Bekerja Lebih Fokus dengan Teknik Pomodoro dan Pomodoro App

Bagi siapapun yang bekerja di depan komputer, apalagi jika komputernya terkoneksi dengan internet..pasti pernah merasakan bagaimana susahnya untuk fokus. Benar tidak? Hal ini juga yang dulu sering PG rasakan. Maksud hati ingin membuat sebuah artikel review..apa daya godaan Facebook, Yahoo News, Email, Chatting, dll sangatlah kuat. Baru menulis 5 menit..ada notif FB. Lanjut menulis lagi 10 menit..ada chat yang masuk. Begitu terus sampe akhirnya PG sering hilang di perantauan dunia maya.

Beruntung akhirnya PG menemukan sebuah metode yang dinamakan teknik Pomodoro. Pernah dengar?

Bekerja Lebih Fokus dengan Teknik Pomodoro

Pomodoro adalah sebuah teknik yang memecah pekerjaan besar menjadi beberapa siklus kecil. 1 Siklus kecil ini nantinya dinamakan 1 Pomodoro, dimana setiap Pomodoro berisi 25 menit waktu kerja dan 5 menit istirahat. Istirahat panjang (15 menit) diberikan setiap menyelesaikan 4 pomodoro.

Misalnya saja PG akan menulis 1 artikel dengan estimasi waktu 1 jam. Maka dengan teknik pomodoro, PG akan membaginya menjadi 2 Pomodoro. Dengan bantuan software Pomodoro timer, PG akan menyelesaikan pomodoro pertama, yaitu 25 menit menulis dilanjutkan 5 menit istirahat total. Setelah itu PG melanjutkan lagi pomodoro yang kedua hingga pekerjaan untuk menulis artikel tersebut selesai.

Hebatnya, teknik pomodoro ini bekerja dengan sangat bagus bagi PG. PG menjadi lebih fokus dan lebih cepat dalam menyelesaikan setiap artikel review. Hasilnya PG bisa menjadi jauh lebih produktif daripada sebelumnya.

Salah satu software pomodoro timer yang sangat bagus untuk mengimplementasikan teknik pomodoro tersebut adalah Pomodoro App. Kamu bisa mendownload Pomodoro App disini :

 

Download Pomodoro App

http://www.pomodoroapp.com/downloads/

 

Setelah menginstall Pomodoro App, kamu bisa memasukkan daftar pekerjaan kamu hari itu. Kemudian kamu jg bisa mengatur berapa banyak pomodoro yang kamu butuhkan dengan cara double klik logo tomat yang ada di sebelah kanan task.

Bekerja Lebih Fokus dengan Teknik Pomodoro

 

Setelah kamu siap untuk menghabiskan pomodoro pertamamu, klik saja logo tomat yang ada di sebelah kiri sampai bertanda merah..kemudian klik Start Selected Task.

Bekerja Lebih Fokus dengan Teknik Pomodoro

 

Sebuah timer akan berjalan begitu kamu klik play. Timer tersebut otomatis diatur sesuai dengan aturan pomodoro, yaitu 25 menit kerja + 5 menit istirahat per satu pomodoro. Dan akan ada istirahat panjang (15 menit) setiap 4 pomodoro. Setiap waktu habis, akan ada alarm yang berbunyi untuk mengingatkan kita.

Bekerja Lebih Fokus dengan Teknik Pomodoro

 

Ingat..fokuslah bekerja di saat waktu kerja..dan fokuslah beristirahat disaat waktu istirahat.

 

Begitu tugas kamu selesai, centang saja untuk menandakan bahwa task tersebut telah selesai dikerjakan.

Bekerja Lebih Fokus dengan Teknik Pomodoro

 

Terkadang sebuah pekerjaan bisa selesai lebih cepat atau selesai lebih lambat dari estimasi kita. Jika ternyata pekerjaan kamu belum selesai setelah jumlah pomodoromu habis, lanjutkan saja hingga pekerjaanmu selesai. Dari situ kamu bisa tahu estimasi jumlah pomodoro setiap task untuk digunakan di esok harinya.

Namun demikian tidak semua pekerjaan bisa menjadi produktif dengan teknik pomodoro ini. Teknik ini sangat cocok digunakan oleh siswa yang sedang mengerjakan PR, mahasiswa yang mengerjakan laporan, orang yang bekerja di depan komputer, dan sejenisnya.

Bagaimana? Apakah teknik pomodoro ini juga mampu meningkatkan fokus dan produktivitasmu? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar PG :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • izin coppas di blog Saya

    , syukran untuk informasinya insyaAllah sangat bermanfaat bagi para pembacanya.

  • adnan

    saya baru donlot, belum mencoba

  • Mudhofar Ahmed

    Mantab..sangat membantu pekerjaan ane gan..
    trims…