3 Software Mengetik Cepat untuk Belajar Mengetik Seperti Seorang Master

Pernahkah anda menemui orang yang bisa mengetik dengan 10 jari, berkecepatan tinggi, dan bahkan bisa mengetik dengan benar walau tanpa melihat keyboard sekalipun? Saya biasa menyebut mereka dengan “The Master of Typing” atau sang ahli mengetik ^^. Anda ingin belajar mengetik 10 jari dengan cepat dan akurat, berikut ini adalah 3 software mengetik gratis yang bisa melatih anda untuk bisa mengetik seperti seorang master :

1. Stamina Typing Tutor

3 Software Mengetik Cepat untuk Belajar Mengetik Seperti Seorang Master

Stamina Typing Tutor adalah software belajar mengetik favorit saya. Ketika anda berlatih mengetik menggunakan software ini, maka akan ada teks yang “berjalan” dan anda harus mengetikkan sesuai dengan teks yang muncul tersebut. Jika anda salah mengetik, maka ada sejumlah “ejekan” yang dikeluarkan oleh software ini, seperti: “oye!”, “uh-oh” atau “I’ll be back – khas terminator”. Ejekan ini terkadang membuat hati panas dan ingin mencoba mengetik lagi tanpa melakukan kesalahan.

Stamina Typing Tutor memiliki beberapa pilihan latihan mengetik, yaitu basic, digits, symbols, phrases, dll. Jika anda tidak suka dengan pilihan latihan-latihan tersebut, anda bisa membuat sendiri sesuai keinginan anda dengan memanfaatkan fitur Lesson Editor.

Fitur tambahan lain yang menjadikan Stamina Typing Tutor menjadi software mengetik favorit saya adalah kita bisa menggunakan background gambar dan background musik sesuai yang kita inginkan. Hanya saja saran saya jangan memilih background musik yang bertempo lambat ya..dari pengalaman saya, background musik yang bertempo lambat seringkali membuat saya kurang semangat untuk mengetik cepat ^^

Satu-satunya kekurangan yang saya temukan di Stamina Typing Tutor adalah tidak adanya animasi tangan diatas keyboard seperti yang biasanya saya temukan di software belajar mengetik lainnya. Stamina Typing Tutor cocok untuk digunakan bagi yang sudah memiliki sedikit skill dasar mengetik, minimal sudah mengetahui posisi jari yang digunakan untuk mengetik masing-masing huruf keywoard.

Download Software Mengetik Stamina Typing Tutor disini

http://typingsoft.com/download.htm

Halaman utama Stamina Typing Tutor

http://typingsoft.com/stamina.htm

 

2. Rapid Typing Tutor

3 Software Mengetik Cepat untuk Belajar Mengetik Seperti Seorang Master

Tidak kalah dengan Stamina Typing Tutor, software ini juga bisa melatih kita untuk bisa mengetik dengan lebih cepat dan akurat. Software ini memiliki tampilan yang berwarna-warni, mungkin tujuannya agar kita bisa memaksimalkan proses latihan mengetik kita. Ya..beberapa kalangan menganggap bahwa ada hubungan antara penggunaan warna dalam meningkatkan memori otak kita saat melakukan sesuatu.

Rapid Typing Tutor memiliki virtual keyboard yang dilengkapi dengan animasi pergerakan tangan, tracking kecepatan dan keakurasian mengetik, serta fitur yang bisa anda gunakan untuk membuat lesson anda sendiri.

Walaupun fiturnya tergolong lengkap, namun saya tidak menyarankan pemula untuk menggunakan software ini. Yup..Rapid Typing Tutor tidak dilengkapi dengan instruksi bagaiman cara mengetik yang benar, selain hanya dari animasi tangan yang bergerak diatas keyboard. Hal ini membuat Rapid Typing Tutor hanya cocok digunakan bagi anda yang memiliki kemampuan mengetik menengah, yang ingin meningkatkan lagi kemampuan mengetik anda.

Download software mengetik Rapid Typing Tutor disini

http://www.rapidtyping.com/downloads.html

Halaman Utama Rapid Typing Tutor

http://www.rapidtyping.com/

 

3. Kiran’s Typing Tutor

3 Software Mengetik Cepat untuk Belajar Mengetik Seperti Seorang Master

Inilah software mengetik yang paling cocok digunakan untuk pemula. Kiran’s Typing Tutor memberikan intro yang sangat lengkap tentang bagaimana teknik mengetik yang tepat, kebiasaan yang tepat, serta postur tubuh yang tepat saat mengetik. Semua latihan tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kita saat berada di depan komputer dan harus menyelesaikan banyak pekerjaan mengetik.

Tidak hanya itu saja, software ini bahkan memberikan berbagai latihan “pemanasan” dan “pelenturan” ssebelum memulai latihan mengetik cepat.

Kiran’s Typing Tutor juga dilengkapi dengan progress report yang menunjukkan seberapa tinggi tingkat akurasi serta kecepatan mengetik yang kita miliki.

Sayangnya aplikasi ini memiliki desain yang masih sangat sederhana. Saya juga masih sering menemukan berbagai masalah seperti layar yang selalu berubah setelah mengetikkan kata, serta error yang muncul ketika kita mengetikkan spasi setelah kata terakhir. Padahal mengetikkan spasi setelah kata terakhir adalah hal yang lumrah saat kita mengetik di dunia nyata.

Hal-hal tersebut membuat Kiran’s Typing Tutor tidak tepat jika digunakan untuk pengguna intermediate. Namun jika anda seorang pemula dalam mengetik cepat, software ini cocok bagi anda.

Download software mengetik Kiran’s Typing Tutor disini

http://www.kiranreddys.com/download/download.php

Halaman Utama Kiran’s Typing Tutor

http://www.kiranreddys.com/products/typing/

Manakah software mengetik yang harus saya pilih ???

Mungkin ada pertanyaan seperti itu di benak anda saat ini. Jika anda bingung memilih mana software mengetik yang anda pilih, berikut ini saya akan membantu anda untuk menentukannya :

1. Jika anda masih sangat pemula dan ingin mengetahui bagaimana caranya teknik mengetik yang benar dan produktif, maka pilihlah Kiran’s Typing Tutor.

2. Jika anda sudah memiliki sedikit teknik mengetik basic, maka langsung saja berlatih dengan Stamina Typing Tutor.

3. Jika anda memiliki kemampuan mengetik yang menengah (intermediate) dan ingin melatih kecepatan serta keakuratan anda mengetik, silahkan langsung menggunakan Rapid Typing Tutor.

Semoga artikel tentang 3 software mengetik cepat ini bermanfaat bagi anda yang ingin bisa mengetik seperti seorang master! Terlebih lagi, saya berharap informasi ini bisa meningkatkan produktivitas kerja anda. Mengetik email bisa lebih cepat, menyelesaikan dokumen kerja bisa lebih cepat, dan akhirnya anda memiliki waktu luang untuk beristirahat dan bersantai sejenak dengan keluarga :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini