5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

Apakah kamu penggemar manga? Untuk penggemar manga, kegiatan membaca manga bukan sekedar aktivitas membaca biasa, akan tetapi sebuah ritual yang memindahkan diri dan pikiran ke dunia yang diciptakan oleh sang mangaka. Ini tak mengherankan karena menurut penelitian, manga dibuat dengan sistem panel yang detil sehingga mirip menyaksikan adegan film yang runtut gerakan per gerakan. Sehingga membaca manga seolah menjadikan diri kita tenggelam dalam pengalaman hidup chara yang ada di manga tersebut. Inilah seni membaca manga!

Dan di era digital ini, ketika mangascan mulai mengalihkan perhatian para pembaca konvensional, penggemar manga mulai mencari software yang bisa memberikan pengalaman serupa dengan membaca manga dalam bentuk tankubon atau buku komik. Ini bukan hal yang mudah! Oleh karena itu, bertebaranlah berbagai software yang diklaim bisa digunakan untuk mendapatkan pengalaman membaca manga yang asyik.

 

5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

Dengan mengacu pada pengalaman tersebut, maka PG mengumpulkan software-software pembaca manga dengan aneka fitur yang menjadikan kamu seakan membaca manga seperti memegang buku aslinya! Pengalaman yang sangat ingin didapatkan oleh para penggemar manga dalam bentuk scan!

Berikut ini 5 software windows untuk membaca manga dengan asyik seperti layaknya membaca buku secara konvensional!

 

1. pviewer

5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

 pViewer merupakan sebuah aplikasi kecil gratisan yang memiliki sejumlah fitur seperti memperlihatkan file sebagai slideshow, membaca data EXIF dari gambar, menambahkan efek dasar pada gambar melalui built-in image editor, shortcut keyboard untuk mengarahkan halaman komik. Aplikasi ini juga dapat mendukung pembacaan komik yang memiliki format file ZIP, CBR dan CBZ, serta menawarkan mode terpisah untuk manga dan komik.

Apa sih bedanya manga dan komik? Ini hanya terkait urutan saja. Manga dibaca dari kanan ke kiri sedangkan komik dibaca dari kiri ke kanan.

Salah satu keistimewaan lain dari pviewer adalah bisa sebagai image viewer dan editor sederhana. Kamu bisa melihat foto baik dalam window atau full screen mode. Kamu bisa melakukan Flip, Rotate atau Resize images, dan mengaplikasikan beberapa efek pada gambar seperti Invert, Grayscale, Add Black dan white border.

Dapatkan pviewer di:

http://sourceforge.net/projects/picoviewer/

 

2. ComicSeer

5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

ComicSeer memungkinkan kamu langsung membaca komik dalam format kompresi (ZIP, RAR, CBZ, dan CBR) dalam viewer yang luwes dan menarik. Aplikasi ini juga mendukung platform Windows dan Linux.

Salah satu kelebihan yang menjadi unggulan aplikasi ini adalah: dapat membaca komik dalam format ZIP, RAR, CBZ, dan CBR, sehingga kamu bisa menghemat ruang penyimpanan di hard drive kamu dengan mengkompres semua file manga dan komik kamu, lalu bila kangen, tinggal membacanya dengan aplikasi ini.

Kamu bisa mendapatkan ComicSeer di:

http://comicseer.xylasoft.com/index.php?page=downloads

 

3. CDisplayEx

5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

CDisplayEx adalah software yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam membaca, seperti layaknya membuka komik yang tergeletak di hadapan kamu. Terlebih lagi, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur dasar yang dibutuhkan oleh pecinta manga seperti membaca dari kanan ke kiri, magnify (memperbesar gambar), scroll, juga kemampuan untuk membuka file kompresi seperti RAR, ZIP, atau CBZ. Kelebihan dari aplikasi ini adalah interfacenya yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Kamu bisa mendapatkan CDisplayEx di:

http://www.cdisplayex.com/

 

4. ComicRack

5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

ComicRack menawarkan fitur-fitur yang pasti membuat ngiler para penggemar mangascan. ComicRack mendukung berbagai format populer untuk komik dan manga, selain itu juga menambahkan berbagai kemampuan navigasi ke koleksi komik kamu dalam interface yang terdiri atas tiga panel. Kamu bisa mencari koleksi kamu di panel bawah dan membaca komik dan manga yang kamu inginkan dengan panel sebelah atas.

Fitur lain yang inovatif dari software pembaca manga ini adalah, bukan saja membaca manga dalam file CBZ, bahkan aplikasi ini bisa membuatkan file CBZ dari koleksi manga kamu, sehingga kamu dapat menambahkannya di ‘perpustakaan’ (Library) tempat kamu menyimpan koleksi komik kamu.

ComicRack menjanjikan pengalaman yang lebih intens dalam membaca manga. Bahkan kamu juga bisa melengkapi ‘perpustakaan pribadi’ kamu sendiri seraya menulis review untuk kamu nikmati sendiri ataupun dibagikan ke teman-teman kamu sesama penggemar mangascan

Dapatkan ComicRack di:

http://comicrack.cyolito.com/downloads/comicrack

 

5. MangaMeeya

5 Software Windows untuk Membaca Manga dengan Asyik!

 MangaMeeya merupakan software pembaca manga yang sederhana, namun menawarkan pengalaman yang mirip dengan membaca manga secara konvensional. Misalnya animasi gerakan membalik buku yang menjadikan kamu merasa seakan membaca buku sungguhan, keleluasaan untuk mengatur mode baca dari kiri ke kanan atau sebaliknya, dan masih banyak lagi.

MangaMeeya juga bisa dioperasikan melalui Hotkeys sehingga kamu bisa memanfaatkan keyboard kamu untuk mengoperasikan software ini.

Dapatkan MangaMeeya di:

http://www.mydailymanga.com/2011/01/17/mangameeya-for-windows-vista-7-users/

 

Demikianlah 5 software pembaca manga yang pasti akan menawarkan alternatif pengalaman serupa dengan membaca manga di dunia nyata bagi kamu. Seperti yang PG katakan di atas, membaca manga adalah seperti terjun ke dunia lain seorang diri. Seperti yang dikatakan Sumiko Sumimura dalam manga Kekkaishi, “Tidak ada seorang pun yang bisa menghancurkan dunia yang aku ciptakan…”

Jadi berbekal 5 software pembaca manga ini, jangan biarkan orang lain menghancurkan dunia kamu yang asyik saat membaca manga! Hehe…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Risky Perdana Putra

    Sippp Mantab

  • Momo Animez

    itu prinsip aplikasinya harus download manganya terlebih dahulu atau gimana ?

    • chthonic

      harus download manganya dulu gan. Baru aplikasinya untuk baca manga yang udah didownload biasanya jadi lebih efektif bacanya, bisa per’volume’.

      • Momo Animez

        ow oke oke

  • dion

    itu yang pviewer cara fullscrean-nya gimana……!!!

  • Fajar Lazuardi

    thanks infonya gan ,
    jadi doyan baca manga :D