Warning: Dropbox Dihack! Selamatkan Akun Kamu Segera!

Seperti yang kita ketahui, Dropbox adalah salah satu cloud storage paling populer di dunia dan banyak digunakan oleh orang-orang (PG juga pakai loh…). Namun, popularitas Dropbox ini seperti pedang bermata dua. Hacker usil mulai tergoda untuk ‘mengutak-atik’ cloud storage favorit masyarakat ini. Beberapa minggu terakhir ini, para pengguna Dropbox mengeluhkan meningkatnya spam ke email yang mereka gunakan untuk Dropbox. Setelah dilakukan penyelidikan, Dropbox pun mengumumkan bahwa spam tersebut memang berkaitan dengan ‘kebocoran’ pada celah keamanan Dropbox.

Dropbox telah dihack dan banyak username dan password dicuri! Salah satu akunnya bahkan adalah pegawai Dropbox sendiri dan ia memiliki file yang berisi alamat email para pengguna Dropbox. Dokumen ini adalah penyebab banyaknya pengguna Dropbox yang menerima spam.

Warning: Dropbox Dihack! Selamatkan Akun Kamu Segera!

Terkait dengan masalah spam ini, juga pencurian username dan password dari beberapa pengguna Dropbox, perusahaan cloud storage ini telah menghubungi para pengguna yang dirugikan dan menginformasikan tentang kebocoran ini sehingga mereka bisa mengubah password mereka. Dropbox juga memperkenalkan fitur keamanan baru untuk membantu mencegah kejadian seperti ini terulang lagi. Fitur tersebut adalah:

  • Otentifikasi dua faktor (Two-factor authentication), opsi tambahan yang memerlukan dua fungsi identitas (sudah diperkenalkan di Yahoo, Facebook, Gmail, dan Outlook). Fasilitas ini akan hadir beberapa minggu lagi.
  • Mekanisme otomatis untuk membantu mengenali aktivitas mencurigakan. Fitur ini akan segera diumumkan.
  • Halaman Dropbox yang memungkinkan kamu mengamati login aktif ke akun kamu. Kunjungi:
  • https://www.dropbox.com/login?cont=https%3A//www.dropbox.com/account#security
  • Dalam beberapa kasus, dropbox mengharuskan kamu mengubah password kamu.

Tak lupa pula PG menyarankan perlindungan mendasar saat ini: Ganti password kamu dengan segera untuk menghindari hacker memanfaatkan isi akun kamu. Aplagi bila kamu memiliki konten spesifik dalam akun kamu.

PG akan terus menginformasikan kelanjutan permasalahan ini!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini