Pengguna Dropbox? Gunakan Verifikasi Ganda Agar Datamu Semakin Aman!

Mungkin kamu masih ingat, dalam artikel “Warning: Dropbox Dihack! Selamatkan Akun Kamu Segera!” PG menuliskan tips-tips untuk menghindari agar jangan sampai akun kamu diambil alih hacker yang mencuri data-data Dropbox tersebut. Salah satunya, PG menyebutkan bahwa Dropbox akan menyiapkan fitur verifikasi ganda yang sudah digunakan oleh Facebook dan Gmail untuk lebih memperketat keamanannya. Nah, kabar gembiranya, fitur tersebut telah siap, dan kamu bisa meningkatkan keamanan kamu sekarang dengan memanfaatkan fitur verifikasi ganda atau Two-Step Verification.

Pengguna Dropbox? Gunakan Verifikasi Ganda Agar Datamu Semakin Aman!

Kamu bisa langsung menuju ke akun Dropbox kamu untuk mengaktifkan fitur verifikasi ganda tersebut. Caranya gampang. Klik nama kamu di bagian kanan atas layar akun kamu, lalu pilih Setting dari menu yang keluar disitu.

Pengguna Dropbox? Gunakan Verifikasi Ganda Agar Datamu Semakin Aman!

Di bagian menu Setting, pilih Tab Security dan langsung saja menuju ke bagian Account sign in di bagian bawah. Kamu tinggal mengklik tombol Change untuk mengeluarkan wizard yang akan menuntun kamu melakukan konfigurasi fitur keamanan. Disini kamu perlu melakukan verifikasi tambahan dengan cara menggunakan ponsel, atau memanfaatkan aplikasi perangkat mobile yang tersedia untuk Android, iPhone, BlackBerry atau Windows.

Pengguna Dropbox? Gunakan Verifikasi Ganda Agar Datamu Semakin Aman!

Jika kamu memilih opsi sms (text messaging), maka kamu akan menerima SMS ketika kamu mencoba login ke website Dropbox atau membuka akun kamu di tempat lain. Kamu perlu memasukkan kode pada saat login setelah kamu memasukkan username dan password. Aplikasi mobile bekerja dengan cara yang sama, kamu akan menerima kode yang perlu kamu masukkan terlebih dahulu.

Jika ada yang berusaha masuk ke akun Dropbox kamu, maka ia tidak hanya memerlukan username dan password kamu, tapi juga kode khusus yang dikirim ke ponsel kamu oleh server Dropbox.

Sayangnya, mungkin karena masih dalam versi beta, PG beberapa kali menemui kesulitan ketika memasukkan kode. Padahal sudah benar, tapi terkadang ditolak oleh Dropbox, tapi beberapa waktu kemudian, kode tersebut bisa digunakan untuk masuk. PG yakin tidak akan lama lagi Dropbox akan segera merilis versi Finalnya. Jangan khawatir, PG akan terus mengabarkannya kog..stay tuned! :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini