Menggunakan Skype di Ethiopia Bisa Dipenjara 15 Tahun!

Beruntunglah kita berada di Indonesia, kita bisa dengan bebas menggunakan software dan layanan VoIP gratis semacam Skype, Google Voice, Yahoo Messenger, dll dengan bebas. Kalau kamu tinggal di Ethiopia, menggunakan Skype saja bisa terancam penjara 15 tahun! Ouch..!

Menggunakan Skype di Ethiopia Bisa Dipenjara 15 Tahun

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah protokol komunikasi lewat internet, yang bisa kita gunakan untuk telepon atau ngobrol secara online. Ada banyak sekali software dan layanan VoIP, misalnya saja Skype, Google Voice, serta Yahoo Messenger.

Menurut PCMAG, Hukum komunikasi di Ethiopia telah memutuskan bahwa penggunaan layanan VoIP adalah tindakan kriminal, dan pelanggarnya diancam hingga 15 tahun penjara. Kabarnya sih hukum tersebut keluar karena voIP dianggap merugikan dan mengancam keberlangsungan perusahaan komunikasi negara.

Pembatasan komunikasi digital memang bukan hal baru di Afrika. Sebelumnya, pemerintah telah menutup warnet-warnet yang memiliki layanan VoIP. Bahkan pada Desember 2006 lalu, pemilik warnet wajib mencatat setiap nama dan alamat pengunjungnya untuk mengekang blogger atau kalangan lain yang hobby mengkritisi Ethiopia.

 

Terus apa hikmah yang bisa kita ambil dari berita diatas?

Dari berita diatas, paling tidak kita harus bersyukur ada di Negara Indonesia tercinta ini. Kita masih bisa ngeblog, ngobrol lewat YM, Skype, dll. Kita masih memiliki kebebasan yang lebih dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang ada di Ethiopia.

I Love Indonesia!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini