Batasi Waktu Browsing Dengan Productivity Owl

Waktu adalah uang, jika tidak digunakan dengan baik, maka kita akan rugi besar. Tapi kebanyakan orang terlena dengan tekhnologi yang semakin canggih. Mereka lebih suka browsing di internet daripada mengerjakan tugas-tugasnya. Bahkan kalau sudah asik browsing, bisa-bisa lupa waktu dan meninggalkan tanggung jawabnya. Nah, disinilah Productivity Owl datang untuk mengatur waktu browsing kamu.

Productivity Owl adalah ekstensi chrome yang berfungsi untuk mengatur jadwal browsing kamu. Dengan menggunakan ekstensi ini kamu bisa membatasi bahkan memblokir situs yang dirasa kurang bermanfaat jika dibuka saat jam kerja, seperti Facebook, YouTube, Twitter dan semacamnya. Untuk dapat menggunakannya, pertama install dulu ekstensinya pada chrome melalui link berikut ini :

https://chrome.google.com/webstore/detail/productivity-owl/eoagmdboiealblmpaahjlhajggndaahi

Kemudian icon dari¬†Productivity Owl akan langsung muncul pada bagian pojok kanan atas dari chrome. Lalu klik pada icon tersebut dan pilih “Options Page” untuk melakukan pengaturan. Nah, pada pilihan Manage Website ini kamu bisa memilih website mana yang dapat kamu akses selama jam kerja berlangsung dan website mana yang ingin kamu blokir.

Batasi Waktu Browsing Dengan Productivity Owl

Kemudian ketikkan berapa kira-kira waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengakses situs yang tidak produktif pada kotak “I would like …. “. Lalu pada kotak Allow Website ketikkan nama website yang bisa diakses selama jam kerja berlangsung, karena semua situs yang ditulis pada kotak tersebut akan dianggap sebagai tugas atau pekerjaan kamu.

Dan pada kotak yang paling bawah tuliskan nama situs yang akan diblokir selama jam kerja berlangsung. Setelah itu klik save untuk menyimpannya. Lalu klik pada pilihan “Schedule Freetime” untuk mengatur jadwal hari dan waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengakses situs yang sudah diblokir dan klik save.

Batasi Waktu Browsing Dengan Productivity Owl

Sekarang saat kamu membuka situs yang tidak produktif, maka kamu akan melihat burung hantu kecil yang ada pada bagian pojok situs tersebut, dengan waktu yang sedang berjalan, dan klik tombol save kecil yang ada disamping burung hantu tersebut jika kamu ingin menyimpan situs tersebut dan membukannya lagi saat jam kerja selesai.

Batasi Waktu Browsing Dengan Productivity Owl

Kemudian jika waktu telah habis, maka si burung hantu akan langsung terbang dan menutup tab dari situs tersebut.

Batasi Waktu Browsing Dengan Productivity Owl

Nah, bagaimana? Cukup menarik untuk dicoba bukan? Jadi jika kamu ingin tetap produktif dan tidak kebablasan saat browsing, maka Productivity Owl adalah ekstensi yang sangat berguna.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini