5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

Untuk penggemar video dan pengguna Windows, sudah umum bila Windows Media Player menjadi andalan untuk memutar berbagai video kamu.  Tapi Windows Media Player juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti misalnya codec yang tidak lengkap, sehingga kamu harus tahu cara mendapatkan codec untuk Windows Media Player. Alternatif lain, kamu bisa menggunakan media player atau pemutar video lain yang bisa memutar banyak format populer dengan fitur-fitur unik sebagai pembeda antara software tersebut dengan software sejenis yang sudah umum.

5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

Nah, PG kali ini menawarkan lima software pemutar video yang ringan dan kaya akan fitur, bahkan memiliki berbagai kelebihan tersendiri yang PG jamin bakal menjadikan kamu ‘selingkuh’ dari Windows Media Player!

 

1. VLC Player

5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

VLC Player adalah software media player berukuran cukup mungil, namun support hampir seluruh format populer video seperti Mp4, mkv, flv, dan banyak lagi. VLC Player layak jadi andalan bila spec komputer kamu terbatas sementara kamu ingin pemutar video yang bisa memutar seluruh format file video populer.

Selain itu, VLC memiliki fitur rahasia yang jarang diketahui orang, termasuk screencast, streaming, dan merekam langsung dari webcam. Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu semua.

Kamu bisa mendapatkan VLC Player di:

http://www.videolan.org/

 

2. GOM Player

5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

GOM Player adalah media player dan video yang menawarkan pemutaran video berkualitas tinggi, optimasi yang mudah dilakukan serta interface yang mudah dipahami. Aplikasi ini lebih mudah dijalankan dibandingkan beberapa media player open source populer lainnya, lebihfleksibel dan tidak membingungkan. GOM Player juga memiliki fitur ekstra seperti screen capture, aneka macam view juga memungkinkan penggunaan playlist serta hotkeys

GOM Player ini merupakan andalan bila kamu menginginkan pemutar video yang ringkas, ringan, tapi dengan kualitas audio dan video yang handal!

Kamu bisa mendapatkan GOM Player di:

http://player.gomlab.com/eng/download/

 

3. Real Player

5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

Real Player adalah software media player yang bisa dimanfaatkan untuk memutar berbagai format populer seperti Avi, flv, mpeg, mp4, dan banyak lagi, selain itu juga dilengkapi juga dengan berbagai fitur yang menggiurkan seperti integrasi dengan portal video online, TV Online, dan bahkan bisa digunakan untuk burning film-film tersebut ke CD atau DVD.

Dibanding dengan VLC dan GOM, mungkin Real Player cukup ‘besar’ dan agak ‘berat’, tapi ini sebanding dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Real Player. Disamping terkenal sebagai pemutar video handal, Real Player juga asyik bila digunakan untuk memutar audio. Suara yang dihasilkan cukup jernih dan pasti membuat kamu terkesan!

Dapatkan Real Player di:

http://id.real.com/

 

4. Total Video Player

5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

Total Video Player secara umum merupakan software media player yang bisa memutar baik file video maupun audio dengan baik. Ia bisa digunakan memutar video dalam format 3GP, MP4, FLV dan DVD. Interface-nya sangat simple sehingga mudah digunakan, dengan menampilkan file menu, scroll bar, library, dan shortcut yang terintegrasi sederhana ketika file dimainkan

Total Video Player ini memang kecil dan minim fitur. Tapi bisa dipelajari dengan mudah dan pasti akan jadi andalan kamu-kamu yang memiliki spec komputer terbatas.

Kamu bisa mendownload Total Video Player dari:

http://www.effectmatrix.com/total-video-player/index.htm

 

5. KMPlayer

5 Software Pemutar Video Alternatif Windows Media Player

KMPlayer dikembangkan oleh developer Korea Selatan, Kang Yong-Hee, dan telah dibeli oleh perusahaan video streaming terbesar di Korea, Pandora TV pada tahun 2007 (Itu menjelaskan kenapa software ini ringan, tapi support Internet TV dan video streaming). KMPlayer mampu mendukung berbagai rentang codec dan format file. Sekaligus juga sangat mudah dikustomisasi.

KMPlayer memiliki banyak fitur yang menyenangkan bagi penggemar video, antara lain support video acceleration speed, fitur 3D, yang mana memungkinkan kamu untuk menonton sebuah film dengan optimal. Coba saja software ini untuk memutar DVD kualitas Blu-Ray, pasti kamu akan bisa merasakan bedanya!

Kamu bisa mendapatkan KMPlayer di:

http://www.kmpmedia.net/

 

Nah, sekarang kamu tidak lagi tergantung pada Windows Media Player saja untuk memutar koleksi video dan musik kamu. Banyak alternatif software gratis yang ternyata menawarkan aneka fitur serta kualitas gambar dan suara yang menakjubkan, seperti lima software alternatif Windows Media Player yang PG review di atas!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Fakhrana

    kalo nonton vcd di laptop tapi ga bisa ditonton itu gimana ya ?

  • Falghoz69

    Bukan soal media playernya Mas, tapi kalau buka folder filenya, contohnya gini aku downld file FLV celar didowld buka foldernya akan dipindah filenya ke memory penyimpanan disini ini masalhnya! PC macet ngak bisa diapa-apain nunggu lama baru ada tulisa restart windows, tolong gimana pencerahannya aku awam soal Compt, terimah kasih atas tanggapannya.

    • Kiki

      Sebetulnya kalau enggak lihat langsung aku kurang jelas juga.

      Yang aku tangkap seperti ini ya:

      1. Falghoz download file FLV

      2. Setelah download, rencananya akan dipindah ke drive lain

      3. Komputer macet – ada pesan restart

      Kalau alurnya benar seperti itu, berarti permasalahannya pada program downloader. Mungkin dia crash sama OS-nya.

      Bisa juga kemungkinan ada virus.

      Untuk pemecahannya, coba program downloadernya di-uninstall, diganti yang lain atau download tanpa bantuan software downloader. Kalau lancar, berarti memang permasalahannya di software downloadernya. Crash dengan OS.

      Tapi kalau memang demikian, harusnya ini berlaku ke semua file yang didownload, bukan hanya FLV.

      Kalau MP4 gitu macet juga nggak? Itu downloadnya dari YouTube atau sumber lain?

      Karena beberapa sumber gak jelas punya konten malware yang menyamar jadi file FLV.

  • Falghoz69

    Mas aku mau nanya, kalau buka file FLV Pc kok sering macet, didelet juga sulit, aku sukanya dgn file ini karena memori sedikit gambar juga bagus, kalau diformat lain file memorinya tambah besar, tolong Mas gimana solosinya, trimah kasih.

    • Kiki

      Software yang dipakai buka apa ya?
      Setahuku itu cuma terjadi pada Windows Media Player yang kurang lengkap drivernya. Mungkin bisa coba VLC Player? – ringan dan mudah buat buka FLV

  • Upa Kecibank Kecibunk

    koq potplayer gak masuk ya??