Mengawasi Produktivitas Karyawan dengan ActivTrak

Meningkatkan produktivitas memang merupakan hal yang tricky. Kadang mudah kadang susah. Apalagi bila kamu adalah owner sebuah bisnis berbasis kreativitas seperti Desain Grafis, Rental pengetikan, Biro Terjemahan, atau Online Shop. Bila kamu memiliki banyak karyawan, maka sulit untuk memastikan semua karyawan kamu produktif dan tidak membuang-buang waktu di depan komputer untuk bermain DOTA.

Nah, untuk membantu memantau produktivitas karyawan tersebut, kamu bisa memanfaatkan ActivTrak.

Mengawasi Produktivitas Karyawan dengan ActivTrak

Pada dasarnya, ActivTrak adalah software pemantau aktivitas desktop yang dapat dimanfaatkan oleh komputer yang terhubung lewat LAN atau terhubung secara Remote. Struktur semacam ini bisa kita jumpai dengan mudah pada Jasa Desain Grafis, Jasa Pengetikan, dan Jasa Penerjemahan. Bila pegawai yang dimiliki banyak, maka ActivTrak bisa digunakan untuk memantau karyawan tersebut, apakah benar-benar mereka bekerja di depan komputer melakukan hal-hal produktif atau malah tidak melakukan apa-apa sama sekali.

Caranya sangat mudah.

Pertama-tama, kamu perlu mengunjungi ActivTrak di:

http://activtrak.com/

Kamu bisa mendaftar secara gratis untuk memanfaatkan ActivTrak. Cukup mengisikan email kamu, yang nantinya akan berfungsi sebagai username, maka kamu bisa memanfaatkan ActivTrak.

Mengawasi Produktivitas Karyawan dengan ActivTrak

Nah, setelah masuk ke dashboard activtrak, lihat di kanan atas layar, kamu akan melihat tombol “Download ActivTrak Agent”. Ini merupakan software yang perlu kamu install ke komputer yang terhubung dengan kamu, baik melalui remote desktop maupun koneksi LAN untuk nantinya bisa diamati. ActivTrak nantinya akan mengeluarkan laporan tentang berapa banyak komputer yang terhubung dan kamu bisa memantau kesemuanya.

PC yang sudah diinstall “Activity Agent” akan ‘mengirim’ laporan kepada komputer induk terkait aktivitas dan kegiatan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu, lengkap beserta detil waktu, penilaian produktivitas, serta screenshot desktop sebagai bahan bukti.

Mengawasi Produktivitas Karyawan dengan ActivTrak

 

Laporan produktivitas bisa dilihat pada Tab “Reports” dan nantinya akan ditampilkan dalam bentuk diagram serta perincian apa saja aplikasi atau halaman web yang dibuka oleh karyawan kamu selama menggunakan komputer tersebut. Dari sini, kamu bisa menilai produktivitas mereka.

Mengawasi Produktivitas Karyawan dengan ActivTrak

 

Bukan hanya laporan dalam bentuk angka, fakta, serta diagram, ActivTrak juga memberikan screenshot website apa saja yang tengah dibuka oleh karyawan dengan menggunakan komputer tersebut

Mengawasi Produktivitas Karyawan dengan ActivTrak

Dengan trik ini, kamu bisa menilai, karyawan mana yang benar-benar produktif, dan mana yang sekedar menggunakan komputer kerja untuk melakukan hal-hal seperti browsing, main game, chatting, dan banyak lagi.

Dengan memanfaatkan screenshot sebagai bukti, maka pengguna komputer tersebut tidak akan lagi bisa mungkir.

Untuk mahasiswa, kira-kira software ini bergunakah? Tetap software ini bermanfaat! Untuk kamu yang mahasiswa, kamu bisa menginstall Track Agent di komputer kamu sendiri, kemudian kamu bisa memantau penggunaan atas komputer kamu (yang kemungkinan dilakukan oleh teman-teman) dan menggunakan bukti screenshot untuk melihat apa saja yang dilakukan teman-teman kamu pada komputer kesayangan kamu.

Sebagai alternatif, untuk mengetahui aktivitas pada komputer kesayangan, kamu juga bisa memanfaatkan software History Viewer atau  LastActivityView


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Sony

    Anda Punya penyakit ? Anda ingin mendapat Informasi tentang keputihan ? Wasir , kencing Nanah , Gonore?? Konsultasi Dokter secara online Gratis (PMS) http://www.m.klinikapollo.com jangan lupa kunbal gan

  • good info,patut utk dicoba,tp klau ini khan liatnya via internet ya ?? klau yang hanya via LAN aja ngawasinya ada gak ya ?

    • Kiki

      Coba software yang itu Mas, History Viewer atau LastActivityView, tapi itu ngambilnya dari kompi yang dipasang software tersebut. Kelebihan ActiveTrack, pengawasannya bisa langsung dan bisa dilakukan lewat software Remote computer