15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

Ada banyak hal yang membuat seseorang ingin memperkecil ukuran file foto atau gambar:

  • Pemilik website/blog yang ingin situsnya bisa diload dengan cepat
  • Pemilik website/blog yang ingin menghemat space dan bandwidth server
  • Agar foto atau gambar tidak menghabiskan banyak space di hardisk/flashdisk
  • Agar foto atau gambar bisa diupload dengan lebih cepat
  • Agar pengiriman foto atau gambar melalui email bisa berlangsung cepat
  • dsb
  • Pengguna smartphone yang ingin menghemat paket data saat melakukan upload foto

Memperkecil ukuran file foto tidaklah sulit. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Setiap aplikasi memiliki algoritma dan metode yang berbeda, tetapi secara umum ada 2 jenis metode yang digunakan yaitu Lossy dan Lossless.

Lossy berarti menghilangkan beberapa data dan informasi yang ada di file originalnya, sedangkan lossless tetap mempertahankan data dan informasi tersebut. Tentu saja lossy menghasilkan file yang ukurannya lebih kecil daripada lossless.

Terlepas dari algoritma dan metode yang digunakan, berikut ini adalah 15 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file foto.

 

Kraken.io

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

Kraken adalah aplikasi favorit yang paling sering PG gunakan untuk memperkecil ukuran foto atau gambar. Kamu bisa menggunakan versi web interface secara gratis dengan batasan 1MB per file. Kelebihan Kraken adalah bisa mengupload file dari komputer maupun hanya dengan mempaste URL. Kamu juga bisa memilih metode yang digunakan lossless atau lossy.

Kraken sangat cocok digunakan oleh pemilik website/blog untuk memperkecil ukuran gambar sebelum diupload ke situs mereka. Bahkan mereka juga menyediakan API untuk developer yang tentu saja bisa diakses secara berbayar.

 

JPEGMini

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

JPEGMini bisa memperkecil ukuran foto dan gambar hingga 5 kali lebih kecil tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. JPEGMini berupa software yang tersedia dalam versi Windows dan Mac OS. Dengan menggunakan versi gratisnya kamu bisa memproses hingga 20 gambar setiap hari. Sayangnya JPEGMini hanya bisa digunakan untuk foto yang berformat JPEG saja.

 

Smush.it

Smush.it adalah web apps milik Yahoo yang memperkecil ukuran foto dengan metode lossless.

 

Shrink O’Matic

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

Ini adalah aplikasi berbasis Adobe Air yang bisa memperkecil ukuran file foto dan gambar dengan format JPG, GIF, dan PNG. Selain memperkecil ukuran filenya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto, merotasi foto, dan melakukan auto-rename pada foto.

 

RIOT

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

Dari namanya RIOT sudah terdengar seram. RIOT merupakan kependekan dari Radical Image Optimization Tool. Tools ini bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi foto secara real-time. Hasilnya bisa langsung kamu bandingkan secara side by side. Optimasi yang dihasilkan mampu memperkecil ukuran foto dan gambar tanpa terlalu mengurangi kualitasnya.

 

PNGGauntlet

Sesuai dengan namanya, software ini hanya bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file foto dengan format output PNG. PNGGauntlet memiliki fitur tambahan sebagai converter untuk mengubah format file JPG, GIF, TIFF, dan BMP menjadi PNG. File PNG bakal memiliki file size yang lebih kecil tanpa kehilangan kualitasnya.

 

CompressNow

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

CompressNow memungkinkan kamu memproses 10 gambar sekaligus dengan maksimal ukuran foto per gambar 3MB. Kelebihan CompressNow adalah memiliki slider yang bisa kamu gunakan untuk mengatur besar kecilnya prosentase kompresi yang diinginkan. Web Apps ini mendukung format GIF, JPEG, JPG, PNG.

 

ImageOptimizer

ImageOptimizer merupakan software resize, compress, dan optimasi gambar. Sayangnya versi gratis software ini menambahkan watermark kecil di bagian bawah foto.

 

Trimage

Bagi kamu pengguna Linux, Trimage bisa menjadi tool andalan kamu untuk memperkecil ukuran file foto. Trimage bisa digunakan di Debian, Ubuntu, Arch Linux, Mandriva, OpenSuse, dan distro Linux lainnya. Untuk saat ini Trimage hanya mendukung file dengan format PNG dan JPG.

 

PunyPNG

PunyPNG memamerkan bahwa tool mereka mampu mengkompresi file foto dan gambar dengan lebih baik dibandingkan tool lainnya. Jika tool yang lain hanya mampu mengurangi ukuran file foto sebesar 14% sampai 20%, PunyPNG mampu mengurangi hingga 41%. Hanya saja versi gratis tool ini membatasi kamu untuk mengupload 15 file saja dengan ukuran per filenya maksimal 150KB.

 

TinyPNG

TinyPNG memperkecil ukuran file foto dengan menggunakan teknik lossy, mengurangi jumlah warna yang ada di file PNG. Hasilnya kualitas foto terlihat tidak begitu berbeda tetapi memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil.

Dengan TinyPNG kamu bisa memproses 20 gambar sekaligus dengan ukuran gambar maksimal 3MB per file.

 

FileMinimizer

FileMinimizer bisa memperkecil ukuran file foto dengan format JPG, BMP, GIF,TIFF, PNG, EMF. Software ini memiliki fitur integrasi dengan Facebook sehingga kamu bisa langsung mengupload foto ke Facebook secara langsung.

 

BluBox

Selain untuk mengecilkan ukuran file foto, BluBox juga memiliki fitur tambahan lain seperti mengamankan foto dengan enkripsi, mengirimkan album seluruh foto melalui email, serta preview dan slideshow foto.

 

ImageOptim

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

Aplikasi ini merupakan image compressor khusus untuk Mac. Kamu bisa mengecilkan ukuran file foto dengan format PNG, JPEG, dan animasi GIF. Sama seperti Trimage, aplikasi ini merupakan aplikasi open source.

 

ThinPic

15 Aplikasi Terbaik untuk Memperkecil Ukuran File Foto

ThinPic merupakan aplikasi yang ditujukan untuk pengguna mobile. Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android. ThinPic hanya bisa memproses file foto dengan format JPEG saja.

 

Psydk

Softare ini merupakan software untuk Windows yang bisa memproses file PNG, BMP, GIF, TGA agar memiliki ukuran file yang lebih kecil. Psydk juga mendukung animasi PNG (APNG).

 

Itulah 15 aplikasi terbaik untuk memperkecil ukuran file foto. Ada yang berupa web apps, software, maupun aplikasi mobile. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, mana yang menjadi aplikasi favorit kamu?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Yoga jesay tarigan

    mkasi atas infonya gan..!!

    qq btuh krna latar belakang My BLOG

    hheheh

  • fadelmapel mapel

    yg hasilnya paling bagus n memproses nya tercepat aplikasi yang mana ya…