Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Pastinya kamu tidak asing bukan apabila mendengar kata Robot, secara mendasar Robot dapat di artikan sebagai alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan kontrol dari manusia, maupun menggunakan program yang sudah ditanam terlebih dahulu pada si robot agar dapat melakukan atau mengerjakan sesuatu hal.

Istilah robot berawal bahasa Cheko yaitu “robota” yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang-ulang dan kotor.

Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Secara umum, kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan seperti search and rescue, dan lain-lain, bahkan belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen dalam bidang hiburan, dan alat bantu dalam rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Dalam bahasan kali ini PG akan memperkenalkan kepada kamu sebuah software atau perangkat lunak yang akan membantu kamu dalam mempelajari cara kerja, dan memahami logika sederhana dari cara kerja robot yang sering kita jumpai ini.

Adalah RoboMind, sebuah software yang dikembangkan oleh sebuah universitas di Belanda ini akan mempermudah serta menumbuhkan minat pada orang yang ingin belajar dan memahami cara kerja robot secara sederhana. Bagi kamu yang penasaran, silahkan unduh RoboMind melalui situs resminya berikut ini.

Homepage : http://www.robomind.net/en/index.html

Download Page : http://researchkitchen.net/robomindstore/en/downloads/25-robomind-software-download.html

RoboMind untuk Windows (36MB) : http://www.robomind.net/downloads/robosetup.htm

Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Untuk saat ini RoboMind tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, namun untuk sekedar bahan pembelajaran dasar, versi gratis sudah cukup untuk digunakan sebagai perangkat lunak yang mendukung untuk belajar memahami cara kerja secara sederhana dari robot.

Dengan menggunakan software seperti RoboMind tentu saja akan membantu kamu dalam membiasakan diri dengan dasar-dasar ilmu komputer dengan mencoba membuat program robot sendiri.

Sebuah bahasa pemrograman khusus pada RoboMind telah dibuat yang terdiri dari satu set aturan ringkas dan ditujukan untuk pemrograman robot yang bisa pula disisipkan aturan-aturan lain seperti struktur kendali percabangan (IF, IF-ELSE, IF – ELSEIF) dan perulangan (For, While, Do – While).

Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Dan apabila pengguna kurang familiar dengan bahasa pemrograman atau yang berbau script, kamu bisa langsung mencoba menggerakan robot dengan bantuan remote yang bisa di akses pada menu “Run” dan secara otomatis ketika robot digerakkan dengan remote, script akan muncul sebagai perintah yang seharusnya digunakan sebagai perintah atau command untuk menggerakan.

Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Belajar Pemrograman Dasar Robotik dengan Bantuan RoboMind

Sebagai panduan dan langkah awal, ada baiknya kamu melihat video demo dan mempelajari terlebih dahulu RoboMind melalui documentation overview, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak pencerahan mulai dari instruksi awal (basic), struktur program, contoh script dan sebagainya.

Video Demo : http://www.robomind.net/en/demo.html

Documentation Overview : http://www.robomind.net/en/docOverview.htm

Dengan menggunakan RoboMind, tentu saja ini merupakan sebuah solusi bagi kamu yang tertarik dengan dunia robotik karena selain disediakan secara gratis, dengan bantuan software RoboMind ini kamu memiliki banyak kesempatan untuk membuat program sendiri sekaligus menerapkan prinsip-prinsip dasar pemrograman yang umumnya sudah ada di kebanyakan bahasa pemrograman lainnya. Semoga bermanfaat. ^_^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • David Wilson Sihombing

    Gan kayak mana ini. Setelah di download lalu diinatal ko ada kalimat “Enter a license key”