Aside: Menyimpan Konten ke Pocket (Read It Later) Langsung dari Chrome

Apakah kamu pengguna Pocket (yang sebelumnya dikenal dengan nama Read It Later)? Pocket merupakan website yang sangat bermanfaat untuk kamu yang suka aktivitas browsing untuk membaca artikel-artikel menarik baik dari Blog, Forum, maupun situs seperti PusatGratis.

Meskipun banyak layanan serupa di Internet, tapi Pocket tetap mendapat tempat tersendiri di hati penggemarnya. Bahkan diakui sebagai salah satu layanan teratas untuk menyimpan link artikel yang belum dibaca. Web aplikasi ini juga dapat diakses melalui aplikasi iOS dan Android, sehingga bila kamu sangat sibuk dan secara tidak sengaja menemukan artikel menarik, maka kamu bisa menyimpannya di Pocket untuk diakses lagi kemudian.

Jika kamu adalah pengguna Google Chrome, maka kamu bisa menggunakan ekstensi untuk menyimpan link ke Pocket langsung dari browser. Ekstensi tersebut adalah: Aside!

Aside adalah ekstensi praktis untuk Google Chrome yang dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna Pocket dapat menambahkan halaman baru ke daftar baca. URL dari website yang dituju bisa disimpan dalam akun Pocket. Ekstensi ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit tag sebelum menyimpannya ke dalam daftar dan memungkinkan kamu membuka daftar baca kamu di tab yang terpisah.

Nah, terlebih dahulu kamu perlu mendownload Aside untuk Chrome kamu:

https://chrome.google.com/webstore/detail/hkhbmdeeajbgkdpaiencghlmbgbkpdaa

Setelah menginstall Aside, bila kamu belum terdaftar di layanan Pocket, maka kamu perlu mendaftar dulu di: www.getpocket.com

Setelah memiliki akun Pocket, maka kamu baru bisa menggunakan layanan web aplikasi Pocket tersebut.

Aside

Log in dan kamu akan mendapatkan ikon Aside di bar Chrome kamu. Jika kamu ingin menambahkan webpage tertentu ke daftar baca kamu, cukup klik ikon tersebut. Maka artikel tersebut akan masuk ke akun Pocket kamu.

Aside

Ekstensi ini memiliki fitur unik yang memungkinkan kamu menambahkan tag ketika menyimpan, karena itu, menemukan tautan yang ingin dibaca kemudian akan menjadi lebih mudah.

Aside

Ketika kamu menambahkan halaman ke akun pocket kamu, ikon akan berubah berwarna merah pada URL tersebut menandakan bahwa halaman URL tersebut telah tercatat di akun Pocket kamu. Bila kamu ingin menghapus halaman web tersebut, yang perlu dilakukan hanya klik ikon “filled” sehingga mengosongkannya kembali.

Aside

Ekstensi ini juga memiliki fitur penambahan menu yang praktis, dimana kamu tinggal klik kanan sebuah link di web dan ini sudah cukup untuk langsung menyimpannya ke Pocket.

Aside

Karena Pocket juga mendukung konten multimedia (gambar, audio, video dan sebagainya), Aside pun bisa melakukannya, sehingga kamu bisa menyimpan konten semacam itu ke Pocket.

Secara keseluruhan, ekstensi ini akan sangat bermanfaat untuk para pengguna Pocket, termasuk kamu mungkin diantaranya. Kalau kamu belum menggunakan Pocket, tak ada salahnya mencobanya karena web aplikasi ini cukup praktis dalam menyimpan halaman web yang mungkin perlu kamu baca nanti.

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan artikel ini kepada teman-teman yang lain agar semua dapat memperoleh manfaat menggunakan ekstensi praktis dan web aplikasi Pocket.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini