Bekerja Lebih Produktif dengan Layar Terbagi Menggunakan SplitView

Apakah kamu biasa menggunakan dua layar monitor atau membagi layar monitor kamu menjadi dua untuk bekerja? Ini biasa dilakukan oleh penerjemah, penulis, atau trader yang memerlukan untuk membuka dua aplikasi berbeda guna mengerjakan proyek tertentu. Mahasiswa juga sering menggunakan trit ini untuk menonton film sembari mengerjakan tugas. Hehe…

Untuk lebih mudah melakukan pengaturan terhadap monitor kamu, PG menyarankan kamu menggunakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membagi tampilan layar monitor, salah satunya disini adalah SplitView.

Bekerja Produktif dengan Layar Terbagi Menggunakan SplitView

SplitView adalah software yang dapat digunakan untuk membagi layar menjadi dua, ataupun mengorganisir dua monitor yang kamu gunakan saat bekerja. Dengan SplitView, kamu bisa dengan mudah menukar posisi window yang kamu buka secara vertikal atau horizontal sesuai dengan kebutuhan.

Setelah menginstall SplitView, maka software ini akan tampil di System Tray kamu. Sebelum menggunakannya secara optimal, kamu bisa mengatur setting dari SplitView agar lebih sesuai dengan preferensi kamu saat menggunakannya. Oya, satu lagi hal yang perlu diingat, SplitView akan menampilkan tombol di window yang kamu buka. Gunanya adalah memudahkan untuk memindahkan window tersebut ke kanan dan ke kiri, ke atas atau ke bawah. Nah, kamu akan diberikan opsi bahwa kamu bisa mengecualikan beberapa software tertentu agar tidak diberikan tombol semacam ini. Misalnya YM, Skype, dan tentunya pemutar video kamu. Karena pasti kamu kebingungan bila harus berkali-kali mengatur ukuran dan posisi layar video yang tengah kamu buka bila tombol ini disertakan disitu.

Bekerja Produktif dengan Layar Terbagi Menggunakan SplitView

 

SplitView memungkinkan kamu untuk memindahkan window yang kamu buka secara vertikal sebagaimana pada gambar berikut ini. Kamu juga bisa menukar posisi kedua window yang tengah terbuka tersebut dengan menggunakan tombol di bagian atas window tersebut.

Bekerja Produktif dengan Layar Terbagi Menggunakan SplitView

 

Mungkin kamu memerlukan posisi horizontal? Cukup tukar saja dengan klik kanan, lalu pilih “Go Up” atau “Go Down” bila kamu ingin menyusun window secara horizontal.

Bekerja Produktif dengan Layar Terbagi Menggunakan SplitView

 

Kamu bisa mendapatkan SplitView di:

http://www.splitview.com/

Untuk kamu yang terbiasa melakukan multitasking dan membutuhkan dukungan banyak software yang berbeda serta juga website dalam bekerja, maka SplitView akan sangat bermanfaat untuk mendukung kinerja kamu. Apalagi bila kamu menggunakan dua layar dan menjalankan program yang berbeda tapi saling mendukung.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan software Windowpad dan untuk pengguna Windows 8, kamu bisa juga memanfaatkan software Toolbox untuk melakukan fungsi yang sama.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini