7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Apakah kamu memiliki banyak koleksi gambar atau foto? Tentu saja kamu memerlukan image viewer yang nyaman untuk mengeksplorasi gambar-gambar tersebut. Selain software-software image viewer berbayar yang memiliki fitur lengkap, software ringan dan gratis juga tak kalah loh! Banyak software image viewer gratis yang menawarkan aneka kemudahan dan kompatibilitas dengan PC atau laptop kamu.

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Berikut ini PG akan menampilkan untuk kamu tujuh software image viewer yang ringan, tapi memiliki fitur ekstra yang layak dipilih dan diandalkan. Apa sajakah mereka? Simak review berikut:

 

1. FastStone Image Viewer

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

FastStone Image Viewer merupakan software image viewer gratis yang kaya akan fitur. Tidak hanya mempermudah kamu dalam melihat dan mengexplore semua koleksi foto dan gambar kamu, FastStone Image Viewer ini juga memiliki banyak fitur tambahan lainnya. Fitur tambahan tersebut antara lain Image Editor, slideshow maker, photo correction, dll.

FastStone juga bisa menambahkan watermark pada koleksi foto kamu, yang mana sangat penting bagi kamu yang sering mengupload foto kamu di berbagai jejaring sosial, website, atau blog agar mendapatkan pengakuan dari orang-orang yang memanfaatkan foto kamu.

Kamu bisa mendapatkan FastStone Image Viewer di:

http://www.faststone.org/FSViewerDownload.htm

 

2. Phototheca

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Phototheca adalah software image viewer yang memungkinkan kamu memanajemen koleksi foto kamu dengan fitur andalan “Smart Album” yang akan menjadikan kamu mudah mengakses  semua koleksi gambar dan foto yang kamu miliki.

Dapatkan Phototheca di:

http://lunarship.com/

 

3. Photoscape

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Photoscape adalah image viewer ringan, namun dilengkapi dengan berbagai fitur editor yang menjadikan software ini istimewa. Selain sebagai viewer, Photoscape juga bisa digunakan untuk membuat kolase foto, membuat gif, dan banyak lagi. Berikut ini fitur lengkap dari Photoscape:

  • Viewer: Menunjukkan foto folder kamu dan menampilkannya dalam bentuk slideshow.
  • Editor: melakukan resize, mengatur brightness dan color adjustment, white balance, backlight correction, frames, balloons, mosaic mode, menambahkan teks, menggambar, cropping, filters, red eye removal, blooming
  • Batch Editor: melakukan editing terhadap beberapa foto secara bersamaan
  • Page: Menyatukan beberapa foto dalam satu frame
  • Combine: membuat sebuah foto dengan menjadikan beberapa foto menjadi satu, baik vertikal maupun horizontal.
  • Animated GIF: membuat foto animasi dengan beberapa foto atau gambar
  • Print: Mencetak gambar yang ada, photo passport
  • Screen Capture: Membuat screenshot dan menyimpannya.
  • Color Picker: Zoom pada gambar, mencari dan mengambil warna tertentu
  • Rename: mengubah nama file foto dalam bentuk batch
  • Raw Converter: Mengubah RAW ke JPG

Kamu bisa mendapatkan Photoscape di:

http://www.photoscape.org/ps/main/index.php

 

4. ACDSee

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Sejak zaman Windows 95, ACDSee sudah tenar sebagai image viewer yang ringan dan handal. Interfacenya memang diciptakan cukup sederhana agar kamu mudah untuk memahaminya. Ada beberapa tombol yang disediakan yaitu mouse wheel, back dan forward buttons. ACDSee free ini juga menyediakan tombol zoom in dan out, menghapus dan memutar gambar. Kamu juga bisa melakukan pemutaran gambar dan kamu juga bisa menyimpan, meng-copy, mencetak dan memilih gambar tersebut untuk dijadikan wallpaper.

Format file gambar yang bisa kamu lihat dengan ACDSee ini adalah bmp, jpg, png, tiff, RGA, dan pic. Dengan ACDSee ini kamu akan mendapatkan image viewer dasar yang cepat, tapi sayangnya tidak mendukung untuk format file RAW. Jadi jangan menunggu lagi saat kamu berpindah dari gambar satu ke gambar lainnya, karena program ini benar-benar cepat dan memiliki kinerja yang baik.

Kamu bisa mendapatkan ACDSee di:

http://www.acdsee.com/en/products/acdsee-free

 

5. Nexus Image

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Nexus Image adalah software image viewer yang simpel. Keistimewaannya adalah, software ini bersifat portabel, jadi mudah untuk kamu gunakan dimana saja. Gambar yang ditampilkan juga bagus, walaupun di zoom in tidak akan pecah-pecah. Untuk cara cepat, aplikasi ini juga menawarkan keyboard hotkeys untuk mengontrol setiap fungsi melalui keyboard. Ada beberapa fitur menarik yang NexusImage tawarkan diantaranya, “Captions” yaitu untuk memberikan keterangan dari gambar pada sebuah kotak kecil di bagian bawah gambar tersebut.

Dapatkan Nexus Image di:

http://www.xiles.net/nexusimage/

 

6. Windows Photo Gallery

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

Windows Photo Gallery adalah aplikasi image viewer yang memungkinkan kamu mengatur dan melihat berbagai gambar atau foto yang kamu miliki. Interfacenya sederhana, tapi gambar ditampilkan secara cemerlang. Fiturnya memang cukup standar, tapi sangat cocok dengan OS Windows.

Kamu bisa mendapatkan Windows Photo Gallery dengan mendownload Windows Live Essential melalui link berikut.

Versi Bahasa Indonesia:

http://g.live.com/1rewlive5-all/id/wlsetup-all.exe

Versi Bahasa Inggris:

http://g.live.com/1rewlive5-all/en/wlsetup-all.exe

 

7. MycView

7 Software Image Viewer Ringan Berfitur Ekstra

MycView merupakan aplikasi ringan nan sederhana yang akan cocok di tipe komputer lama seperti Pentium 3 dan 4 LGA sekalipun! Fitur-fiturnya, meskipun tidak begitu lengkap, tapi cukup lumayan untuk menampilkan koleksi gambar yang kamu miliki. Besar aplikasi ini hanya 39KB yang merupakan jaminan untuk ringannya. Terlebih lagi: Tidak diperlukan instalasi! MycView bersifat portabel dan dengan mudah kamu bawa dimana-mana.

Kamu bisa mendapatkan MycView di:

http://myc01.free.fr/mycview/

 

Demikianlah software image viewer ringan berfitur ekstra yang pasti menarik untuk dilirik. Karena banyaknya software image viewer yang bertebaran, PG tengah merencanakan untuk membuat kompilasi jilid dua dari software image viewer yang ringan namun handal semacam ini. Nantikan saja rilis artikelnya di PG. hehe!…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • YY

    Kalo yang gambar one piece itu apa softwarenya gan

  • Chaidir Setiawan

    Bukannya photoscape merupakan aplikasi/software editing foto dengan beberapa fungsi diantaranya viewer.
    Thx

  • Chaidir Setiawan

    Bukannya photoscape merupakan aplikasi/software editing foto dengan beberapa fungsi diantaranya viewer.
    Thx

    • saing

      setuju tuh

  • Gusrak

    Irfanview dan Paint,net lebih bagus