Situsnya yang Down atau ISP-nya yang Error..??

Pernahkah kamu gagal mengakses website dan penasaran apakah situsnya yang down atau ISP nya yang error? Jujur saja PG dulu cukup sering mengalaminya: gagal mengakses website tertentu karena ada masalah koneksi di ISP yang PG gunakan (Speedy).

Situsnya yang Down atau ISP-nya yang Error..??

Saat kamu gagal menunjungi suatu website tetapi masih bisa mengunjungi website lainnya, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Website tersebut memang down
  • ISP yang kamu gunakan bermasalah hingga tidak bisa membuka website tersebut
  • Website tersebut memblokir kamu
  • ISP memblokir website tersebut

Dan daripada kamu menebak-nebak apa yang menjadi penyebab kamu tidak bisa mengaksesnya, PG punya trik yang bisa kamu gunakan untuk memastikannya.

Cek saja situs yang tidak bisa kamu akses tersebut di Down for Everyone or Just Me. Pertama buka situs tersebut disini

http://www.isup.me/

Lalu masukkan alamat website yang tidak bisa kamu akses dan tekan Enter

Situsnya yang Down atau ISP-nya yang Error..??

Layanan tersebut akan melakukan pengecekan apakah hanya kamu saja yang tidak bisa mengakses website tersebut ataukah semua orang. Menurut analisa PG, layanan ini melakukan pengecekan dengan mengirim Ping dari server yang tersebar di berbagai negara.

Jika hasilnya It’s just you, “alamat website” is up. Maka itu tandanya hanya kamu saja yang tidak bisa mengakses situs tersebut. Permasalahan tidak terletak pada websitenya.

Situsnya yang Down atau ISP-nya yang Error..??

Bisa jadi ISP kamu yang bermasalah, website tersebut memblokir kamu dari mengaksesnya, atau website tersebut diblokir oleh ISP. Kamu bisa langsung complain ke layanan support ISP untuk melaporkannya. Jika kamu pengguna Speedy, laporan bisa dilakukan melalui Twitter di TelkomCare

Jika hasilnya it’s not just you! “alamat website” looks down from here, maka artinya website tersebut memang sedang down dan tidak hanya kamu saja yang mengalaminya. Masalah bukan ada di pihak kamu tetapi memang ada di pihak website tersebut.

Situsnya yang Down atau ISP-nya yang Error..??

Dengan melakukan pengecekan menggunakan tools ini, kamu bisa lebih mudah mengetahui penyebab tidak bisa dibukanya suatu website. Jika ternyata permasalahan bukan dari websitenya, maka kamu bisa langsung kontak support agar permasalahan tersebut bisa segera diselesaikan.

Semoga bermanfaat ;)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini