New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Mungkin nama Kaskus sudah  tidak asing bagi kamu. Forum besutan Andrew Darwis pada tahun 2000 yang menyebut dirinya sebagai Komunitas Terbesar di Indonesia tersebut baru saja berulang tahun 6 November yang lalu dan juga memberi ‘kejutan’ kepada para usernya dengan meluncurkan new engine untuk Forum tersebut, yang populer dengan sebutan New Kaskus.

Selain itu Kaskus juga mengumumkan aneka fitur baru untuk layanan website mereka yang diharapkan akan menarik perhatian user. Ini dilakukan mungkin atas tuntutan keberlangsungan bisnis, dimana mungkin beberapa tahun yang lalu, Kaskus sebagai website yang memberikan fasilitas para user untuk melakukan jual beli serta tempat yang asyik untuk ‘nongkrong’, mungkin relatif berjalan sendiri tanpa saingan. Namun kini banyak Forum toko online yang mulai ramai dikunjungi, sehingga secara tidak langsung juga berpengaruh pada tingkat penggunaan Kaskus. Hingga saat ini mungkin untuk popularitas, Kaskus relatif dapat bertahan karena bukan hanya sebuah Forum atau website, Kaskus berhasil menciptakan budaya dan komunitas yang kuat di kalangan usernya. Ini menciptakan segmen user yang loyal terhadap Kaskus.

Anyway, mari kita tengok apa saja sih yang ditawarkan PT. Darta Media, developer Kaskus, untuk usernya melalui New Kaskus…

Pertama-tama tampilan yang fresh dan segar. Warna-warna yang cerah mendominasi dan berkesan futuristik. Kaskus menawarkan empat kelompok tab penting, yaitu Forum, dimana user bisa saling berinteraksi. Jual Beli, dimana kamu bisa memanfaatkannya secara gratis untuk mempromosikan barang dagangan kamu. Groupee ini adalah fasilitas untuk membentuk kelompok-kelompok dengan minat spesifik di Kaskus. Misalnya penggemar anime, penggemar SNSD, penggemar JKT48, dan sebagainya. KaskusRadio adalah fasilitas radio online dimana kamu bisa request lagu atau sekedar mendengarkan lagu yang diputar oleh para DJ Kaskus.

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Belum punya ID di Kaskus? Lebih baik kamu mendaftar lebih dahulu dengan mengklik tombol Register. Karena untuk Forum mana saja, lebih asyik berinteraksi dengan memiliki keanggotaan member daripada tidak.

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Mengklik Tab Forum, maka kamu akan mendapatkan tampilan sebagai berikut. Di panel utama ada tampilan thread yang dikategorikan sebagai Hot Thread, yang mana merupakan kumpulan thread menarik yang dipilih oleh Kaskus sendiri dan diharapkan akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para Kaskuser (Kaskus User). Thread yang masuk dalam daftar ini berganti dalam jangka waktu tertentu, biasanya kurang dari 24 jam kecuali untuk thread yang dianggap penting.

Scroll ke bawah, maka kamu akan mendapati Forum dan Sub-Forum khusus yang dikelompokkan sesuai dengan minat tertentu. Disinilah biasanya Kaskuser dengan minat spesifik saling berinteraksi.

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Mengklik Tab Jual Beli, maka kamu akan dibawa ke Forum Jual Beli Kaskus atau yang populer disebut FJB. Disini kamu bisa mencari atau membeli barang yang kamu inginkan secara online. Saran PG, karena ini merupakan fasilitas yang bisa digunakan secara gratis, gunakan secara bijaksana dan juga waspadai penipuan online. Cari seller yang terpercaya dan jangan mentransfer uang besar secara langsung. Di Kaskus, kamu bisa memanfaatkan jasa Rekening Bersama (Rekber), dimana para pemilik Jasa Rekber ini biasanya sudah terpercaya. Prosedurnya, kamu mentransfer kepada pemilik Jasa Rekber. Kemudian ketika barang sudah diterima, baru pemilik Jasa Rekber inilah yang akan mentransfer uang tersebut kepada seller. Dalam memilih Jasa Rekber, disarankan untuk memakai Jasa Rekber dari kota yang sama, sehingga kamu bisa meminta pertanggungjawaban pemilik jasa secara langsung. Sistem ini cukup berhasil dalam mencegah penipuan online.

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Kaskus Radio merupakan salah satu sarana yang asyik untuk hangout. Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu pilihan kamu dan juga request lagu kepada para DJ. Perhatikan aturan yang berlaku di KR (Kaskus Radio).  Kamu juga perlu sedikit bersabar karena banyak sekali request yang masuk ke DJ Kaskus Radio ini. Biasanya tiap kota besar punya DJ Kaskus radio sendiri. Jadi kalau kamu adalah seorang Kaskuser, dekati saja DJ yang ada di kotamu agar request cepat diputarkan. Hehe…

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Nah, cukup dengan fitur utama Kaskus. Sekarang apa saja sih fitur yang ditawarkan kepada para usernya? Nampaknya Kaskus berupaya menggabungkan bentuk Forum dengan social media, sehingga setiap user akan mendapatkan fitur yang mirip Timeline, dimana Kaskuser bisa mengetahui post dari teman-temannya. Ini mengingatkan kita pada fitur milik Twitter dimana kamu bisa mengetahui apa saja yang di-Twit teman-temanmu secara langsung. Kaskus juga memberikan fitur stalking dimana nantinya komen dari ID yang kamu stalking akan ditampilkan terlebih dahulu di barisan teratas. Cara ampuh untuk PDKT ke ID tertentu?

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Dari window user ini juga kamu bisa mengakses Post dan thread milik kamu, thread yang sudah kamu subscribe, juga bisa meminta layanan lebih dari Kaskus dengan mengklik Opsi Kaskus Store. Kaskus menawarkan paket donatur, dimana dengan membayar IDR 30,000 per bulan kamu bisa memperoleh fasilitas tambahan seperti hilangnya iklan, post tanpa perlu memecahkan captcha, dan juga memiliki akses ke Donatur Forum. Cukup murah bukan?

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Masih bingung dengan pemakaian Kaskus? Kamu bisa membaca-baca di Kaskus Guide yang terdapat di bagian bawah layar kamu. Namun, dalam berinteraksi di sebuah Forum, tidak ada cara yang lebih cepat untuk mengetahui bagaimana budaya dan keasyikan dalam memanfaatkan forum tersebut selain interaksi secara langsung. Serunya ngaskus rata-rata diketahui setelah mencobanya sendiri!

 

New Kaskus: Tampilan Baru Komunitas Terbesar di Indonesia

Namun, sesuatu yang baru tentu saja tak lepas dari kritik. Masih banyak user yang mengeluhkan bug di New Kaskus, tampilan layar terlalu cerah sehingga ‘menyilaukan’ dan menjadikan Kaskuser tidak betah berlama-lama menatap layar super cerah tersebut, juga beberapa keluhan lain yang sampai saat ini sedang dibenahi oleh PT. DMI selaku developer Kaskus.

Kamu bisa mengunjungi Kaskus di:

http://www.kaskus.co.id/

Kaskus sebagai sebuah Forum menawarkan banyak hal. Disini kamu bisa mendapat pengetahuan tentang bidang tertentu serta mendapatkan teman-teman dengan minat yang serupa. Misalnya kamu penggemar anime, maka kamu bisa bergabung dengan forum AMH yang memfasilitasi para penggemar anime untuk saling berdiskusi. Penggemar bola bisa bergabung dengan Forum Sport untuk berdiskusi tentang tim sepakbola kesayangan, selain itu kamu juga mendapatkan fasilitas untuk ‘berdagang’ online dengan memanfaatkan FJB Kaskus. Di waktu santai, kamu juga bisa membaca-baca thread (dalam budaya Kaskus sering disebut trit) ringan yang pasti menghibur sekaligus menambah pengetahuan kamu. Misalnya, kamu juga bisa menemukan thread tentang Pusat Gratis di Kaskus.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini