4 Software untuk Mengatur Koleksi Musik Kamu!

Apakah kamu tipe orang yang suka mengkopi file audio atau musik kamu asal-asalan ke suatu-tempat-yang-gak-tau-dimana-deh dalam hard drive kamu? Mungkin memang menyenangkan tiba-tiba menemukan koleksi album Maroon5 di dalam kumpulan dokumen ketik, tapi bagi banyak orang, ketidakteraturan seperti itu membingungkan!

Alternatif lainnya, kamu bisa memanfaatkan software yang bisa mendata dan memasukkan seluruh file musik kamu ke dalam Library sehingga cukup membuka atau memanfaatkan software tersebut, maka kamu bisa dengan mudah mencari dan memutar lagu yang kamu inginkan!

4 Software untuk Mengatur Koleksi Musik Kamu!

Tertarik dengan software semacam ini? Kali ini PG akan mengulas 4 software yang dapat mengatur koleksi file musik kamu dengan berbagai keunikan masing-masing!

 

1. Hygeia

4 Software untuk Mengatur Koleksi Musik Kamu!

Hygeia adalah software yang bisa mengambil alih kontrol ke data kamu dengan melakukan berbagai tindakan terhadap file dan folder, termasuk melakukan tugas seperti copy, delete, memindahkan, ekstrak, dan sebagainya.

Bahkan bisa juga mengatur lagu apa yang ingin kamu putar dengan menspesifikkan lagu serta waktunya. Fasilitas lainnya, kamu bisa meng-upload foto ke Facebook, membuat aturan dan tindakan sesuai dengan kebutuhan kamu, sehingga nantinya akan langsung di-“eksekusi” oleh aplikasi ini.

Dengan memanfaatkan Hygeia, kamu bisa mengumpulkan file-file musik favorit kamu, lalu memutarnya dengan cara yang unik. Hygeia pada dasarnya adalah software untuk mengatur agar aplikasi tertentu terbuka akibat tindakan lain terhadap PC atau komputer kamu. Sehingga disini kamu cuma perlu membuka file tertentu untuk memicu munculnya playlist lagu kamu. Dengan kemampuan seperti ini, maka kamu bisa memanfaatkan Hygeia untuk mengatur file-file musik kamu agar diputar otomatis ketika kamu sedang membuka file kerja kamu. Asyik bukan?!

Dapatkan Hygeia di:

http://www.purllow.com/download/

 

2. Espera

4 Software untuk Mengatur Koleksi Musik Kamu!

Espera adalah software pengorganisir musik dan video dengan tampilan Metro yang keren ala Windows 8. Selain memutar musik (Mp3 dan format audio lainnya), aplikasi ini juga dapat memutar video YouTube (tetapi kamu harus memiliki VLC Player). Salah satu fiturnya yang menarik adalah Party Mode yang mengunci aplikasi ini sehingga kamu tidak dapat mengutak-atiknya lagi. Dengan party mode ini, tidak ada yang bisa mematikan, mengganti lagu, atau menghapus playlist yang tengah diputar – kecuali harus mematikan komputer kamu.

Opsi YouTube akan keluar bila kamu mengklik “Local YouTube” yang akan menghadirkan video dari YouTube khusus untuk kamu. Tapi menurut pengalaman PG, buffernya lebih lambat dibanding dengan langsung membuka YouTube.

Seru bukan? Selain mengorganisir file-file musik kamu, dengan Espera kamu juga bisa membuka YouTube secara otomatis dan memanfaatkan semua fitur dan kelebihannya!

Kamu bisa mendapatkan Espera dari:

https://github.com/flagbug/Espera

 

3. Files Arranger

4 Software untuk Mengatur Koleksi Musik Kamu!

Files Arranger adalah aplikasi yang akan membantu kamu menemukan file yang kamu butuhkan, baik itu musik, dokumen, video, dan sebagainya. Khusus untuk mengatur file multimedia, aplikasi ini memungkinkan kamu menemukan semua file multimedia kamu lalu menggabungkannya ke dalam satu folder yang kamu tetapkan sendiri, sehingga nantinya kamu bisa mengatur seluruh file multimedia kamu dengan mudah.

Memang sekilas kesannya banyak file yang diatur oleh software ini. Tapi bila kamu berfokus hanya pada musik, kamu tinggal memilih musik dan membiarkan software ini melakukan scan untuk mengumpulkan koleksi file musik kamu. Selanjutnya kamu bisa mengaturnya dengan memanfaatkan software ini. Kelemahannya adalah, sofware ini hanya bisa mengatur semua file kamu, tetapi tidak memutarnya secara langsung. Bila ingin memutar file, maka kamu akan dihubungkan dengan software audio lain yang kamu miliki.

Kamu bisa mendapatkan Files Arranger di:

http://sourceforge.net/projects/filesarranger/

 

4. SongBird

4 Software untuk Mengatur Koleksi Musik Kamu!

Songbird adalah program multi-platform berbasis XUL framework dari Mozilla. Setelah beberapa kali mengalami perubahan arsitektural, tim tersebut memutuskan untuk hanya mendukung pengembangan software mereka di Windows dan Mac. Keistimewaan audio player sekaligus audio manager ini adalah bisa memproses atau mendeteksi file audiomu dengan sangat cepat. Bahkan 4000 lagu bisa dimasukkan dalam database dari aplikasi ini hanya dalam waktu sekitar 2 menit saja.

Jadi singkatnya, Songbird akan menggantikan hard drive kamu dalam menyajikan data keseluruhan album lagu yang kamu miliki. Jadi kamu bisa memutar lagu-lagu kamu langsung dari aplikasi ini. Kamu bahkan bisa membuat playlist untuk memutar lagu-lagu kamu yang terdata oleh software ini.

Dapatkan SongBird di:

http://www.getsongbird.com/

 

Demikianlah 4 software dari PG yang bisa digunakan untuk memanajemen file audio dan musik kamu, bahkan memutarnya dengan berbagai cara yang unik. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat ketika kamu memiliki banyak koleksi lagu, tapi lokasinya berantakan dan kamu malas mencari serta membenahinya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini