNS sangatlah sederhana, ketika kamu sedang mengetikan URL seperti PusatGratis.com di browser address bar, DNS ISP akan melakukan convert ke Internet protocol yang dimengerti oleh komputer dan device jaringan yang terhubung, yang menentukan bagaimana data dari titik A berpindah ke titik B.

Kebanyakan user banyak menggunakan DNS asli yang disediakan oleh ISP, tetapi jika kamu bermasalah dengan DNS tersebut, kamu bisa mengganti DNS dengan OpenDNS. Tetapi jika kamu ingin bergonta-ganti DNS, kamu bisa mencoba software ChrisPC DNS Switch. Dengan menggunakan ChrisPC DNS Switch, user dapat berganti DNS dengan mudah melalui Windows System Tray. ChrisPC DNS Switch juga menyediakan 30 layanan DNS gratis yang bisa kamu gunakan atau kamu juga bisa memasukan custom DNS sendiri.

Dengan mengganti DNS dapat membantu kamu untuk mengatasi berbagai masalah koneksi Internet. Sebagai contoh, ini dapat membantu kamu untuk mengakses website yang diblokir oleh penyedia layanan internet. Terkadang dengan mengganti DNS juga bisa meningkatkan kecepatan atau keamanan internet yang kamu gunakan walaupun tidak signifikan.

Download ChrisPC DNS Switch

 

Cara Menggunakan ChrisPC DNS Switch

Ketika kamu sudah selesai menginstall ChrisPC DNS Switch, aplikasi ini akan muncul di Windows system tray. Kamu dapat dengan cepat mengganti DNS dengan mengklik kanan ChrisPC DNS Switch dari system tray dan pilih DNS yang akan kamu gunakan.

 

Untuk membuka window ChrisPC DNS Switch, klik Show DNS Switch dari system tray. Dari menu ini kamu bisa melihat DNS primary dan secondary, mengganti DNS dengan menu drop down atau mengubah DNS dengan alamat custom.

Berganti DNS Dengan Cepat Menggunakan ChrisPC DNS Switch

 

Setelah mengganti DNS, klik Change DNS dan klik Yes. Dengan begini kamu usdah berganti DNS, jika ingin mengembalikan DNS seperti semula tinggal klik Restore DNS.

 

Jika kamu ingin menambahkan data DNS custom sendiri ke menu drop down DNS, kamu juga bisa melakukannya dengan mengklik DNS Database. Dari sini kamu dapat menambahkan, mengedit dan menghapus DNS.

Berganti DNS Dengan Cepat Menggunakan ChrisPC DNS Switch

 

Mudah bukan mengganti DNS menggunakan ChrisPC DNS Switch? Dengan adanya aplikasi ini kamu dapat mengganti DNS dengan mudah tanpa harus mengaturnya secara manual lewat Control Panel.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • sky

    alternatif lainnya bisa pakai Dns Jumper. walaupun itu bukan lewat tray (buka langsung app nya :) )

  • Yoga Oktafiansyah

    sepertinya saya menggunakan DNS mbah google juga udah cukup om PG.
    tapi thanks deh buat info tambahannya :)