5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Microsoft Office adalah salah satu software yang sering digunakan oleh orang-orang, entah itu guru, murid, pegawai kantor dan lain-lain. Dan tentu sebagian besar dari mereka menggunakan Windows. Namun harga dari Microsoft Office ini sangatlah mahal, jika kamu ingin mendapatkan aplikasi alternatif dari Microsoft Office yang gratis dan lega, maka bacalah artikel PG berikut ini.

Berikut adalah daftar dari aplikasi alternatif Microsoft Office yang bisa kamu dapatkan dan gunakan secara gratis dan legal versi PG:

 

Google Docs

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Google Docs adalah layanan online dari google yang bisa kamu gunakan sebagai aplikasi alternatif dari Microsoft, tentu saja aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dan legal. Untuk bisa menggunakan Google Docs kamu hanya perlu login terlebih dahulu ke akun Google, jika belum maka kamu harus daftar terlebih dulu. Fitur-fitur yang ada pada Google Docs hampir sama seperti Microsoft Office seperti membuat dokumen, membuat presentasi, membuat perhitungan, membuat diagram dan lain-lain. Lembar kerja yang telah kamu buat akan disimpan di Google Drive sehingga kamu tidak perlu membawa flashdisk lagi :D.

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Kunjungi Google Docs

https://docs.google.com/

 

Microsoft Web Apps

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Ternyata Microsoft sangatlah baik menyediakan versi gratis dari Microsoft Office, namun layanan ini bisa kamu nikmati jika kamu memiliki akun Microsoft. Hampir sama dengan Microsoft Office, Microsoft Web Apps mempunyai fitur-fitur seperti Word, PowerPoint, Excel dan OneNote. Jika kamu menggunakan layanan Microsoft Web Apps ini, kamu tidak perlu pusing menyimpannya kedalam flashdisk. Karena hasil dari pekerjaanmu akan disimpan di layanan Cloud Storage dari Microsoft yaitu SkyDrive.

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Kunjungi Microsoft Web Apps

http://office.microsoft.com/en-us/web-apps/

 

LibreOffice

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Berbeda dengan 2 aplikasi diatas, LibreOffice adalah software yang perlu kamu install di komputermu. LibreOffice ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office, hanya saja berbeda dalam format penyimpanan dokumennya. Jika Microsoft Office menggunakan Word untuk menyimpan dokumen dengan format .doc maka LibreOffice menggunakan Writer untuk menyimpan dengan format .odt. Namun LibreOffice tetap bisa membuka dokumen berformat .doc bahkan .docx. LibreOffice adalah sebuah alternatif dari Microsoft Office untuk kamu install dikomputermu.

Download LibreOffice

http://www.libreoffice.org/download/

 

KOffice

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

KOffice juga salah satu alternatif dari Word, Excel, PowerPoint, diagram, flowchart, vector dan grafik. KOffice dikembangkan secara open source jadi buat kamu yang ingin mengedit-edit software ini bolehlah :). Semua fiturnya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office dan juga LibreOffice.

Download KOffice

http://www.koffice.org/download/

 

IBM Lotus Symphony

5 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Jika LibreOffice dan Koffice memiliki semua fitur seperti di Microsoft Office, tidak halnya di IBM Lotus Symphony. IBM Lotus Symphony hanya mempunyai fitur dokumen seperti word, spreadsheets seperti Excel dan juga Presentations seperti PowerPoint. Untuk bisa mendapatkan IBM Lotus Symphony secara gratis kamu perlu mendaftar terlebih dahulu di IBM.

Download IBM Lotus Symphony

http://www-03.ibm.com/software/lotus/symphony/home.nsf/products

 

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk Microsoft Office adalah OpenOffice yang juga software gratis dari Apache, software lainnya yang bisa kamu coba Kingsoft Office atau Softmaker Office. Sekian daftar aplikasi untuk alternatif dari Microsoft Office, semoga kamu terbantu dengan adanya artikel PG yang satu ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Robbee

    kingsoft kok gk masuk mas pdhl bagus loh

    • udah masuk kog mas..itu di paragraf terakhir :D