Anda Tidak Harus Mengunjungi Planetarium Untuk Melihat Keindahan Angkasa!

Jika anda pernah berangan-angan untuk bisa melihat planet, bintang dan segala sesuatu yang ada di luar angkasa, planetarium adalah salah satu tempat yang bisa anda gunakan untuk memenuhi keinginan anda. Namun saat ini, saya akan membagikan sebuah software yang bisa anda gunakan untuk melihat keindahan luar angkasa tanpa harus ke planetarium.

Software ini adalah Stellarium! Stellarium adalah software open source yang bisa anda gunakan secara gratis untuk menikmati keindahan benda-benda luar angkasa secara virtual di komputer anda. Stellarium ini merupakan software yang sering digunakan di berbagai planetarium dengan ditampilkan melalui planetarium projector.

Planetarium Virtual

Stellarium akan menampilkan benda-benda luar angkasa secara virtual dalam tingkat detail yang tinggi. Stellarium tersedia dalam berbagai versi mulai dari Linux, Mac OS, dan Windows OS. Anda bisa mendownload stellarium disini:

http://stellarium.org/

Download Stellarium Virtual

Saat saya memposting artikel ini, stellarium berada dalam versi 0.11.0 yang sudah memiliki lebih dari 600.000 katalog bintang dan lebih dari 210 juta ekstra bintang. Dilengkapi dengan ilustrasi konstelasi di 12 kultur yang berbeda. Stellarium juga memberikan tampilan nebula, milky way, atmosfer, bahkan matahari yang terbit dan terbenam secara realistik. Anda juga bisa melihat planet dan satelit-satelitnya.

Dengan stellarium anda bisa memiliki kontrol penuh terhadap waktu, teleskop, tampilan, keyboard, spheric mirror projection untuk dome sederhana, fisheye projection untuk dome planetarium, serta powerful zoom dan tampilan yang multilingual.

Bagi anda yang ingin memodifikasi tampilan dari stellarium anda, anda bisa dengan mudah memodifikasinya menggunakan plugin. Anda bisa menambahkan sendiri obyek di angkasa, landscape, konstelasi, gambar, script dan bahkan anda bisa menambahkan sistem tata surya baru yang mungkin anda temukan referensinya dari internet. Stellarium adalah software virtual planetarium gratis terbaik yang pernah ada hingga saat ini.

Jika anda menemukan informasi ini bermanfaat, silahkan berlangganan artikel PG untuk mendapatkan update artikel terbaru sesaat setelah artikel tersebut diterbitkan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • http://indonesiadangdut.blogspot.com munifmd

    mas butuh koneksi ke intrnet ngga mas?

    • gilang

      gk perlu gan saya udh download

  • yudha

    mas mau nanya ni
    kita butuh koneksi ke intrnet ngga mas kalo make sw ini ?
    o.O

  • cesper shint thinkz

    luar biasa
    saya bisa download software yang bermanfaan dari situs ini
    trimah kasih pusat software gratis

  • giyanto

    Mantab ….. suwun cak dpt sebagai bahan pengajaran tata surya & pemahaman keagungan Allah SWT , suwun   suwun   suwun