3 Platform Gratis Terbaik untuk Membuat Website dengan Mudah

Meledaknya dunia maya membuat website seakan menjadi suatu keharusan untuk dimiliki oleh setiap perusahaan besar maupun kecil..dan bahkan juga oleh perorangan! Tidak peduli apakah perusahaan anda sebesar Kompas Gramedia atau usaha pribadi yang baru merintis, memanfaatkan potensi pasar melalui dunia online bisa menjadi hal yang sangat berarti bagi usaha anda. Bagi perusahaan besar, tentunya bukan hal yang sulit untuk menyewa web developer profesional dan memintanya untuk membuatkan sebuah website sesuai dengan kebutuhan. Tetapi bagi perusahaan kecil atau perorangan yang baru merintis..perlu ada solusi lain yang jauh lebih hemat. Hari ini tugas saya adalah memberikan solusinya untuk anda :)

3 Platform Gratis Terbaik untuk Membuat Website dengan Mudah

Solusi paling mudah dan paling hemat untuk membuat website canggih adalah dengan menggunakan platform Content Management System (CMS). Ada banyak sekali CMS yang bisa digunakan secara gratis, dengan segala macam fitur dan keunggulannya masing-masing. Namun dari sekian banyak itu, saya sudah menyeleksi 3 platform CMS gratis yang bisa digunakan untuk membuat website dengan mudah :

1. WordPress

Wordpress

WordPress merupakan CMS yang sebenarnya lebih ditujukan untuk blogging. Namun pada perkembangannya CMS ini digunakan jauh lebih luas daripada hanya sekedar blogging. Tersedianya berbagai plugin dan themes membuat fungsionalitas WordPress mampu digunakan sebagai web e-commerce (toko online), news (portal berita), sales letter, bahkan hingga dijadikan forum.

Proses instalasinya pun terbilang mudah terutama bagi pemula. WordPress memiliki komunitas developernya yang sangat aktif. Ribuan plugin dan themes bisa didapatkan secara gratis.

Jika anda ingin membuat blog pribadi, portal berita, situs perusahaan, atau situs jual beli sederhana, WordPress bisa menjadi pilihan pertama anda.

Situs Utama WordPress
Plugin WordPress
Themes WordPress
Contoh situs-situs yang menggunakan WordPress

Sebelumnya PusatGratis juga pernah membagikan cara untuk mendapatkan themes WordPress premium dari Theme-Junkie secara gratis dan legal. Jangan dilewatkan ya..baca disini.

2. Joomla

Joomla

Joomla merupakan CMS yang lebih kompleks daripada WordPress. Jika dibandingkan dengan WordPress, pengaturan Joomla sedikit lebih rumit. Seperti halnya WordPress yang memiliki plugin, Joomla juga memiliki banyak extensions untuk memperluas fungsionalitasnya. Extension ini banyak yang bisa didapatkan dengan gratis, namun ada juga yang dijual dengan harga lumayan mahal.

Dengan Joomla, anda bisa membuat portal berita, web perusahaan, toko online, hingga aplikasi online. Jika anda ingin membuat website yang sedikit kompleks, Joomla bisa menjadi pilihan anda.

Situs utama Joomla
Extensions Joomla
Contoh situs-situs yang menggunakan Joomla

3. Drupal

Drupal

Drupal merupakan CMS yang paling tua diantara semua CMS diatas. Dibuat pada tahun 2001 dan sempat booming sebelum akhirnya WordPress dan Joomla muncul. Tapi walaupun tua, Drupal termasuk CMS yang tua-tua keladi. Bagaimana tidak, pengembangannya masih terus dilakukan hingga saat ini. Hal ini tentu tidak lepas dari banyaknya volunteer dan developer Drupal.

Situs utama Drupal
Module Drupal
Themes Drupal
Contoh situs-situs yang menggunakan Drupal

Ya..itulah ketiga platform content management system yang menurut saya merupakan CMS terbaik untuk membuat website dengan mudah, khususnya bagi pemula yang tidak begitu mahir web programming atau web desain.

3 Platform Gratis Terbaik untuk Membuat Website dengan Mudah


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini