Sejarah Berdirinya YouTube – Memperingati Ulang Tahun YouTube yang Ke-7!

Dimulai dari sebuah garasi pada tahun 2005, kini YouTube telah berkembang dengan “amat sangat pesat sekali”! Bayangkan saja, situs video sharing yang domainnya baru diregister 14 Februari 2005 ini, kini telah menjadi situs video sharing terbesar di dunia dengan penghasilan lebih dari 1 miliar dolar per tahun! Ini adalah pencapaian yang fantastis. Bagaimana sejarah berdirinya YouTube hingga mencapai kesuksesan yang begitu bersinar?

YouTube dibuat oleh 3 orang mantan pegawai Paypal pada Februari 2005, dimana pengguna bisa mengupload, melihat dan berbagi video. Ketiga orang tersebut adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Mereka mendaftarkan domain YouTube.com tepat pada 14 Februari 2005.

3 Pendiri YouTube

3 Pendiri YouTube

Seperti kebanyakan startup lainnya, YouTube memulai projectnya dengan dana dari angel-investor (sebutan untuk investor informal perorangan yang sering menginvestasikan uangnya ke perusahaan/startup baru) dan memulai karirnya dari garasi. Butuh 3 bulan bagi mereka untuk membuat YouTube dan akhirnya mereka merilis YouTube secara publik pada bulan Mei 2005.

Kantor pertama YouTube terbilang sangat kecil. Kantor ini ada di lantai dua, persis berada diantara restoran Pizzera dan Japanese Cuisine. Pintu masuknya adalah pintu kecil yang diapit oleh dua restoran besar ini. YouTube berada di kantor ini hingga Oktober 2006.

Kantor Pertama YouTube diapit Pizzera dan Japanese Cuisine

Kantor Pertama YouTube diapit Pizzera dan Japanese Cuisine

Video pertama yang diupload di YouTube adalah video Jawed Karim ketika di sebuah kebun binatang. Berikut ini adalah video yang diupload sendiri oleh pendiri YouTube kala itu

6 bulan sejak diperkenalkan ke publik, YouTube akhirnya mendapatkan investasi 3,5 juta dolar dari Sequoia Capital. Setelah itu masih dilanjutkan lagi dengan tambahan 8 juta dolar dari Sequoia and Artis Capital pada April 2006.

Sejak saat itu YouTube mencapai berbagai pencapaian brilian, misalnya saja didaulatnya YouTube sebagai salah satu website yang paling cepat berkembang di dunia. Saat itu YouTube bahkan berada di peringkat 5 situs teramai di dunia versi Alexa, mengalahkan MySpace yang sudah berdiri jauh sebelum YouTube.

Tidak lama berselang, akhirnya YouTube diakuisisi oleh Google dengan nilai yang sangat fantastis yaitu 1,65 miliar dolar pada 9 Oktober 2006! Google pun akhirnya semakin melejitkan YouTube hingga “menggila” seperti saat ini.

Kantor Kedua YouTube yang Mulai Ditempati pada Bulan Oktober 2009

Kantor Kedua YouTube yang Mulai Ditempati pada Bulan Oktober 2009

Hari ini YouTube tepat berusia 7 tahun. Dengan pencapaian 72 jam durasi video yang diupload ke YouTube setiap menitnya serta 4 juta video yang dilihat setiap harinya, YouTube menghasilkan milyaran dolar per tahun untuk Google dalam usianya yang masih 7 tahun.

Sejarah Berdirinya YouTube - Memperingati Ulang Tahun YouTube yang Ke-7!

Berikut ini adalah video ulang tahun yang dibuat oleh Google untuk memperingati ulang tahun YouTube yang ke 7

Selamat ulang tahun YouTube!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini