Backup File, Setting dan Seluruh Elemen Penting Komputer Dengan Lojiklsweep

Sangat penting bagi kita untuk menjaga file-file yang ada di hard drive. Akan lebih baik bila kita secara rutin melakukan backup untuk file-file penting guna mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kerusakan komputer, dan lain sebagainya.

PG beberapa kali memberikan saran semacam ini sembari mengusulkan untuk menyimpan file-file penting di Cloud Storage seperti Dropbox, Google Drive, atau Box. Tapi bagaimana dengan file berupa aplikasi, program, sistem seperti Current User Profile, Desktop, Internet Explorer Favorites, Firefox Application Data Folder, Fonts, My Documents, My Music dan sebagainya? Tentu akan menyulitkan karena tidak semua file tersebut bisa disimpan begitu saja di Cloud Storage.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, PG mengajukan sebuah aplikasi backup, yaitu LojiklSweep. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan kamu mem-backup file dan folder, tetapi juga berbagai setting dan elemen penting dari OS kamu sehingga bila terjadi masalah, kamu tinggal meng-install ulang dan mengeluarkan semua file kamu menggunakan aplikasi backup ini.

Kamu bisa mendownload Lokijlsweep di:

http://www.fungusware.com/products/lojiklsweep/

Interface utama dari aplikasi ini adalah Home, Options, Save, Utilities, Add, Rename, Delete dan Test di bagian atas. Sementara panel sebelah kanan memungkinkan kamu untuk memilih item untuk di-backup.

Backup File Penting Beserta Seluruh Setting Komputer Dengan Lojiklsweep

Tapi sebelumnya, kamu perlu meng-klik dulu panel registration and donation untuk meminta lisensi gratis dari aplikasi ini. Sebenarnya ada versi berbayar, akan tetapi versi gratisan juga sudah cukup untuk mendukung kamu dalam mem-backup file-file kamu.

Backup File Penting Beserta Seluruh Setting Komputer Dengan Lojiklsweep

Untuk memulai, kamu tinggal meng-klik Add a Project, dan memberi nama hasil backup kamu.

Backup File Penting Beserta Seluruh Setting Komputer Dengan Lojiklsweep

Banyak elemen yang bisa kamu pilih untuk kamu backup. Atau kamu bisa sekaligus mem-backup semuanya, yang tentu saja nanti akan memakan waktu agak lama.

Backup File Penting Beserta Seluruh Setting Komputer Dengan Lojiklsweep

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu melakukan backup secara terjadwal, sehingga nanti kamu akan secara otomatis memperbarui file backup kamu.

Backup File Penting Beserta Seluruh Setting Komputer Dengan Lojiklsweep

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan software backup semacam ini adalah, kamu harus rajin-rajin mengkopikan hasil backup ke media lain, misalnya External Hard Disk untuk menghindari file backup hilang bila ada masalah dengan PC atau laptop kamu.

Bila nanti terjadi masalah, kamu tinggal melakukan install ulang, lalu install aplikasi Lojiklsweep, dan kemudian me-restore hasil backup kamu, maka semua file, bahkan posisi desktop kamu akan kembali seperti sedia kala!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini