Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone ya?

Ponsel kamu baru saja terkena musibah? Seperti masuk kedalam kubangan air atau hilang dicuri orang? Ingin menggantinya dengan smartphone yang lagi ngetrend? Kalau begitu, berarti kamu punya 4 pilihan smartphone yang bisa dibeli diantaranya ada Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone.

Mungkin hal pertama yang akan kamu lakukan adalah browsing mencari-cari smartphone yang pas untuk kamu. Tetapi tidak ada hal yang lebih memuaskan daripada mencoba OS nya satu per satu secara langsung. Jika kamu malas mendatangi gerai semua smartphone untuk mencoba OS nya satu per satu, maka tips PG yang satu ini akan bermanfaat bagi kamu. Dengan cara ini kamu bisa mencoba setiap smartphone di rumah. Hah di rumah? Yup..caranya dengan menggunakan Emulator dari Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone. Berikut beberapa emulator smartphone yang bisa kamu gunakan.

 

Android SDK

Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone?

Sebelumnya PG sudah pernah membahas tentang menjalankan Android di komputer, caranya dengan menggunakan Android SDK. Dengan menggunakan Android SDK kamu bisa menjalankan Android OS apapun di komputer yang kamu gunakan. Jika kamu ingin membeli Android dan ingin menjajal tampilan dan juga fitur-fiturnya, kamu bisa menggunakan Android SDK. Sebenarnya Android SDK dibuat untuk developer apps Android namun tidak ada salahnya menggunakannya untuk mencicipi Android.

Download Android SDK

http://developer.android.com/sdk/index.html

 

BlueStacks

Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone?

Jika Android SDK menawarkan kamu untuk bisa mencoba tampilan dan menjajal fitur yang ada, lain hal dengan BlueStacks. BlueStacks menawarkan kepada kamu untuk bisa menjajal aplikasi yang ada di Android. Meskipun tidak semua aplikasi, namun jika kamu penasaran dengan aplikasi seperti game. Kamu masih bisa menjajalnya dengan menggunakan BlueStacks.

Download BlueStacks

http://bluestacks.com/

 

BlackBerry Simulator

Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone?

BlackBerry Simulator adalah software untuk emulator Blackberry yang dibuat oleh RIM untuk developer. BlackBerry Simulator juga tersedia untuk berbagai tipe dan OS dari Blackberry. Jadi kamu bisa memilih Blackberry dengan OS berapakah yang ingin kamu beli. Tentu emulator ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Dengan mengunjungi situs resmi dari BlackBerry Simulator.

Download BlackBerry Simulator

http://us.blackberry.com/sites/developers/resources/simulators.html

 

MobiOne Studio

Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone?

MobiOne Studio salah satu program emulator Android dan iPhone yang mudah digunakan. Sayangnya MobiOne Studio ini hanya trial selama 15 hari, namun buat kamu yang hanya ingin mencoba iPhone. 15 hari merupakan waktu yang cukup untuk memilih :D. Selain dapat mencoba iPhone, kamu bisa mencoba iPad, NExus S, Kindle Fire dan Galaxy Tab 10.1.

Download Trial MobiOne Studio

http://www.genuitec.com/mobile/index.html

 

Windows Phone Emulator

Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone?

Tertarik membeli smartphone Windows Phone 7 atau Windows 7.1? Jangan terburu-buru, kamu bisa mencobanya di komputer kamu dengan menggunakan emulator Windows Phone Emulator. Windows Phone Emulator ini dibuat oleh Microsoft dan tentu saja bisa kamu download secara gratis. Perlu diperhatikan, komputer yang kamu gunakan harus mempunyai spesifikasi RAM 3GB, DirectX 10 atau DirectX 11 dan juga Silverlight, untuk keterangan lebih lanjut baca disini.

Download Windows Phone Emulator

http://msdn.microsoft.com/en-us/library/windowsphone/develop/ff402563%28v=vs.92%29.aspx

 

Windows Phone Interactive Demo

Beli Android, Blackberry, iPhone atau Windows Phone?

Kalau kamu malas melakukan proses instalasi dan ingin sekali mencoba Windows Phone. Ada cara lain yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan menggunakan Windows Phone Interactive Demo. Windows Phone Interactive Demo adalah layanan online yang dibuat oleh Microsoft supaya kamu bisa menjajal Windows Phone di browser secara online. Namun dengan fitur yang terbatas tentunya.

Kunjungi Windows Phone Interactive Demo

http://m.microsoft.com/windowsphone/en-us/demo/default.aspx

 

Ada satu cara terakhir yang cukup ampuh, yaitu dengan meminjam dan mencoba smartphone teman2 kamu (hihihihihi…). Inilah untungnya kalau punya banyak teman yang memiliki smartphone dengan OS berbeda-beda :D.

Nah sekian dulu saran PG mengenai cara mencoba berbagai macam “rasa” smartphone sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga dengan cara ini kamu bisa menemukan smartphone mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan kamu. Jangan salah pilih ya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Riyan Widiyanto

    Android dong mas bro :D

  • Anom Wibowo

    Saya condong ke Android hehehe…

  • http://softrickinfo.blogspot.com/ Bahruladitya

    Info yang sangat bagus, o ya kalau boleh request artikel tentang instalasi OS Ubuntu 12.10 dong.