10 Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Saat pertama membuka komputer dan mendapati desktop sangat berantakan, pasti kamu akan merasa sumpek dan tidak nyaman. Apabila kamu suka kerapian, keindahan, dan kepraktisan untuk sebuah tampilan desktop..maka desktop customization tools mungkin akan membantu untuk membuat tampilan desktop terlihat lebih indah dan rapi, serta bebas dari banyak icon yang mengganggu. Berikut ini PG akan membahas 10 desktop customization tools dengan ciri khas dan konsep masing-masing.

 

Fences

Punya terlalu banyak icon dan malas untuk mengaturnya? Dengan Fences kamu bisa mengatur icon di desktop dengan cara yang lebih intuitif dan terorganisir. Pertama download dan instal pada komputer. Setelah itu bisa langsung dijalankan dan akan secara otomatis mengatur icon menjadi beberapa tab yang tampak hitam transparan.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Tapi jika ingin mengaturnya sesuai keinginan, maka bisa diatur secara manual dengan pilihan yang fleksibel. Kamu bisa membuat tab sendiri dengan nama kategori dan menempatkan semua icon yang berhubungan ke dalamnya. Kamu juga bisa menyembunyikan semuannya hanya dengan satu klik saja.

Download Fences di link berikut ini:

http://www.stardock.com/products/fences/

 

ObjectDock

ObjectDock akan memberikan tampilan desktop dengan fungsi yang sama seperti bar docking pada Mac OS X’s. Bahkan jika kamu menggunakan versi gratis ini mungkin akan terlihat lebih manis daripada dock Mac aslinya. Fungsinya sama seprti dock Mac, yaitu bisa menempatkan shortcut aplikasi atau folder ke dalam dock, menampilkan aplikasi yang sedang berjalan, mengaktifkan serta menyesuaikan efek zoom dan ukurannya.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Posisi dock akan berada pada setiap tepi layar. Dengan begini akan menghemat ruang pada desktop dan bisa dengan mudah memilih aplikasi atau folder hanya dengan melihat bar.

Download untuk ObjectDock pada link berikut:

http://www.stardock.com/products/objectdock/

 

RocketDock

RocketDock sangat mirip dengan ObjectDock, hanya saja RocketDock memiliki fitur yang lebih luas. RocketDock tidak hanya untuk membuat bar docking saja, tapi juga mengubah setiap elemen dari dock menjadi lebih ramping.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

RocketDock juga mendukung alpha-blended PNG dan ICO dengan panel pengaturan yang mudah digunakan, sehingga kamu dapat mengganti icon dari shortcut-shortcut tadi. Interfacenya juga bersih dengan tampilan yang menarik. Untuk info lebih lanjut dan download RocketDock buka link berikut:

http://rocketdock.com/download

 

Tiles

Dengan menggunakan Tiles kamu bisa dengan cepat melihat dan mengelola aplikasi hanya dengan melihat pada tepi layar. Kamu juga bisa menarik software, file atau folder yang sering digunakan di sidebar seperti style dari Windows 8. Kamu juga bisa klik dan swipe pages untuk melihat set yang berbeda pada icon atau menavigasi software yang sedang kamu jalankan.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Selain itu kamu bisa mengatur posisi, ukuran atau bahkan pilihan seperti “Group windows from the same process together“.

Download Tiles:

http://www.stardock.com/products/tiles/downloads.asp

 

Dexport

Dexport akan memberikan virtual desktop untuk menempatkan set yang berbeda dari setiap aplikasi. Ini sangat membantu jika kamu punya banyak pekerjaan atau project yang sedang dikerjakan.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Hal yang membuat Dexport tampak mengagumkan yaitu menyediakan banyak fitur fleksibel dan pengaturan untuk beralih antara satu dekstop dengan desktop virtual lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan efek transisi sederhana untuk elemen yang rumit.

Download Dexport pada link berikut:

http://www.dexpot.de/?id=download

 

Rainmeter

Rainmeter adalah desktop customization tool yang memberikan kemampuan untuk menyesuaikan setiap bagian dekstop beserta widgetnya. Rainmeter mudah digunakan dan fleksibel. Interfacenya pun bersih karena bisa menyingkirkan icon pada desktop dan meletakkannya dengan rapi pada Rainmeter. Besar file Rainmeter hanya sekitar 1.3 MB saja.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Untuk info lebih lanjut dan download Rainmeter buka link berikut:

http://rainmeter.net/cms/

 

Emerge Desktop

Emerge Dekstop akan membuat tampilan desktop bersih tanpa adanya icon yang mengganggu. Setelah reboot, Emerge Desktop akan langsung menyembunyikan icon pada desktop dan menempatkannya pada konteks menu dengan klik kanan untuk mengaksesnya. Dengan begini kamu bisa mengakses aplikasi, program atau folder dimanapun pada Windows.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Emerge Desktop juga dilengkapi dengan bantuan applet, perintah dan tema untuk meningkatkan produktivitas.

Download Emerge Desktop pada link berikut:

http://sourceforge.net/projects/emerge/

 

Stick

Stick akan mengatur dekstop dengan konsep tab. Ada 3 jenis tab yang dimiliki yaitu : News Feed, Navigator, dan Notes. Yang menarik adalah tab navigator karena bisa digunakan untuk menavigasi folder yang ada dan bisa juga sebagai web browser.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Uniknya yaitu jika kamu sudah selesai melakukan navigasi, kemudian klik pada tab maka konten akan disembunyikan tanpa menutupnya. Untuk melihatnya kembali tinggal klik saja pada tabnya.

Download stick pada link berikut:

http://iwonderdesigns.com/project_overview/stick/

 

MyFolders

Hampir sama dengan Emerge Desktop yang menempatkan program, file atau folder pada konteks menu dan klik kanan untuk mengaksesnya, MyFolders juga memiliki fungsi yang sama. Selain itu untuk memindahkan file ke folder tertentu bisa dilakukan dengan klik kanan pada file, kemudian arahkan ke “MyFolders” lalu pilih “Move to” ke folder yang dituju.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Ada juga pilihan “Copy to” yang berfungsi untuk menduplikasi file tertentu ke dalam folder yang berbeda dengan proses yang cepat.

Download MyFolders pada link berikut:

http://www.coretechnologies.com/products/MyFolders/

 

Launchy

Ingin tampilan desktop bersih dan dengan akses yang cepat ke apapun yang kamu inginkan? Launchy  bisa mencarinya untukmu. Proses instalasinya lumayan lama karena butuh waktu untuk membuat search catalog.

Tools Untuk Merapikan Tampilan Desktop

Untuk menjalankannya cukup tekan tombol Alt+Space, lalu ketik nama software, file atau folder yang ingin kamu cari, maka Launchy akan menampilkannya untukmu. Tapi jika proses pencarian gagal, maka kamu bisa menambahkan katalog file secara manual.

Caranya klik icon kemudian akses ke catalog dan klik pada tombol “+” untuk menambahkannya, lalu klik OK dan setelah itu “Rescan Catalog”.  Jadi sekarang kamu tidak perlu mengisi desktop dengan banyak icon, karena Launchy akan mencari file, folder atau aplikasi dengan cepat hanya dengan menekan tombol Alt+Space.

http://www.launchy.net/download.php

 

Sekarang tinggal pilih saja satu dari 10 tools yang sudah PG bahas diatas untuk mempercantik dan merapikan tampilan desktop Windows. Punya tools lainnya? Silahkan dibagikan di kolom komentar dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Solala halawa

    mantap apps….

    makasih ea

  • wah, bagus-bagus gan aplikasinya.. :)

  • lovely

    txs binggo!!

  • Mushtafa Kamal

    yang Launchy gak gratis ya ? :-D

  • Indra Tea

    wahh.. kok malah tambah berat yah windowsnya ka’.. apa tergantung prosesornya kali yah, soalnya saya masih pake laptop jaman dulu

  • Fences sulit download nya –“

  • Arfian Yuliardi

    Mas tutorial dengan Rainmeternya mana? dulu juga kan sudah pernah di bahas tentang rainmeter dan skin.nya tapi belum komplit, Makasih…