Menelaah tentang Kemungkinan Pelanggaran EULA di Cloud Storage

Beberapa waktu lalu, beredar kisah bahwa seorang pengguna di-banned dari semua akun Microsoft-nya karena file tertentu yang ia simpan di layanan Microsoft SkyDrive Cloud. Menurut cerita tersebut, file tersebut tidak di-share dan ditempatkan di folder pribadi. Akan tetapi akibatnya user tersebut tidak bisa mengakses semua layanan Microsoft yang ia gunakan sebelumnya, termasuk Hotmail, Xbox atau Windows Phone Marketplace.

Beberapa waktu kemudian, user tersebut baru diberi kabar oleh Microsoft Support bahwa ia di-banned karena file tersebut melanggar EULA of service (perjanjian layanan). Bila sobat PG belum tahu, EULA (End User License Agreement) adalah perjanjian antara pembuat aplikasi perangkat lunak dan pengguna aplikasi tersebut. EULA sering juga disebut software license yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum pada EULA tersebut. Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih “I Accept” pada awal proses instalasi aplikasi.

Menelaah tentang Kemungkinan Pelanggaran EULA di Cloud Storage

Nah, sayangnya dalam kasus pengguna SkyDrive tersebut, detil mengenai folder yang ditempatkan disitu tidak diceritakan, sehingga kita tidak tahu pelanggaran apa yang dilakukan

Nah, cerita tersebut mengilhami PG untuk meneliti, file pribadi apa yang semestinya tidak kita simpan agar tidak melanggar ketentuan Microsoft Cloud Storage?

Dalam hal ini jika kita membaca EULA Microsoft Skydrive atau EULA milik Dropbox, maka kamu akan mendapati entri yang sama tentang kontrol terhadap data yang kamu simpan disana.

Microsoft’s EULA Code of Conduct

Microsoft memiliki hak, sebagai pemegang kebijakan tunggal dan tanpa kewajiban untuk memberitahu, mereview dan menghapus layanan jasa pengguna dan isi dengan segera dan tanpa pemberitahuan, serta menghapus konten dan akun. Microsoft memiliki hak, sebagai pemegang kebijakan tunggal, untuk mencekal (banned) partisipan atau menghapuskan akses terhadap layanan.

Dropbox EULA Terms of Service

Kami memiliki hak untuk melarang atau mengakhiri layanan kapan saja, dengan atau tanpa sebab, dan dengan atau tanpa catatan. Misalnya, kami akan melarang atau menghapus hak penggunaan anda bila bertentangan dengan Peraturan atau menggunakan Layanan dengan cara sedemikian rupa sehingga menyebabkan tuntutan hukum atau mengganggu pengguna layanan jasa lainnya.

Sebagaimana yang bisa kamu lihat pada kedua layanan jasa ini, dan saya yakin banyak penyedia layanan online lainnya, bisa memberhentikan kamu kapan saja dari layanan jasa mereka untuk alasan apapun. Ini merupakan hal yang ‘menyakitkan’ karena terkadang kita bergantung pada orang lain untuk menyediakan layanan jasa bagi kita.

Tapi salah satu fitur dari masing-masing cloud storage ini adalah kamu bisa tetap menyimpan kopi file kamu di hard drive kamu sehingga kamu punya fleksibilitas untuk melakukan akses dari perangkat manapun yang terhubung dengannya.

Melihat fakta ini, PG merekomendasikan kamu untuk rajin membackup simpanan cloud kamu. Bila kamu jarang melakukannya, maka ini adalah waktu yang pas untuk memulai!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini