Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

Begitu banyak sumber pengetahuan yang dapat kita temukan di Internet. Kamu bahkan bisa mendapatkan berbagai macam pengetahuan terkait fisika, kimia, sosial, psikologi, teknologi, dan banyak lagi. Bila banyak artikel yang ingin kamu baca, tapi waktu tidak mengizinkan, tentu saja akan lebih mudah bila kamu melakukan bookmark terhadap artikel-artikel tersebut. Memang lebih mudah bila kamu langsung melakukan bookmark dengan menggunakan fitur browser kamu. Akan tetapi untuk berjaga-jaga bila mungkin terjadi crash program atau situasi dimana komputer kamu harus di-install ulang sehingga seluruh bookmark kamu hilang, maka  kamu bisa memanfaatkan bookmark secara online.

Delicious adalah salah satu alternatif bookmark secara online. Bukan saja melakukan bookmark, Delicious juga memudahkan kamu untuk mencari informasi dengan memanfaatkan tagar (tanda pagar alias hashtag) dan tanda @ untuk mencari berbagai informasi menarik yang dimiliki orang lain yang mungkin sesuai dengan selera kamu. Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

 

Kabar baru dari Delicious, layanan ini pernah dibeli oleh Yahoo pada tahun 2005 dan kemudian dijual kepada AVOS pada tahun 2011. AVOS kemudian meluncurkan ulang layanan ini dalam mesin baru yang diharapkan lebih canggih dan mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan pengguna.

Peluncuran baru Bookmark ini disesuaikan dengan tren Facebook dan Twitter, dimana selain kamu bisa memanfaatkan akun dua jejaring sosial ini untuk mendaftar, kamu juga akan mendapatkan fasilitas yang mirip seperti penggunaan hashtag dan @ yang dapat memudahkan kamu melakukan bookmark. Kamu juga bisa men-share bookmark kamu di Facebook dan Twitter secara langsung.

But after four months of slumber, the Delicious blog sprung into action today and launched a few new features that could make the site a bit more interesting for those of us who long ago abandoned social bookmarking for social networks like Twitter and Facebook.

Sebelum kamu memanfaatkan bookmark, kamu akan diminta membuka akun terlebih dahulu di Bookmark, atau langsung saja menggunakan akun Facebook atau Twitter. Klik pada “Join Delicious” yang terdapat di halaman utama atau pojok kanan atas.

Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

 

PG menyarankan agar kamu menggunakan akun tersendiri saja agar kamu lebih mudah menata bookmark serta memiliki kebebasan yang lebih luas untuk tidak membagikan isi bookmark kamu ke kedua jejaring sosial tersebut bila kamu lebih menyukai privasi.

Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

 

Setelah mendaftar, kamu bisa menata profil kamu dengan menambahkan foto. Setelah itu kamu bisa memilih untuk menambahkan link untuk disimpan dengan mengklik “Add Link”, atau mencari artikel menarik lainnya dengan memanfaatkan kolom “Search”

Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

 

Ketika menyimpan tautan tertentu, kamu tinggal mengkopikan tautan tersebut pada Delicious. Agar tidak lupa artikel tentang apa yang kamu simpan, maka tambahkan juga keterangan dari kamu disana. Jangan lupa tambahkan Tag untuk memudahkan kamu untuk mencari artikel kesukaan favorit kamu tersebut. Kemudian klik “Add Link”

Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

 

Artikel kamu akan langsung disimpan pada Delicious. Untuk mengetahui daftar artikel yang kamu simpan, kamu cukup mengklik tombol “Remember” yang ada di bar sebelah atas.

Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

 

Kamu juga bisa mencari artikel-artikel yang disimpan oleh orang-orang lain yang juga memanfaatkan Delicious. Tentu saja artikel yang bisa dilihat adalah artikel yang memang diperlihatkan untuk publik. Bila kamu tidak ingin memperlihatkan daftar bookmark kamu kepada publik, pada saat menyimpan jangan lupa klik “Private”.

Bila ada akun tertentu yang kamu sukai, maka kamu bisa mencarinya dengan menambahkan tanda @.

Mudah Melakukan Bookmark Artikel Favorit dengan Delicious

Kunjungi Delicious di:

https://delicious.com

Delicious merupakan layanan online yang mampu melakukan bookmark berbagai artikel favorit kamu. Ini merupakan alternatif yang menarik agar kamu tak kehilangan daftar bookmark apabila nantinya komputer kamu diinstall ulang atau mengalami permasalahan.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencoba EasyBM atau Blinklist yang juga berfungsi menyimpan bookmark secara online.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini