Polisi Menggerebek PRQ Hosting, Puluhan Situs File Sharing Mati

Siapa yang tidak kenal dengan The Pirate Bay? Itu adalah salah satu situs torrent portal terbesar di dunia! Hari ini The Pirate Bay dan puluhan situs file sharing lainnya mati. Kabarnya, matinya situs tersebut dikarenakan Polisi Swedia menggerebek perusahaan hosting PRQ, tempat server Pirate Bay dan banyak situs file sharing lainnya.

PRQ hosting adalah perusahaan hosting yang berpusat Stockholm, Swedia. Hosting ini sangat terkenal karena digunakan oleh berbagai situs paling kontroversial di dunia, antara lain Wikileaks, Pedhophile.se, The Pirate Bay, serta berbagai situs file sharing dan torrent portal lainnya.

Penggerebekan ini disinyalir merupakan operasi untuk mengurangi pembajakan atau pelanggaran hak cipta. Pemilik PRQ, Mikael Viborg, membernarkan bahwa polisi baru saja menggerebek perusahaan hosting miliknya dan mengambil 4 server.

Polisi Menggerebek PRQ Hosting, Puluhan Situs File Sharing Mati

gambar ilustrasi

Pihak The Pirate Bay sendiri menyanggah jika matinya situs mereka diakibatkan oleh penggerebekan polisi Swedia. Mereka mengatakan bahwa The Pirate Bay mati karena adanya kerusakan Power Distribution Unit (PDU). Butuh waktu beberapa saat untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali situs tersebut.

Akhir-akhir ini memang polisi sangat gencar dalam memerangi pembajakan. Setelah penggerebekan bos Megaupload oleh FBI, situs-situs file sharing lainnya ketakutan dan mulai berguguran seperti terkena efek domino.

Kini hosting tempat berbagai torrent portal dan the pirate bay digerebek oleh Polisi Swedia. Kita tinggal menunggu drama seperti apa yang menjadi kelanjutan dari upaya memerangi pelanggaran hak cipta ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini