Suka Mengedit Audio Bareng Temen? Cobalah Gobbler!

Layanan cloud memang semakin populer hari demi hari. Sebelumnya, hanya ada layanan seperti Dropbox yang memungkinkan kamu mensinkronkan data ke cloud dan kemudian bisa memanfaatkannya kapanpun dibutuhkan.

Seiring berjalannya waktu, raksasa teknologi seperti Google dan Microsoft telah meluncurkan layanan cloud mereka masing-masing dengan integrasi yang luar biasa dengan produk mereka sendiri dan memungkinkan pengguna mensinkronkan data tanpa menggunakan klien pihak ketiga.

Dengan adanya layanan cloud ini, bahkan kamu tidak perlu membawa flashdisk kemana-mana, cukup mensinkronkan data di Cloud dan mengaksesnya dari manapun. Kemudian berkembang juga layanan cloud yang memberikan layanan lebih spesifik, seperti Gobbler yang khusus digunakan untuk melakukan backup, transfer, dan memanajemen file proyek audio.

Mengedit Audio

Pada awalnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk Mac, dan versi windows-nya baru saja dirilis. Dukungan tool untuk mem-backup file audio dari berbagai DAW (Digital Audio Workstation), meliputi Avid Pro Tools, Apple Logic, Ableton Live, Steinberg Nuendo, Steinberg Cubase, Propellerhead Reason, Propellerhead Record, Presonus Studio One, Ockos Reaper, dan Apple GarageBand menjadikannya Raja di wilayahnya sendiri, yaitu file proyek audio.

Fitur utama aplikasi ini meliputi kapabilitas untuk memonitor file dan melakukan backup terhadap perubahan yang dilakukan pada audio file tersebut secara real time. Kamu juga bisa melihat versi file audio sebelumnya dengan melihat snapshot proyek. Proses backup memungkinkan kamu membuat backup file dan lokasi target, misalnya bila kamu menggunakan hard disk eksternal, dan perangkat tersebut putus koneksi, maka program tersebut secara otomatis akan berhenti dan akan berlanjut bila kamu menghubungkan hard drive tersebut lagi.

Kamu bisa mendownload aplikasi Gobbler dengan mengunjungi homepage Gobbler di:

https://www.gobbler.com/

Disitu kamu perlu mendaftarkan diri dulu. Gobbler akan mengirimkan link ke akun email kamu, baru kamu bisa mendownload aplikasinya.

Setelah meng-install-nya, kamu bisa login dengan menggunakan akun email kamu.

Interface Gobbler merupakan ruang kerja sederhana, dimana kamu bisa mengirim dan menerima file audio dengan cukup melakukan drag and drop dari ruang kerja ini.

Gobbler

 

Dengan meng-klik send file, kamu bisa mengirimkan proyek file audio kamu kepada teman kamu yang berkolaborasi mengerjakan file tersebut.

Suka Mengedit Audio Bareng Temen? Cobalah Gobbler!

 

Setting pada preference memungkinkan kamu secara otomatis melakukan scan pada hard disk serta mengumpulkan file-file audio kamu apabila dibutuhkan.

Suka Mengedit Audio Bareng Temen? Cobalah Gobbler!

 

Aplikasi dengan fasilitas Cloud Storage ini cocok digunakan untuk kamu yang berprofesi sebagai musisi atau arranger/composer. Kamu bisa dengan mudah bekerjasama mengerjakan sebuah file audio mentah dengan teman-teman melalui aplikasi ini meskipun lokasi kamu terpisah dengan teman-teman yang lain.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini