Yandex.Disk: Pesaing baru di kancah Cloud Storage dengan Bonus 10GB Gratis

Sudah banyak perusahaan besar yang bersaing di bidang cloud storage. Diantaranya Dropbox, SkyDrive, Box, Amazon Cloud Drive – kesemua layanan cloud ini mendapatkan popularitas bagi para fans masing-masing. Kali ini bertambah lagi Yandex yang ingin bersaing di kancah Cloud Storage. Siapakah Yandex ini?

Yandex adalah perusahaan internet search engine terbesar di Russia dan nomor 5 di seluruh dunia. Cloud lintas platform karya mereka, yaitu Yandex.Disk, menjanjikan akan persaingan ketat setelah perusahaan ini menawarkan 10 GB ruang cloud bagi penggunanya, yang bisa digunakan untuk upload dan berbagi dokumen, musik, foto, video, atau file personal lainnya. Sepertinya mereka tidak ingin kalah dengan Google yang baru saja merilis cloud storage Google Drive dengan space gratis yang hanya 5GB.

Yandex.Disk: Pesaing baru di kancah Cloud Storage dengan Bonus 10GB Gratis

File yang disimpan di Yandex.Disk tersebut bahkan bisa diakses ke internet melalui perangkat apa saja, termasuk iOS dan Android. Desktop client-nya juga bisa digunakan oleh Windows dan Mac OS X. Tak peduli platofm apapun yang kamu gunakan, kamu bisa mengakses dan meng-upload file dan semuanya akan disinkronkan secara langsung! Akan tetapi untuk sementara ini, Yandex.Disk masih dikhususkan untuk mereka yang mendapatkan undangan. Jadi kamu yang tertarik, bisa mencoba meminta undangan (request for invitation) di:

http://disk.yandex.com/

Terus terang perlu waktu beberapa hari bagi saya (sampai agak lupa malah) baru saya menerima undangan dari Yandex ini. Bila sudah menerima undangan, maka kamu akan bisa mengakses situsnya serta memanfaatkan cloud storage-nya. Bahkan kamu akan mendapatkan alamat email baru gratis yang ber-ekstensi @yandex.com

Bonus dari Yandex memang menggiurkan. 10 GB gratis bila kamu mampu memenuhi ‘quest’ dari Yandex, sebagaimana halnya bonus dari Dropbox. Tapi bila kamu tidak melaksanakan quest tersebut-pun, kamu tetap mendapatkan 3GB gratis ruang penyimpanan. Dari sini kamu juga bisa mendownload aplikasi untuk desktop client, sehingga kamu tidak perlu susah-susah meng-upload file dari PC atau laptop kamu. Cukup letakkan file yang ingin kamu simpan di cloud pada folder Yandex

Yandex.Disk: Pesaing baru di kancah Cloud Storage dengan Bonus 10GB Gratis

 

Yandex juga menjanjikan akses lintas platform, meliputi Android dan iOS. Ini merupakan tawaran yang menarik karena memang cloud computing akan sangat membantu kita dalam bekerja, apalagi bila pekerjaan kamu banyak berhubungan dengan internet.

Yandex.Disk: Pesaing baru di kancah Cloud Storage dengan Bonus 10GB Gratis

 

Memang masih perlu waktu panjang bagi Yandex apakah ia dapat menyamai kecepatan upload dua raksasa cloud computing saat ini, yaitu Dropbox dan Google Drive. Tapi melihat reputasi Yandex, maka kualitas tersebut bisa diharapkan. Untuk kamu yang hobi menggunakan cloud computing, bisa mencoba Yandex.Disk sebagai alternatif penyimpanan cloud kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini