5 System Rescue Disk Terbaik

Apapun sistem operasi komputer kamu, ketika permasalahan akut menyerang, system rescue disk adalah penyelamat pertama yang perlu kamu miliki. Bagaikan obat P3K, system rescue disk bisa menangani permasalahan komputer, terutama ketika komputer kamu gagal booting.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu system rescue disk, itu adalah sistem bootable yang bisa kamu jalankan ketika komputer kamu gagal booting. Didalamnya ada berbagai macam tools untuk memperbaiki permasalahan komputer, misalnya saja tool partisi, backup & recovery, antivirus, testing tool, password tool, bahkan mini Windows XP. Dengan berbagai tool tersebut maka akan mudah bagi kamu untuk memperbaiki berbagai macam permasalahan yang terjadi di komputer kamu.

Ada berbagai macam system rescue disk yang tersedia saat ini, dan berikut ini adalah 5 System Rescue Disk terbaik menurut PG:

1. Hiren’s BootCD

5 System Rescue Disk Terbaik

Inilah system rescue disk legendaris yang pernah ada. System rescue disk ini sangat populer dan digunakan oleh mayoritas teknisi komputer di dunia. Hal ini tidaklah mengherankan karena fitur dan tool dari Hiren’s BootCD sangatlah lengkap.

Hiren’s BootCD dilengkapi dengan tool untuk partisi, backup dan recovery, antivirus, testing tool, password tool, Mini Windows XP, serta berbagai tool berguna lainnya. Dengan tool-tool tersebut kamu bisa melakukan berbagai aktivitas perbaikan komputer, mulai dari memperbaiki partisi, membersihkan virus, membackup data, update driver, scanning kerusakan hardware, bahkan hingga melakukan re-flash BIOS atau menghapus CMOS.

Hiren’s BootCD menjadi system rescue disk terbaik pilihan PG, dan wajib untuk kamu miliki – bahkan jika kamu sudah memiliki system rescue disk lainnya.

Download Hiren’s BootCD secara gratis disini:

http://www.hirensbootcd.org/download/

2. Knoppix

5 System Rescue Disk Terbaik

Knoppix sebenarnya merupakan Linux Bootable Live CD. Tidak hanya sebagai System Rescue Disk, Knoppix juga memberikan seluruh fitur dari sistem operasi. Jadi selain disediakan berbagai tool diagnosa dan perbaikan, kamu juga bisa memanfaatkan browser Firefox, Open Office, GIMP, dsb. Ini tentu saja sangat bermanfaat saat kondisi darurat dimana kamu harus menyelesaikan sebuah tugas tetapi komputer gagal booting secara tiba-tiba.

Salah satu kelebihan Knoppix – sehingga membuat PG menempatkannya di urutan kedua – adalah kemampuannya untuk dikustomisasi. Kamu bisa mendownloadnya, mengatur isinya apa saja, tools yang kamu perlukan apa saja, kemudian mempackagenya kembali, lalu memburningnya lagi ke CD/DVD. Di dalam Knoppix juga disediakan tool data recovery dan cloning sehingga kamu bisa menyelamatkan data dengan mudah.

Download Knoppix Live CD secara gratis disini:

http://www.knopper.net/knoppix-mirrors/index-en.html

3. Ultimate Boot CD

5 System Rescue Disk Terbaik

Ultimate Boot CD juga merupakan System Rescue Disk populer kedua setelah Hiren’s BootCD. Ultimate Boot CD didesain khusus untuk troubleshoot Windows atau Linux, serta dilengkapi dengan berbagai tools pendukung seperti hardware testing, manajemen hardisk, partition tool, serta tool perbaikan komputer lainnya.

Dengan Ultimate Boot CD kamu bisa melakukan test memory, CPU, drive, bahkan manajemen BIOS. Jika problem di komputer kamu cukup parah, maka tersedia pula tools dirve cloning maupun file recovery untuk menyelamatkan data kamu ke hardisk yang lain.

Ultimate Boot CD juga memiliki versi khusus Windows yang disebut dengan Ultimate Boot CD for Windows (UBCD4Win). Ultimate Boot CD for Windows ini berisi Windows XP sederhana yang bisa dibooting langsung dari CD. Didalamnya disediakan pula berbagai tools troubleshooting yang kebanyakan berupa freeware untuk Windows.

5 System Rescue Disk Terbaik

Ultimate Boot CD memperoleh peringkat 3 dari System Rescue Disk terbaik pilihan PG karena ada versi khusus Windows bagi pengguna pemula yang hanya familiar dengan sistem operasi Windows.

Download Ultimate Boot CD secara gratis disini:

http://www.ultimatebootcd.com/download.html

Download Ultimate Boot CD for Windows secara gratis disini:

http://www.ubcd4win.com/downloads.htm

4. Trinity Rescue Kit

5 System Rescue Disk Terbaik

Trinity Rescue Kit adalah distro Linux yang didesain khusus untuk troubleshooting komputer. System rescue disk ini bisa kamu jalankan dari CD maupun USB flashdisk. Didalamnya ada berbagai tools seperti mereset password Windows, scan virus dan malware, clone drive, merestore partisi yang rusak, bahkan mengakses komputer network. Trinity Rescue Kit juga bisa mengembalikan file yang terhapus, dan ini merupakan nilai plus yang menempatkannya di urutan ke-4 dari System Rescue Disk terbaik versi PG.

Download Trinity Rescue Kit secara gratis disini:

http://trinityhome.org/Home/index.php?content=TRINITY_RESCUE_KIT____CPR_FOR_YOUR_COMPUTER&front_id=12&lang=en&locale=en

5. System Rescue CD

5 System Rescue Disk Terbaik

System Rescue CD merupakan system rescue disk berbasis Linux yang didesain untuk troubleshoot Linux, Windows, dan server. Hampir sama dengan system rescue disk lainnya, System Rescue CD bisa kamu gunakan untuk memperbaiki partisi yang rusak, backup data, serta clone drive. Salah satu kelebihan System Rescue CD adalah kemampuannya untuk membaca drive dengan berbagai file system.

System Rescue CD juga dilengkapi dengan bootloader replacement, system file editor, network troubleshoot & diagnostic tools, serta disk burner. Jadi kamu bisa melakukan burning dengan System Rescue CD ini. Tidak ketinggalan juga antivirus, anti malware, dan anti rootkit.

Download System Rescue CD secara gratis disini:

http://www.sysresccd.org/Download

Itulah 5 system rescue disk terbaik versi PG. Rescue disk mana yang menjadi favorit kamu?

Selain kelima system rescue disk diatas, ada juga antivirus rescue disk yang dikeluarkan oleh berbagai vendor antivirus. Semuanya gratis! :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • joe

    tes bro