QikPad: Web Apps untuk Saling Bantu Mengerjakan Coding, Script atau Dokumen Lainnya

Belajar coding dan script untuk beberapa orang memang mengasyikkan. Tapi kadang bete juga begitu sudah mencoba menjalankannya, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Fungsi-fungsi yang diharapkan tidak berjalan baik. Kalau sudah begini, enaknya minta tolong siapa yaaa?…

Beberapa saat yang lalu PG mereview tentang aplikasi Qtrace yang salah satu manfaat utamanya adalah memeriksa bug pada coding project atau script yang kamu buat. Nah masih tetap untuk kamu-kamu yang sedang asyik-asyiknya belajar coding dan script, kali ini ada web aplikasi yang memungkinkan kita untuk saling bantu dan koreksi dalam mengerjakan proyek coding dan script, yaitu QikPad.

QikPad adalah web aplikasi kolaboratif yang memungkinkan kamu untuk membuat, memperbaiki dan mengubah informasi dalam suatu lingkungan kolaboratif. Degnan menggunakan author color codes, kita bisa dengan mudah mengidentifikasi perubahan pada sumber. Web aplikasi ini juga memiliki EtherPad Lite Timeslider yang memungkinkan kamu untuk melacak perubahan pada teks yang kamu buat.

Bahkan kamu bisa membagikannya lewat situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+ serta meng-ekspornya dalam bentuk plain text, HTML dan Wordle. Web Aplikasi ini juga dilengkapi dengan chat bar yang memungkinkan kamu bercakap-cakap dengan sesama penyuka pemrograman yang saling bantu memperbaiki teks script yang kamu buat.

Langsung saja kunjungi Qikpad di:

http://qikpad.co.uk/

Untuk masuk ke QikPad, bahkan kamu tidak memerlukan login. Kamu cukup menuliskan namamu dan langsung masuk, serta bisa mulai berinteraksi dan meminta bantuan untuk menganalisis dokumen script kamu.

QikPad

Di workspace yang luas ini, kamu bisa mengkopikan script yang kamu tulis, kemudian menunggu seseorang membantu untuk membenahinya nanti.

QikPad: Web Apps untuk Saling Bantu Mengerjakan Coding, Script atau Dokumen Lainnya

Kalau tidak ada yang kunjung tiba, kamu bisa mengundang teman-teman kamu dari komunitas pemrograman lewat jejaring sosial yang disediakan dalam web aplikasi ini. Seperti yang kita tahu, sesama penyuka program biasanya saling bantu terkait ‘utak atik’ program. Itulah sebabnya begitu banyak aplikasi yang tersebar secara outsourcing.

QikPad: Web Apps untuk Saling Bantu Mengerjakan Coding, Script atau Dokumen Lainnya

Mungkin kelemahan yang PG temukan, web aplikasi ini mungkin karena masih baru, masih agak sepi pengunjung. Tapi hal itu bisa diatasi dengan cara mengundang teman-teman lain lewat jejaring sosial.

Jadi, selamat belajar pemrograman dengan asyik dan saling bekerjasama!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini