Ubah Foto Koleksimu menjadi Video Pendek dengan Animoto

Apakah kamu punya banyak foto kenangan kamu dengan seseorang yang spesial? Akan sangat keren bila untuk merayakan momen spesial tersebut, kamu membuat sebuah video berdurasi singkat untuk mengenang semua yang telah dialami bersama oleh kamu dan pasangan kamu. Tapi, kalau kemampuan editing video kurang memadai, bagaimana nih? Apalagi bingung kalau harus mengoperasikan software video editing… Jangan kuatir! Kamu bisa memanfaatkan Animoto.

Animoto adalah web aplikasi yang dapat membantu kamu membuat video pendek dengan efek dan ‘kemasan’ keren yang bisa kamu pilih sendiri. Sayangnya, untuk membuat video panjang di Animoto ini, kamu harus mendaftar fitur berbayarnya. Fitur gratis Animoto hanya dapat dimanfaatkan untuk membuat video sepanjang 30 detik, lalu men-sharenya di jejaring sosial. Tapi apabila keterbatasan tersebut sudah cukup buat kamu, maka manfaatkanlah web aplikasi ini!

Layar pembuka Animoto. Kamu perlu mendaftar terlebih dahulu untuk dapat memanfaatkan fitur dari Animoto.

Ubah Foto Koleksimu menjadi Video Pendek dengan Animoto

Bila sudah masuk, Animoto akan memberikan tutorial singkat tentang bagaimana kamu bisa memanfaatkan web aplikasi ini. Kamu bisa mempelajari lebih dulu cara-caranya.

Ubah Foto Koleksimu menjadi Video Pendek dengan Animoto

Pertama-tama, kamu perlu meng-upload foto atau gambar untuk bahan video tersebut. Kamu bisa mengambilnya dari hard drive kamu, atau dari jejaring sosial seperti Facebook, Flickr, dan banyak lagi.

Ubah Foto Koleksimu menjadi Video Pendek dengan Animoto

PG mencoba memasukkan foto dari Hard Drive PG guna membuat sebuah video pendek. Setelah memasukkan video, kamu bisa memilih ‘gaya’ atau ‘kemasan’ dari video kamu. Banyak opsi yang diberikan oleh Animoto untuk kamu. Kamu bisa memilih untuk membuat video gratis sepanjang 30 detik dengan meng-klik opsi “Make a 30 Seconds video” pada ‘gaya video’ yang kamu pilih.

Ubah Foto Koleksimu menjadi Video Pendek dengan Animoto

Setelah jadi, kamu bisa meng-uploadnya di jejaring sosial. Sayangnya video ini tidak bisa didownload, karena server Animoto mengharuskan kamu untuk membayar bila ingin mendownload video tersebut. Akan tetapi, kamu tetap bisa menikmatinya dari server animoto. Tapi bagi kamu pengguna IDM, kamu bisa sedikit ‘mencurangi’ Animoto dengan cara mendownloadnya lewat IDM. Hehe… File hasil download kamu nantinya akan berformat mp4.

Ubah Foto Koleksimu menjadi Video Pendek dengan Animoto

Karya singkat hasil percobaan PG bisa dilihat di:

http://animoto.com/play/mOXMDHkNgOEXKkugBJioYw#

Bila kamu tertarik untuk membuat video di Animoto, kunjungi:

http://animoto.com/

Mungkin untuk kamu yang menginginkan video panjang yang lebih sempurna, situs ini kurang menjanjikan. Akan tetapi bila sudah cukup bagi kamu memiliki video pendek selama 30 detik, maka manfaatkan saja fitur Animoto ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Mas Karso

    Terimakasih infonya, mau ikutan nyoba ah……