4 Game MMORPG Online yang Bisa Kamu Mainkan Gratis

Bagi kamu yang sering main game RF, Perfect World, Lost Saga, Elsword, DOTA atau World of Warcraft mungkin tidak lagi dengan genre game MMORPG. Massiveley Multiplayer Online Role Playing Game adalah genre game yang dimainkan oleh banyak orang di berbagai tempat yang terhubung dengan suatu jaringan. Ini seperti kamu tinggal di dunia maya dengan berbagai orang dari seluruh penjuru dunia. Sekarang kamu dapat menikmati game MMORPG secara gratis tanpa membayar sepeser pun.

Dulu game F2P (Free-2Play) MMORPG identik dengan permainan yang buruk dibandingkan game MMORPG yang berbayar. Mungkin dulu begitu, tetapi sekarang game F2P MMORPG dapat menyaingi game MMORPG yang berbayar. Berikut ini 4 game MMORPG online yang bisa kamu mainkan gratis tanpa membayar, bahkan tanpa iming-iming item berbayar untuk lebih menikmati gamenya.

 

Dungeons & Dragons Online

Dungeons & Dragons Online yang juga dikenal sebagai DDO, game yang sangat lama sekali dalam tipe game MMORPG yang sudah dirilis dari tahun 2006. Garis besar dari gameplay DDO adalah kamu berbicara dengan NPC yang akan mengirim kamu ke quest, setelah quest selesai mulailah quest lain. Disamping itu kamu juga dapat melakukan multiple quest, semakin sulit quest maka kamu akan mendapatkan hadiah XP dan Favor yang sangat banyak. Favor menunjukan peningkatan karakter kamu dan dapat digunakan untuk mendapatkan lebih banyak skill dan fitur yang terkunci.

 

Neverwinter

Neverwinter adalah game terbaru dari Cryptic Studios, game ini memiliki grafik yang keren, pengetahuan yang mendalam dan cerita yang seru sehingga membuat kamu tidak sadar akan mengikutinya. Gameplay yang ditawarkan seperti game-game sekarang, kamu bisa bergerak bebas dan menunjukkan skill, seperti Devil May Cry. Tidak ada auto attack dan tidak ada target. Neverwinter juga memiliki mode game PvP yang berada di arena disebut sebagai Domination yang menargetkan jumlah poin.

Yang paling menarik dari game Neverwinter adalah aspek UGC (user generate content) yang menggunakan Foundry, kamu dapat membuat dan publish quest yang kamu buat untuk player lain. Fitur Foundry juga termasuk editor quest, story, map, dialog, item dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini akan memungkinkan game ini lebih dikembangkan oleh banyak orang.

 

Age of Wushu

Jika kamu pernah bermain Dynasty Warriors game Age of Wushu mirip seperti itu. Age of Wushu adalah game bertemakan seni bela diri China antar perguruan. Mungkin sepertinya terdengar aneh untuk game tipe MMORPG, tetapi ini adalah sesuatu yang baru dari game tipe F2P MMORPG. Gameplay yang ditawarkan sangatlah simpel dan benar-benar fokus dengan sistem tempurnya. Tidak ada game yang sekelas atau saingan Age of Wushu dari gameplay yang ditwarkan. Dari masing-masing perguruan, murid bisa mempelajari semua skill jika mereka mengikuti pelatihan yang sesuai, membeli skill dari pemain lain, bergabung di perguruan lain, atau menyelesaikan tantangan berat.

Sebagai game F2P, Age of Wushu menyediakan item mall yang menjual berbagai costume dan skill yang hanya digunakan untuk mempermudah pemain, sama sekali tidak membantu pemain untuk menjadi kuat.

 

TERA Rising

TERA (The Exiled Realm of Arborea) Rising adalah game yang sedang banyak dibicarakan karena inovasinya di tipe game MMO. Game ini ramai dibicarakan karena inovasi sistem tempurnya yang sepenuhnya real time, menggunakan crosshair dan membutuhkan skill untuk menghindari serangan dari musuh. Sebelumnya TERA mengikuti banyak jejak game MMORPG berbayar tetapi sekarang kamu dapat memainkannya secara gratis (F2P).

 

Sebagian besar game diatas bisa kamu mainkan secara gratis, meskipun ada beberapa game yang menyediakan item mall. Tetapi mereka menyediakannya untuk tampilan karakter atau kemudahan karakter, tidak akan membantu pemain untuk menjadi kuat dengan mudah menggunakan uang mereka. Kamu harus benar-benar menggunakan skill untuk dapat menjadi kuat


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Muhammad Rizky

    Nah tahu kok :)

  • Hidetoshikun

    http://www.playnexia.com/forum/forum.php

    PlayNexia II The Kingdom of The Winds Expansion juga menjadi salah satu game MMORPG “GRATIS tidak terkecuali apapun” yang menjadi pilihan menarik bagi peminat game di Indonesia maupun mancanegara.